Trending

Fitness Trends in 2015: Body Weight Training

Urbaners mungkin termasuk orang yang cukup rutin melakukan olahraga sebelum berangkat kerja atau di akhir pekan. Dan mungkin juga selama ini yang lo lakukan hanya olahraga angkat beban (weight lifting). Tapi di tahun 2015 ini trend fitness berpijak pada Body Weight Training (BWT). Simple-nya Body Weight Training adalah latihan beban dengan menggunakan berat tubuh Urbaners sebagai bebannya. Hal baiknya adalah lo nggak perlu menggunakan peralatan dan daftar member di pusat kebugaran, karena yang lo butuhkan dari Body Weight Training ini adalah tumpuan berat badan lo sendiri.

Waktu yang diperlukan juga termasuk singkat, cukup 30 menit. Langsung aja Urbaners, praktekkan gerakan-gerakan Body Weight Training yang menantang ini!

1.  Inchworm


(step1)


(step 2)

Inchworm dapat melatih kekuatan otot lengan dan punggung lo, Urbaners. Caranya cukup berdiri tegak dengan kedua kaki lurus, kemudian secara perlahan turunkan tubuh ke lantai, dan tempelkan telapak tangan lo ke lantai atau matras. Lanjutkan dengan merayap ke depan menggunakan tangan dengan posisi kaki tetap di tempat sampai lo berada dalam posisi push up. Ulangi gerakan ini sampai 8-10 kali ya, Urbaners!

2.  Wall Sit

Gerakan ini akan meningkatkan koordinasi  tubuh bagian atas dan bawah, sekaligus menguatkan otot paha. Langkah pertama yang harus lo lakukan adalah sandarkan punggung pada dinding, jaga agar tetap relax dan tegak. Dengan posisi tersebut, lakukan gerakan squat dengan menggeserkan tubuh secara perlahan ke bawah sampai lutut membentuk 90 derajat. Lakukan 8-10 repetisi.

3.  Pistol Squat

Pistol Squat adalah variasi dari gerakan squat. Apa yang harus Urbaners lakukan? Dengan cara yang hampir sama dengan gerakan squat, bedanya adalah luruskan kedua tangan ke depan dengan membawa salah satu kaki lurus ke depan, dan tahan beberapa detik. Lalu ulangi ke posisi semula dengan posisi kaki bergantian.

4.  Tricep Dips

Ambil posisi dengan menempatkan kedua tangan bertumpu pada meja dengan jarak selebar bahu Urbaners dan posisi kaki lurus ke depan. Angkat tubuh lo dengan mengkontraksikan otot dada, bahu, dan tricep secara bersamaan. Turunkan kembali tubuh lo ke bawah lalu angkat kembali. Lakukan berulang 8-10 kali.

Nah, tunggu apalagi Urbaners? Lakukan dengan rutin dan serius yaa!  Karena Body Weight Training akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh lo.