Trending

4 Tips Memilih Kamera Mirrorless dengan Budget Murah

Popularitas kamera DSLR sepertinya udah digantikan oleh kamera mirrorless. Sesuai dengan namanya, kamera ini nggak punya cermin di bagian dalam untuk memantulkan objek ke viewfinder. Alhasil, umumnya kamera mirrorless memiliki bobot yang lebih ringan daripada kamera DSLR. Nah, bagi yang tertarik membeli kamera mirrorless, tetapi budget-nya terbatas, coba simak tips berikut ini, deh.

 

Biasanya Nggak Dapat Lensa

Ada dua paket yang biasanya ditawarkan saat lo membeli kamera mirrorless, yaitu body only (BO) alias cuma dapat badan kamera tanpa lensa, serta body dan kit yang memberikan lensa bawaan. Kalau udah lama berkecimpung di dunia fotografi, lo tentu tahu betapa pentingnya peran lensa. Namun, mengingat budget lo terbatas, lo bisa membeli kamera mirrorless buatan Samsung karena harga lensa yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau.

 

Perhatikan Fitur yang Wajib Ada

Selain harus bisa menangkap gambar, sebuah kamera mirrorless juga wajib memiliki beberapa fitur, seperti sensor kamera minimal 4/3, shutter speed harus bisa mencapai tiga puluh detik ke atas dan sepersekian ribu detik ke bawah, autofocus yang responsif, serta fitur burst untuk menangkap gambar objek yang bergerak cepat. Jadi, jangan asal beli kamera mirrorless yang murah. Pastikan fitur-fitur tersebut sudah terpasang.

 

Viewfinder – Penting atau Tidak?

Pertimbangan satu ini tergantung kebutuhan lo, Urbaners. Kalau udah merasa nyaman melihat objek foto melalui LCD, lo bisa membeli kamera mirrorless tanpa viewfinder, yang harganya kemungkinan besar bakal lebih murah. Namun, lo juga harus mempertimbangkan bahwa pandangan ke layar LCD bisa nggak maksimal kalau sedang memotret di tempat bercahaya terik. Paparan sinar matahari bakal membuat mengganggu tampilan gambar objek di layar LCD. 

 

Kemampuan Merekam Video

Tujuan utama lo membeli kamera mirrorless mungkin memang untuk mengambil gambar, tetapi fitur video juga penting untuk diperhatikan. Saat ini, kamera mirrorless yang lagi naik daun adalah yang memiliki video beresolusi 4K atau UltraHD (4096x2160 pixel). Tentunya hal ini juga kembali lagi pada kebutuhan lo, Urbaners. Kalau memang nggak butuh, sebaiknya beli yang memiliki kualitas standar aja agar lebih murah.

 

Meskipun budget sedang terbatas, bukan berarti lo nggak bisa membeli kamera mirrorless berkualitas oke. Namun, jangan asal-asalan beli dan mengabaikan fitur yang ditawarkan. Semoga keempat tips di atas bisa membantu lo, ya!

 

 

Sources:Puppytraveler.com, Bhphotovideo.com