• Buzz
  • The Beauty of Middle Earth

The Beauty of Middle Earth

Mon, 12 January 2015

Tiga tahun terakhir ini, bulan Desember identik dengan perilisan film terbaru dari The Hobbit. Yap, bulan Desember tahun 2014 ini merupakan peluncuran terakhir film trilogy dari Hobbit: The Battle Of Five Armies. Urbaners merasa berdecak kagum nggak ketika menonton film ini? Pengambilan gambar yang banyak menggunakan lokasi di New Zealand ini memang memanjakan mata dengan landscape yang fantastis. Yuk kita telusuri:

The Rock and Pillar Range

Atau lebih dikenal sebagai Dale Hills di film ini. Lo nggak kebayang sulitnya akses syuting di puncak gunung ini. Karena kru film memerlukan sampai 10 helikopter untuk membawa kru dan perlengkapan film ini!

As Seen On:

Paradise & Arcadia Station

Dalam film ini, Gandalf, Bilbo dengan rombongan dari 13 kurcaci melakukan pencarian ke dalam domain liar goblin dan Orc. Lokasi ini juga sempat dipakai untuk film Lord of The Rings lho, Urbaners.

As Seen On:

The Remarkables

Pegunungan dengan pemandangan yang cantik namun penuh misteri ini terlihat pada film The Hobbit untuk menciptakan mitos Misty Mountains.

Pelorus River

Mungkin ini merupakan salah satu memorable scene yang bakal lo inget dari film The Hobbit. Pasti pada ingat dong scene ketika Bilbo dan para kurcaci meloloskan diri dengan mengambang pada barrel-barrel di danau ini.

As Seen On:

Hobbiton

Hobbiton, pemukiman masyarakat Hobbit di bukit ini sekarang dijadikan taman tematik untuk menarik turis yang datang. Tertarik bermain ke rumah Bilbo?

As Seen On:

Earnslaw Burn

Mungkin Earnslaw Burn yang paling spektakuler dari semua lokasi di The Hobbit. Lo bakal nemuin lembah ini air terjun dan gletser mencair di Glenorchy, utara dari Queenstown. Pengunungan yang cantik ini merupakan set untuk merepresentasikan Anduin Valley of Middle-earth.

As Seen On:

 

 

Make Up Terlama
Butuh waktu sampai 5 jam untuk menyelesaikan rambut, make-up, prosthetics dan kostum untuk setiap kurcaci! Meskipun hanya ada 13 kurcaci dalam trilogi ini, namun butuh 165 orang untuk mendandani aktor, doubles dan stunt men.

Tokoh Dari Film Tetangga
Karakter Orlando Bloom, Legolas, tidak ada dalam novel, meskipun elf adalah tokoh utama dalam Lord Of The Rings. Sebelum syuting dimulai, Peter Jackson bertemu dengan Bloom di London dan meyakinkannya untuk mengambil peran tersebut.

Hobbiton Movie Set Tours
Selain lo bisa tur wisata di kompleks pemukiman Hobbit, lo juga bisa masuk ke dalam rumah Hobbit, lengkap dengan properti syuting yang persis seperti di film. Selain itu di tur ini lo bisa juga merasakan perjamuan makan seperti kurcaci lainnya.

Oscar Didominasi oleh Pria Hanya Mitos Belaka

Thursday, February 20, 2020 - 14:36
Jim Burke, Charles B. Wessler, Nick Vallelonga, Peter Farrelly, dan Brian Currie dengan bahagia merayakan atas kemenangan mereka pada Academy Awards 2019

Penyelenggaraan Oscar tiap tahun memang tak pernah luput dari kontroversi. Jika diperhatikan, Academy Award pernah beberapa kali dituding selalu memberi privilege kepada kalangan tertentu. Tapi ternyata, slogan tersebut hanyalah mitos belaka, Urbaners. Faktanya, semakin banyak wanita yang berhasil memenangkan Oscar.

Misalnya untuk kategori sutradara terbaik, kini sudah ada lima wanita yang pernah masuk dalam daftar nominasi. Meskipun masih ada mitos pria lebih mendominasi, kenyataannya wanita juga mulai menunjukkan taringnya dalam Oscar kali ini.

Adanya Anggapan Gender Gap

Jim Burke, Charles B. Wessler, Nick Vallelonga, Peter Farrelly, dan Brian Currie dengan bahagia merayakan atas kemenangan mereka pada Academy Awards 2019

Banyak kalangan mempercayai bahwa masih terdapat diskriminasi gender pada hampir setiap gelaran Oscar. Ini bisa dilihat dari persentase peraih penghargaan tiap tahunnya. Adanya gender gap ini membuat banyak seniman wanita enggan untuk menyerahkan karyanya kepada panitia. Sutradara Georgio Yukiko Donovan misalnya, menyebut bahwa ada kemungkinan banyak seniman wanita yang ‘kalah sebelum berperang’, karena mereka tahu siapa yang akan menjadi pemenangnya.

Dengan kata lain, seniman wanita banyak yang memilih untuk nggak terlibat, karena ini berhubungan dengan biaya produksi yang nggak murah. Namun kenyataannya, Rachel Morrison berhasil menjadi wanita pertama yang masuk dalam nominasi Sinematografi terbaik. Dia nggak menyangka bisa masuk dalam daftar nominasi. Morrison sempat berkecil hati untuk masuk ke dalam nominasi, karena ia adalah seorang wanita. Tapi fakta bahwa dia dinominasikan berhasil mematahkan mitos tersebut.

 

Proses Pemilihan dan Penilaian

 

Menurut The Hollywood Reporter, tiap tahunnya, ada ribuan pemilih yang dilibatkan dalam menentukan siapa saja pemenang penghargaan. Setelah muncul tagar #oscarsowhite beberapa tahun lalu, panitia menambah jumlah pemilih dari 2.000 menjadi 8.000 orang. Saat ini, sudah ada 28% pemilih wanita yang dilibatkan, sebuah peningkatan yang cukup membanggakan.

Selain itu, Oscar juga berusaha semakin melibatkan selain keturunan kulit putih. Tahun ini, ada sebesar 13% dari total pemilih yang memiliki latar belakang Asia dan berkulit hitam.

Data Dominasi Pemenang Pria di Oscar 2020

Meskipun dari total 193 penerima nominasi Academy Awards tahun ini, 70% diantaranya adalah pria. Namun jika dilihat dari kategori individual, persentase nominee wanita pada empat kategori sudah mencapai 20%. Meskipun begitu, nggak selamanya dominasi pria terjadi. Misalnya di kategori Best Costume Design, Best Animated Short Film, dan Best Documentary Short Film. Pada tiga kategori itu, jumlah nominee pria dan wanita setara, meski cenderung lebih banyak wanita.

Menurut lo, apakah Oscar akan semakin melibatkan wanita dalam penghargaannya?

Source: Antaranews, BBC, The Guardian, DW.com.