Trending

5 Gerhana Matahari Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Tanggal 9 Maret nanti, Indonesia kebagian kesempatan lagi buat bisa lihat gerhana matahari, Urbaners. Jadi jangan kaget kalau pagi-pagi langitnya gelap-gelap aneh mirip mendung. Buat lo yang tinggal di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, gerhana mataharinya bakal kelihatan lebih jelas lagi loh. Eh jangan lupa ya Urbaners, tetap jangan lihat langsung gerhananya dengan mata telanjang! Setelah sebelumnya pernah bahas soal hal-hal yang wajib lo tahu soal gerhana matahari besok, sekarang waktunya buat lo tahu lima peristiwa gerhana matahari paling terkenal sepanjang sejarah.

Ugarit Eclipse

Penasaran, kapan gerhana matahari tertua itu kapan terjadinya? Menurut sejarah yang terekam, gerhana matahari Ugarit adalah jawabannya. Gerhana matahari ini terjadi selama dua menit dan tujuh detik, tahun 1374 sebelum Masehi. Ugarit ini letaknya ada di daerah utara Syria, Urbaners. Menurut sejarah Mesopotamia ketika itu, matahari lagi “malu-malu”.

Early Chinese Eclipse

Berikutnya terjadi tahun 1302 sebelum Masehi, Urbaners. Sejarawan asal Tiongkok mendokumentasi gerhana matahari total yang sukses nutup matahari selama enam menit dan 25 detik. Karena saat itu matahari dianggap sebagai simbol kekaisaran, gerhananya diartiin jadi tanda peringatan buat kaisar. Setelah gerhana selesai, kaisar harus makan makanan vegetarian dan bikin ritual ‘menyelamatkan’ matahari.

Assyrian Eclipse

Kerajaan Assyrian, sekarang Iraq, pernah jadi saksi gerhana matahari total di tahun 762 sebelum Masehi yang berlangsung selama lima menit. Katanya, gerhana matahari ini bertepatan sama pemberontakan yang terjadi di kota Ashur. Orang-orang di masa itu jadi berpikir mistis deh, jangan-jangan dua hal itu ada hubungannya.

King Henry’s Eclipse

Pas raja Inggris, Henry I meninggal tahun 1133, terjadi gerhana matahari total yang berlangsung selama empat menit 38 detik. Katanya sih, peristiwa itu diingat sebagai “kegelapan yang mengerikan”. Setelah kematiannya, sempat terjadi perang sipil dan perpecahan di kerajaan.

Einstein’s Eclipse

Urbaners pasti tahu dong nama Albert Einstein. Tahun 1919, gerhana matahari total terjadi selama enam menit dan 51 detik. Kalau sebelumnya gerhana matahari sering dikaitin sama peristiwa mistis atau pertanda Tuhan, gerhana satu ini dijelasin secara sains oleh Einstein buat pertama kalinya. Nah, hasilnya sekarang, astronom jadi bisa menduga kapan saja gerhana matahari bakal berlangsung.

Dari lima gerhana matahari itu, mana yang paling menarik buat lo, Urbaners? Kalau tahun ini sih, gerhana mataharinya bertepatan sama Hari Raya Nyepi di Indonesia. Buat yang nggak bisa lihat langsung, bisa juga lihat simulasi gerhana di Yogyakarta lho!

Sumber:
www.livescience.com