Trending

Nggak Bisa Lihat Gerhana Matahari Total? Ikuti Saja Simulasinya

Gerhana matahari totalnya sudah di depan mata, Urbaners. Kebetulan, waktunya barengan sama Hari Raya Nyepi, jadi mungkin lo bisa punya kesempatan lebih besar menyaksikan langsung peristiwa yang nggak sering terjadi ini. Tapi, buat lo yang ketinggalan lihat gerhana matahari, tenang saja. Lo bisa lihat simulasinya kok!

Ada Di Yogyakarta

Urbaners yang tinggal di Yogyakarta beruntung nih. Meski pun Yogyakarta nggak kedapatan buat lihat gerhana matahari sampai total ketutup semua, Taman Pintar nyiapin simulasi terjadinya gerhana matahari total di sana. Urbaners tinggal datang ke planetarium di tempat wisata edukasi itu. Kira-kira, planetarium di Jakarta juga bikin simulasi seperti ini nggak, ya?

Menurut Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar, Yunianto Dwi Sutono, simulasi gerhana matahari total ini bisa dinikmati mulai dari tanggal 1 hingga 9 Maret 2016. Selain itu, Urbaners juga bisa lihat galaksi dan tata surya melalui planetarium. Cocok nih buat lo yang suka dengan dunia-dunia luar angkasa. Kata siapa ini cuma tempat buat anak-anak? Planetarium juga bisa jadi tempat romantis buat lo kencan loh, Urbaners. Apalagi, tiket masuknya cuma 15 ribu rupiah saja.

Ada Pelatihan Juga

Di sini, lo bukan cuma disuguhin pemandangan simulasi gerhana matahari total, Urbaners. Tapi, ada juga pelatihan dengan tema gerhana. Taman Pintar kerja sama bareng BMKG, BPDB, dan komunitas buat ngasih pengetahuan ke masyarakat umum tentang cara ngamatin gerhana matahari yang tepat. Soalnya, proses gerhana matahari tidak bisa dilihat secara langsung, tapi perlu pakai berbagai peralatan dan teknik.

Urbaners perlu ingat nih. Buat nikmatin gerhana matahari, lo butuh kaca yang biasanya dipakai tukang las, kacamata hitam, atau teleskop yang dilengkapi filter matahari. Nggak seru kan kalau lihat gerhana mataharinya cuma pas langitnya sudah gelap saja? Makanya, lo perlu alat-alat itu. Jangan ngeyel, soalnya intensitas cahaya matahari itu tinggi banget, dan bisa ngerusak retina mata kalau lo maksa ngamatin proses terjadinya gerhana matahari dengan mata telanjang.

Libatin diri lo buat jadi saksi gerhana matahari total tahun ini ya, Urbaners. Lo baru bisa lihat gerhana matahari total sejelas ini dari Indonesia sekitar 33 tahun lagi soalnya. Sayang banget kan, peristiwa langka macam ini kalau lo lewatin? Lo tinggal modal bangun pagi saja kok, Urbaners!

Sumber:
www.nationalgeographic.co.id