Trending

The Real Mermaid in Weeki Wachee

Kalau lo punya kesempatan berkunjung ke Florida, lo harus mampir ke Weeki Wachee. Weeki Wachee adalah kota di mana lo bisa bertemu dengan putri duyung. Bukan putri duyung betulan, tetapi perempuan-perempuan cantik yang bermain dalam pertunjukan putri duyung The Little Mermaids.

Pertunjukan putri duyung ini sudah dimulai sejak tahun 1947, diprakarsai oleh mantan pelaut U.S Newton Perry. Perry mendirikan sebuah teater dan melatih perempuan-perempuan cantik untuk tampil sebagai putri duyung. Mereka dilatih menari, makan dan minum, sampai membuka mata lebar-lebar di bawah air. Saat tampil, mereka akan ditemani oleh hewan-hewan air, seperti ikan dan kura-kura. Saat ini, pertunjukan tersebut memiliki lebih dari 250.000 penonton tiap tahun.

Weeki Wachee memproklamirkan diri sebagai “The Only City Of Live Mermaids!” yang hanya memiliki empat orang ‘penduduk manusia’ di tahun 2013. Bahkan, walikota Robyn Anderson merupakan mantan putri duyung. Hampir semua penduduk kota berpartisipasi menjadi putri duyung di Weeki Wachee.

Pertunjukan putri duyung di sana menampilkan para putri duyung yang melakukan gerakan-gerakan akrobatik di dalam air dengan ekor palsu. Ketika butuh bernapas, mereka bergantung pada tube penyalur udara sepanjang 64 kaki yang tersambung dengan loker para putri duyung di teater.

Meskipun tampak cantik dan anggun, bukan berarti mudah untuk menjadi seorang putri duyung. Pada awalnya, para calon putri duyung berlatih gerakan yang dibutuhkan di darat. Mereka kemudian menyempurnakan kemampuan menyelam mereka di air, baru melatih gerakan di air. Mereka bergantung pada ‘mersister’ mereka untuk mengajari mereka teknik-teknik yang dibutuhkan.

Menurut para putri duyung, kesulitan yang paling sering dihadapi adalah harus selalu terlihat nyaman ketika melakukan pertunjukan, meski mereka sedang kedinginan atau kelelahan. Selain itu, berenang dengan ekor bukanlah hal mudah karena terasa seperti berenang dengan satu kaki. Semburan air dari selang air juga bisa membuat pergerakan di bawah air menjadi sulit. Para putri duyung harus bergantung pada operator yang memberikan mereka instruksi dari ruang kontrol.

Meskipun begitu, sejauh ini, pertunjukan yang dilangsungkan di teater masih berjalan lancar. Nggak hanya para penonton yang berdatangan dari negara-negara lain, melainkan juga para calon putri duyung itu sendiri. Yes, everyone wants to see a mermaid, and Weeki Wachee is the perfect place to this.

 

Source : www.weekiwachee.com, mashable.com