Trending

5 Film Seni yang Penuh Inspirasi: Ternyata Nggak Semulus Itu, Bro!

Untuk menciptakan karya seni, pasti seorang seniman membutuhkan inspirasi. Nggak perlu seniman, mungkin di antara kita yang bekerja di Industri Kreatif juga membutuhkan inspirasi agar dapat membuat sebuah output kerjaan yang apik.

Biar bisa mendapatkan inspirasi menarik, biasanya lo melakukan hal apa sih, bro?

Mungkin beberapa di antara lo akan menjawab dengan melihat karya orang lain – salah satunya dengan membaca, menganalisis, atau bahkan menonton film. Buat yang bekerja di industri entertainment, seperti menonton adalah salah satu hal inspiratif yang biasa dijalanin, iya nggak, bro?

Sebagai media inspiratif, kali ini MLDSPOT punya 5 rekomendasi film bertemakan seni yang bisa memberikan lo inspirasi. Tanpa harus berlama-lama, langsung aja simak ulasannya!

#1 – At Eternity’s Gate

Credit image – Amazon

Film ini menceritakan kisah hidup Van Gogh sebagai pelukis yang bisa dibilang cukup tragis selama hidupnya. Dalam film ini, lo bisa mendapatkan inspirasi bahwa dalam berkarya akan ada banyak rintangan yang akan dihadapi.

Van Gogh emang terkenal banget dengan karya lukisannya, tapi apakah lo tau – kalo dari sekian banyak menghasilkan banyak lukisan, ia tidak mendapat apresiasi yang baik dari para pelukis lain, hal ini dikarenakan mereka menganggap metodenya dianggap cukup aneh.

Sang adiknya – yang bernama Theo, dianggap nggak mengerti bisnis yang baik karena lukisan Van Gogh nggak laku dijualnya. Keadaan ini kemudian membuat Van Gogh semakin merasa tertekan dan membuatnya sempat berpindah lokasi ke Auvre. Lalu ia kini harus berjuang hidup sendiri karena tetangga sekitar juga menganggapnya aneh karena penyakit mental yang diidapnya.

#2 – Rodin

Film dengan judul Rodin ini mengangkat kisah tentang seorang pematung dari kalangan rakyat biasa. Untuk medalami profesi ini, ia belajar secara otodidak dan berhasil menjadi pematung yang berpengaruh pada zamannya.

Dalam hidupnya, terdapat dua wanita yang cukup penting baginya – yaitu Rose dan Camille Claudel. Rose merupakan pasangan seumur hidup Rodin. Sementara Camille Claudel adalah murid berbakatnya yang diperlakukan secara egaliter.

Namun, kisah hidup rodin ini cukup inspiratif dan membuat para seniman juga takjub untuk menonton film ini.

#3 – Loving Vincent

Credit image – Wikipedia

Buat lo yang pengen mencoba pengalaman baru dalam menonton film, coba nonton film dengan judul Loving Vincent ini deh, bro.

Film bertema seni dengan tampilan yang membawa nuansa seni ini terasa sangat real. Nuansa seni udah kental dari tampilan setiap frame karena film ini dibuat dengan animasi yang merupakan lukisan tangan Van Gogh sendiri.

Kisah dalam film ini merupakan kisah kehidupan Vincent Van Gogh yang penyebab kematiannya masih belum diketahui. Suatu saat, Armand Loulin yang merupakan putra dari seorang pengantar surat langganan diperintahkan ayahnya untuk mengantar surat terkahir Van Gogh untuk Theo, adik Van Gogh.

Berbeda dengan At Eternity’s Gate, film ini banyak mengungkapkan kisah hidup sang seniman dan karya-karyanya yang inspiratif, bro!

#4 – Peggy Guggenheim: Art Addict

Film ini mengisahkan tentang seorang kolektor seni bernama Peggy Guggenheim. Film ini menceritakan tentang kehidupannya – mulai dari seputar asmara, hingga keinginannya untuk membangun koleksi seni modern.

Dalam film ini akan terdapat banyak konflik yang terjadi, tapi perjuangannya dalam membangun koleksi seni tetap hingga bisa ditemui di Venesia hingga saat ini. Kisah inspiratif Peggy pasti bikin lo lupa dengan kata menyerah deh!

#5 – Portait of a lady on Fire

Credit image – BasaBasi.co

Untuk lo yang menyukai film bertema abad lalu, film ini cocok banget buat lo. Film ini menceritakan tentang seorang pelukis muda yang berasal dari Prancis pada abad ke-18 bernama Marianne, yang harus melukis seorang calon pengantin dari keluarga bangsawan yaitu Heloise.

Yang membuat Marianne kesusahan dalam melukisnya adalah – Heloise enggan untuk berpose dan juga dilukis, karena pada dasarnya ia enggan untuk menikah. Marianne pun harus mencari cara dan berpura-pura menjadi sahabat Heloise.

Bukan hal yang mudah, kira-kira apa yang dilakukan Marianne agar bisa melukis dengan benar ya?

Sebagai media inspiratif, MLDSPOT juga selalu menyajikan konten yang membuat lo terinspirasi dalam berkarya. Biar nggak ketinggalan sama berita inspiratifnya, pantengin terus media MLDSPOT di Instagran, Twitter, dan Facebook ya, bro!

Feature image – Wikimedia Commons