Trending
Kamis, 13 Oktober 2016

Taman Nasional Baluran: Afrika-nya Indonesia

  • Share
  • fb-share
Taman Nasional Baluran: Afrika-nya Indonesia

Taman Nasional Baluran merupakan nama yang mungkin nggak asing lagi di telinga lo. Salah satu taman nasional paling populer di Indonesia ini terbagi di tiga wilayah kabupaten: Situbondo, Jember, dan Banyuwangi. Di Baluran terdapat banyak bentang alam yang luar biasa, bahkan sering dikatakan sebagai Afrika-nya Indonesia. Lalu, apa saja yang ada di Baluran?

 

Pantai Bilik Sijile

Tak jarang orang yang tahu bahwa kawasan Taman Nasional Baluran juga mencakup wilayah perairannya juga. Pantai yang terletak di kawasan Baluran dapat dibilang cukup menarik. Salah satunya adalah Pantai Bilik Sijile. Pantai ini tergolong sangat sepi karena terletak di kawasan lingkungan hutan. Pemandangan bawah air di Pantai Bilik Sijile adalah yang terbaik di Baluran. Dalam bahasa Madura, Sijile berarti lidah. Penamaan ini ternyata berdasarkan pada daratan pasir putih yang muncul saat surut di mana daratan tersebut berbentuk menyerupai lidah.

 

Pantai Bama

Suasana indah hutan mangrove membuat Pantai Bama jadi obyek wisata di Baluran yang cukup menarik. Keindahan suasana sunrise juga semakin membawa kenyamanan tersendiri ketika berada di lokasi pantai ini. Bila beruntung, lo bakal menemukan banyak kera abu-abu yang memancing menggunakan ekornya. Selain itu, pemandangan laut yang luar biasa juga akan lo temukan di pantai ini.

 

Gunung Baluran

Lokasi gunung terletak tepat di tengah-tengah taman nasional ini. Buat lo yang baru aja belajar hiking, lo bisa mencoba untuk naik ke gunung yang tingginya hanya 1.247 meter di atas permukaan laut ini. Meski nggak terlalu tinggi, pemandangan yang didapatkan cukup untuk memanjakan mata. Yang menarik adalah sisi timur dinding kawah, yakni Sungai Kacip. Sungai ini adalah tempat dimana satwa liar penghuni Baluran minum dan mencari makanan.

 

Savana Bekol

Nggak ke Baluran kalau nggak main ke Savana Bekol. Pasalnya, obyek wisata ini merupakan primadona kawasan Baluran. Inilah yang menyebabkan Baluran disebut sebagai Afrika-nya Indonesia. Padang savannah yang luasnya mencapai 300 hektar ini merupakan savannah terluas di Pulau Jawa. Saat yang paling indah untuk main ke Savana Bekol adalah ketika sore hari, di mana matahari tidak terlalu terik serta suasana sunset yang cukup menawan.

 

Itulah beberapa hal yang bisa lo temukan di Taman Nasional Baluran. Gimana, sudah kebayang mau ke mana nanti?

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Pantai Bilik Sijile
Agus Sungkawa
Mirip di Africa ternyata