Trending

Tame Impala Luncurkan Single Baru Setelah 4 Tahun

Empat tahun sejak album Currents (2015), Tame Impala akhirnya luncurkan single baru berjudul Patience. Bahkan setelah mengumumkan buat hiatus sampai waktu yang nggak ditentukan di tahun 2016 kemarin, Kevin Parker dan yang lain nggak lagi terdengar kabarnya. Beberapa personil memang sempat terlibat dalam side project, tapi buat proyek bareng-bareng? Nihil.

Jadi, nggak heran kalau Patience ini seolah jadi oasis di padang pasir buat fans Tame Impala. Kira-kira akal pecah seperti Let It Happen nggak, ya?

Lebih klasik dari Currents

Lebih klasik dari Currents

Kesan yang muncul saat pertama kali denger Patience adalah klasik. Single ini dibuka dengan dentingan instrumen piano dan strings. Rasanya seolah-olah sedang mendengarkan house music klasik. Namun, lama-kelamaan lagu jadi makin kompleks dengan masuknya beragam instrumen musik lain.

Kalau kemarin-kemarin Tame Impala nggak pernah lepas dari gitar, di Patience mereka coba lepas dari kebiasaan itu. Sebagai gantinya ada piano, strings, dan congo (bahkan dijadikan cover single). Ciri khas synthesizer juga nggak lepas dari single ini. Tambahan instrumen tadi membuat Patience nggak cuma kompleks, tapi juga kaya akan nuansa baru.

Imbauan khusus buat penggemar

Imbauan khusus buat penggemar

Sebelum Patience rilis, Parker bahkan mengeluarkan imbauan khusus buat penggemar. Imbauan ini adalah ajakan buat pakai earphone selama dengerin Patience. Bukannya tanpa alasan, beberapa bagian di Patience memang lebih terasa kalau didengarkan lewat earphone. Selain itu, cara ini juga bakal bikin penggemar lebih “serius” mendengarkan Patience.

Seperti pada bagian “Did we just go back at all. All the way to step one?”. Lewat earphone, bagian ini bakal terdengar lebih nendang karena ada efek 8D yang seolah-olah bikin suara Parker ada di sekeliling lo. Efek ini ada di sepanjang lagu dan benar-benar membawa nuansa psychedelic Tame Impala semakin terasa. Jadi, pastikan lo punya perangkat lengkap buat mendengarkan Patience ya!

Sinyal album bakal lebih lama rilis

Selain kasih review buat musik Patience, pakar musik dan penggemar Tame Impala juga kasih interpretasi khusus buat single baru ini. Interpretasi yang paling banyak disebut adalah hubungan antara judul single dengan waktu rilisnya album. Banyak yang menganggap kalau Patience adalah sinyal untuk sabar. Sabar buat album paling baru Tame Impala tentunya.

Meski pernah ada kabar kalau album baru bakal rilis tahun 2019 ini, Parker dan personel Tame Impala lainnya nggak pernah kasih konfirmasi, Belum lagi, band Australia ini memang punya trademark butuh proses panjang untuk bikin lagu. Jadi, nggak heran kalau banyak yang berspekulasi Patience adalah proyek buat “menenangkan fans”.

Kalau dari lo sendiri, kira-kira kapan Tame Impala bakal rilis full album terbarunya?

Source: Rollingstones.com, nme.com, pitchfork.com