Trending
Jumat, 09 Januari 2015

Nepal, Eksotisme Atap Dunia

  • Share
  • fb-share
Nepal, Eksotisme Atap Dunia

Barangkali tempat ini belum banyak dikunjungi oleh turis Indonesia. Tapi cepat atau lambat, tempat ini akan jadi favorit. Hanya satu kali penerbangan dan kemudahan visa on arrival ditambah pemandangan alam menakjubkan, lo akan berdiri di atap dunia.

Ya! Nepal namanya. Negeri eksotis ini menjadi gerbang masuk menuju pegunungan Himalaya. Puncak-puncak tertinggi dunia berkumpul di sini. Bahkan, salah satu kota di Nepal, Kathmandu, dinobatkan sebagai kota paling eksotis di dunia. Kekayaan sejarah dan kentalnya budaya serta spritual membuat Kathmandu begitu sangat menggoda.

Meski terlihat begitu semrawut, Kota yang terletak di lembah Himalaya ini menjadi incaran turis mancanegara. Entah kenapa kota ini memang memiliki magnetnya tersendiri. Tapi yang pasti, keindahalan alam, budaya serta keramahan penduduk local menjadi modal utamanya.

Akses utama menuju Katmandu adalah dengan penerbangan ke Bandara Internasional Tribhuvan. Bagi urbaners tak perlu ribet-ribet, sebab lo tinggal terbang ke sana trus ngurus visa on arrival. Setelah itu, lo langsung dapat keliling kota Katmandu yang begitu indah dengan sederet gunung pencakar langitnya. Setelah itu, urbaners wajib menengok  Swayambhu, sebuah stupa besar yang merupakan situs Buddha yang paling dikeramatkan di Nepal. Boudha Stupa juga wajib diintib jangan sampai ketinggalan.

Jika New York punya Times Square, maka Kathmandu punya Durbar Square. Menjadi pusat kota, Durbar Square dipadati oleh kerajaan dan kuil-kuil eksotis. Tempat ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia dan menjadi obyek wisata paling populer seantero Nepal.

So urbaners, tetapkan sedari sekarang tujuan lo ke Nepal. Sebab, ragam cara untuk menikamati Nepal. Dari jelajah kuil, situs sejarah, naik gunung, tracking, hingga mountain flights. Jika suka naik gunung, maka Kathmandu menjadi pintu gerbang menuju puncak Everest. Jika sekedar ingin melihat puncak, maka urbaners bisa memanfaatkan Mountain Flight tanpa harus mendaki gunung berhari-hari. Meski perjuangannya berbeda, urbaners tetap akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dapat terbang tinggi mengelilingi gunung tertinggi di dunia.

Terakhir, sebelum berangkat, alangkah baiknya urbaners memilih waktu paling baik menuju Nepal. Sesuaikan dengan jadwal festival di sana. Sebab, di Kathmandu banyak festival menarik lho! Maret misalnya, urbaners bisa berpartisipasi dalam festival Holi. Sebuah festival meriah di mana pesertanya akan melempar-lemparkan bubuk warna dan air ke udara. Kalau April, urbaners akan bisa melihat tahun baru Bikram Sambat. Adapun di akhir Oktober atau awal November ada Festival of Lights atau biasa dikenal dengan Deepawali. Menarik bukan! So, segera jadwalkan tour lo, biar maksimal menikmati eksotisnya negeri atap dunia.

 

 

Comments
Sukamto
Mantap bro
Emmanuel Gracetana P
alangkah baiknya urbaners memilih waktu paling baik menuju Nepal