Trending

San Holo: Musisi di Balik Suksesnya Single The Next Episode yang Raih 160 Juta Penonton di YouTube

Urbaners, lagu The Next Episode yang dibawakan oleh rapper Amerika ternama, Dr. Dre, sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2014 silam. Tapi, baru-baru ini justru muncul kabar yang mengejutkan bahwa ternyata sejak kali pertama dirilis video musik ini mendapat viewers YouTube yang mencapai 160 juta penonton. Usut punya usut, bukan semata-mata karena si Dr. Dre tapi lagu ini kembali populer karena sosok San Holo yang menjadi komposer di lagu tersebut. Penasaran seperti apa?

Pernah jadi guru musik

Pemilik nama asli Sander van Dijck ini mencintai musik sejak masih belia. Saking cintanya dengan musik, Sander bahkan berhasil menyelesaikan studinya di Codarts dengan jurusan Produksi Musik dan Gitar. Sama seperti musisi lainnya yang harus merintis karir secara mandiri, pria tampan berusia 27 tahun ini dulunya pernah menjadi guru musik untuk anak-anak di sekitarnya.

Tersangkut masalah dengan Walt Disney Pictures

Nggak lama setelah menjadi guru musik, Sander mencoba peruntungan dengan menjadi seorang DJ. Dengan bakat bermusiknya, tentu bukan hal yang sulit bagi Sander mendapatkan penggemar dari musik-musik gubahannya.  Dari sanalah ia kemudian menciptakan nama panggungnya, San Holo. Tentu saja, lo juga berpikiran sama kalau nama panggung itu sangat mirip dengan nama karakter Han Solo di serial film Star Wars, kan?

Nggak heran kalau di bulan September 2014 San Holo mendapat surat tuntutan dari Walt Disney Pictures atas kemiripan nama panggung itu. Siapa sangka kalau ternyata memang San Holo ini penggemar berat sosok Han Solo dan terinspirasi untuk menggunakan nama yang serupa. Untungnya, masalah ini bisa diselesaikan secara damai dengan pihak Disney.

Terpilih mengisi background track serial komedi Silicon Valley

Urbaners, sandungan kecil yang didapat San Holo dari Walt Disney Pictures tentu saja nggak menghalangi karir bermusiknya. Apa yang terjadi justru di luar dugaan, pria kelahiran Belanda ini malah dipercaya untuk mengisi background track di serial komedi Silicon Valley 3 tepatnya pada episode ke-7 yang rilis pada Juli 2016 silam. Ia juga sukses merilis single bertajuk The Future hasil kolaborasi dengan musisi James Vincent McMorrow.

Sebagai seorang composer tentu saja San Holo lebih sering tampil di balik layar. Tapi, lo nggak perlu meragukan lagi bakat bermusiknya lewat karya-karya yang pernah dihasilkan. San Holo layak untuk dijadikan inspirasi bermusik, bukan?

Source: youredm.com