Trending
Sabtu, 06 Desember 2014

Indonesian Authentic Trending Topic

  • Share
  • fb-share
Indonesian Authentic Trending Topic

Tiap 24 jam, setidaknya ada 400 juta tweetyang dilontarkan oleh pengguna twitter di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa kepopuleran twitter sebagai layanan micro bloggingyang ada saat ini belum terkalahkan. Lewat twitter, Urbaners bisa dengan cepat mengetahui topik apa yang sedang ramai dibicarakan di seluruh dunia. Inilah yang biasa disebut trending topic worldwide.

Bukan sesuatu yang aneh pula jika Urbaners tiba-tiba menemukan kicauan dari Indonesia beberapa kali menguasai topik dunia. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia sendiri terus meningkat dari tahun ke tahun. Data 2010 mencatat pengguna twitter Indonesia mencapai 6,2 juta akun dari total 250 juta akun Twitter di dunia. Itulah sebabnyatrending topic asli Indonesia inisangat beragam, dari yang nasionalis hingga yang menggelitik. Berikut ini adalah 5 trending topic unik yang berasal dari kicauan netizen di Indonesia:

#Indonesiaunite

Tagar Indonesia unite yang muncul tahun 2009 ini lebih dari sekedar trending topic biasa.Ini adalah sebuah pergerakan nasional yang digulirkan oleh para netizen menyikapi serangan bom teroris di kuningan. Trending topic ini juga membuktikanpada dunia, bahwa rakyat Indonesia tidak mudah terintimidasi oleh ulah teroris yang meresahkan.

#Batikday

Trending topic ini pernah mencuat di twitter bersamaan dengan hari batik nasional pada tanggal 2 Oktober. Topik ini sekaligus untuk mengabarkan pada dunia, bahwa batik adalah warisan budaya khas Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sejak 2009 lalu.

Selamat berbuka

Selamat  berbuka, adalah trending topic yang muncul setiap tahun sekali, khususnya di bulan Ramadhan. Banyaknya pengguna twitter di Indonesia yang menjalankan ibadah puasa membuat topik ini menjadi trending menjelang buka puasa tiba.

Debat capres

Tahun 2014 ini adalah tahunnya pesta demokrasi di Indonesia.  Pemilihan presiden secara langsung membuat netizen di Indonesia berbondong-bondongmenyatakan dukungannya di beberapasocial media, termasuk twitter. Topik tentang debat calon presiden ini menjadi fenomenal, karena beberapa topik dengan judul berbeda namun sama-sama membahas masalah pilpres sempat menguasai 9 dari 10 trending topic dunia.

Di mention Cody

Cody dikenal sebagai artis muda, penyanyi sekaligus pencipta lagu. Wajah tampan remaja keturunan Amerika Serikat dan Australia ini banyak memikat remaja wanita di dunia. Penggemarnya di Indonesia pun tidak sedikit, karena itulah saat topik “Di mention Cody” menjadi tren, pemilik nama lengkap Cody Simpson ini malah kebingungan. "it's super crazy that I'm a Trending Topic. but what does DIMENTION CODY mean?"

 

 

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Di mention Cody
Heni Oen
Twitter sangat membantu