Trending

Top 5 Movies Based on True Story

Film yang bagus bukan berarti film yang sarat akan aksi-aksi menantang atau berbagai efek bombastis. Terkadang, film yang bagus justru datang dari sepenggal kisah nyata yang diangkat secara sederhana. Perjuangan seseorang dalam mencapai tujuan hidup, bahkan dalam mempertahankan nyawa, mampu menjadi nilai tersendiri bagi suatu film. Dan di antara sekian banyak film berdasarkan kisah nyata yang ada, berikut adalah lima film dengan kisah nyata terbaik:

 

Moneyball


Moneyball merupakan kisah nyata dari keyakinan Billy Beane, seorang general manager  Oakland Athletics baseball team, dalam membawa timnya itu kepada kemenangan. Didesak oleh situasi keuangan yang buruk, Billy pun berusaha merekrut pemain dengan cara yang berbeda: memilih pemain berdasarkan on-base percentage (OBP) tertinggi. Semua orang mencemooh caranya tersebut, sampai Oakland Athletics mampu memenangkan kompetisi hingga 20 kali berturut-turut.

 

Ray


Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang musisi tunanetra yang legendaris, Ray Charles. Di film ini, terlihat bagaimana Ray mampu melihat “soul” yang nggak bisa dilihat oleh orang lain. Meski hampir semua orang mendiskriminasi dirinya, namun keinginan besar Ray untuk menjadi seorang musisi jazz terbaik nggak pernah luntur. Ray pun berhasil mewujudkan harapannya berkat soulful voice dan keterampilan bermain piano yang dimilikinya.

 

127 Hours


Film menegangkan ini menceritakan tentang pengalaman seorang canyoneer, Aron Ralston, untuk bertahan hidup saat dirinya terjebak antara dua tebing batu. Tanpa adanya bantuan, makanan, dan minuman, Aron juga harus memilih keputusan sulit: mengamputasi tangannya dengan pisau tumpul atau mati. Waktu 127 jam merupakan total waktu yang dibutuhkan Aron untuk berjuang melawan maut.

 

Men of Honor


Men of Honor menggambarkan perjuangan besar Carl Brashear untuk menjadi seorang penyelam di US Navy. Hal ini nggak mudah, mengingat Carl merupakan keturunan Afrika-Amerika dan telah kehilangan salah satu kakinya. Berbagai ujian pun menghadang Carl, mulai dari atasannya yang rasis, sesama teman penyelam yang berusaha menjatuhkan, sampai kecelakaan yang terjadi di kapal. Namun, berkat optimisme Carl, dia pun berhasil menjadi Master Chief di US Navy.

 

Apollo 13


Sesuai dengan judulnya, film ini menawarkan petualangan menegangkan yang terjadi di luar angkasa pada tahun 1970. Saat itu, tiga astronot ditugaskan untuk menjalani misi Apollo 13 dengan mendarat di bulan. Tapi, kerusakan besar yang terjadi pada pesawat memaksa mereka untuk membatalkan rencana awal. Alur cerita film menjadi semakin kompleks berkat upaya “gila” mereka untuk kembali ke bumi dengan selamat.

Source : moviestalk.com, wikipedia.org, washingtonpost.com