Trending
Kamis, 19 Mei 2016

Tidal, Bagaimana Strateginya Menghadapi Spotify dan Apple Music?

  • Share
  • fb-share
Tidal, Bagaimana Strateginya Menghadapi Spotify dan Apple Music?

Pertama diluncurkan pada tahun 2014, tentu Tidal sebagai tempat streaming musik kalah jauh dengan Spotify dan Apple Music. Tetapi memasuki tahun 2016 ini, tiba-tiba Tidal mendapatkan tempat dihati para penikmat musik, yang legal tentunya. Debut Tindal pertama memang kurang bagus, album terbaru dari Jay Z diluncurkan secara esklusif di Tidal. Tetapi pada akhirnya, Jay Z “membuka” lagu-lagunya tersebut di streaming musik lain. Lalu bagaimana strategi Tidal untuk menjadi pilihan tidak hanya dari kalangan penikmat musik, tetapi juga artis?

 

Tidal tidak hanya menawarkan streaming musik

Jay Z adalah pemilik dari Tidal. Dia mengatakan bahwa dirinya membuat Tidal bersama artis yang lain. Jay Z menyebut beberapa nama kondang seperti Madonna, Usher, Rihanna, Kanye West, Daft Punk, dan lain-lain sebagai pemilik Tidal. Jay Z tentu tidak akan membuat streaming musik yang sama seperti Spotify atau Apple Music. Tidal kemudian memberikan fitur yang tidak ada di streaming musik lain, yaitu video dan konser.

Pada tahun 2015, Madonna mengeluarkan debut single videonya yang berjudul “Ghosttown”. Madonna tidak meluncurkan debut single videonya di YouTube ataupun di televisi. “Ghosttown”-nya Madonna ini berhasil membuat ribuan fans berat Madonna beralih menuju Tidal.

 

Album baru Beyonce, hanya khusus di Tidal

Lo pasti tahu Tidal dari album terbaru Beyonce, “Lemonade”. Tetapi sebelum itu, Kanye West juga meluncurkan album “The Life of Pablo” khusus di Tidal. Setelah Madonna berhasil menggaet ribuan fans untuk subscribe di Tidal, sekarang giliran Kanye West yang membuat Tidal “eksklusif”. Walaupun album tersebut bisa didengarkan di Apple Music dan Spotify, tetapi keputusan Kanye West berhasil membuat Tidal diperhitungkan.

Baru pada bulan April 2015 lalu, Beyonce meluncurkan Album baru berjudul “Lemonade” yang khusus lo dengerin di Tidal. Cara peluncuran album baru dari Beyonce ini cukup unik, karena disertai dengan video konser eksklusif. Bagaimana dengan streaming musik lain? Beyonce tidak akan “membuka” album terbarunya tersebut di Apple Music ataupun Spotify dan Apple Music. Keren kan Urbaners cara promosi dari Tidal?

 

Source: cnet.com, tidal.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
John Hutabarat
kalah saing