Seniman – Seniman Indonesia yang Diakui Dunia - MLDSPOT
  • Buzz
  • Seniman – Seniman Indonesia yang Diakui Dunia

Seniman – Seniman Indonesia yang Diakui Dunia

Tue, 23 February 2016

Ilmu seni dan Indonesia sepertinya sudah cukup melekat. Karena sejak dulu, sudah banyak para seniman-seniman asal Indonesia yang diakui dunia. Mulai dari seni lukis, seni musik, sampai seni tari. Ilmu seni di Indonesia terus berkembang dengan berjalannya waktu, semakin maju teknologi, demikian pula dengan karya seni tersebut. Dan lagi-lagi seniman Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan karya-karya desain grafis atau ilustratornya. Inilah beberapa nama seniman Indonesia yang telah diakui dunia dalam kategori seni rupa bersama dengan berkembangnya zaman.

 

Raden Saleh

Raden Saleh bisa dibilang sebagai orang pertama di Indonesia yang go-international dengan karya seninya. Lukisan dengan tema romantis hasil karya Raden Saleh sudah menghiasi sejumlah museum di dunia seperti Rijkmuseum di Amsterdam, Belanda dan Louvre di Paris, Perancis. Bahkan para pejabat Eropa bisa dibilang cukup mengagumi karya-karyanya, sebut saja Sachsen Coburg-Gotha yang merupakan keluarga Ratu Victoria dan juga para Gubernur disana. Banyak banget penghargaan yang sudah didapatkan oleh Raden Saleh seperti bintang Ridder der Orde van de Eikenkoon (R.E.K.), Commandeur met de ster der Frans Joseph Orde (C.F.J.), Ksatria Orde Mahkota Prusia (R.K.P.) dan Ridder van de Witte Valk (R.W.V.) yang selalu disematkan pada bagian dada nya.

 

Basoeki Abdullah

Pasti lo pernah mendengar museum Basoeki Abdullah di Jakarta kan? Yap betul sekali, museum tersebut dibuat untuk mengenang seniman Indonesia kelas dunia ini. Basoeki Abdullah merupakan pelukis potret terkenal yang sering melukis para keluarga kerajaan dan juga kepala negara. Tidak hanya itu, Basoeki Abdullah juga gemar melukis tentang perjuangan dan alam bebas. Karya seni-nya tersebar ke lebih dari 22 negara di dunia mulai dari Asia sampai Eropa. Bahkan pada tahun 1974 Basoeki Abdullah dinobatkan menjadi pelukis Istana Merdeka.

 

Andre Surya

Nah kalau lo bertanya-tanya, kalau jaman sekarang siapa ya seniman Indonesia yang go-international seperti pendahulunya. Jawabannya adalah Andre Surya. Ia merupakan salah satu digital artist asal Indonesia yang sudah terkenal di berbagai negara karena hasil karyanya. Andre Surya merupakan satu-satunya orang Indonesia yang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di Industrial Light and Magic (ILM) Lucas Film yang terkenal. Ia juga pernah menjadi pemenang di Future World Contesr dengan karya City of Enhasa. Tidak hanya itu, Andre juga berpartisipasi dalam pembuatan film-film box office, seperti Ironman 2, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers II: Revenge of The Fallen dan masih banyak yang lainnya!

 

Rini Sugianto

Sama seperti Adre Surya, Rini Sugianto berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan partisipasinya di bidang animasi dan visual effect. Rini pernah bekerja di WETA Digital yang merupakan salah satu perusahaan visual effect terbesar di dunia. Rini juga telah berpartisipasi di berbagai film Box Office dunia yang tentunya nggak asing lagi buat lo, seperti The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn, The Avengers, The Hobbit: An Unexpected Journey, Ironman 2, The Hunger Games dan The Hobbit: The Desolation of Smaug. Wow, nggak nyangka terdapat "tangan" Indonesia dalam pembuatan film-film keren tersebut.

Siapa bilang lo nggak bisa menjadi seperti mereka? Intinya adalah lo harus selalu giat dalam berkarya dan mengembangkan skill. Nah, kalau lo mau mengembangkan bakat seni lukis lo, ada kompetisi menarik nih, MLDSPOT Art & Sound Experience yang merupakan artwork competition di Instagram. Kreasi lo akan dinilai langsung oleh juri-juri profesional di bidang seni yaitu @handokohendroyono @darbotz @harimerdeka @faridstevy and @masjacob. Bagi 2 orang terpilih, akan mendapatkan masing-masing 2 tiket Java Jazz Festival 2016. Makanya buruan ikutan!

6 Deretan Game Jadul yang Serunya Masih Bisa Lo Nikmati

Fri, 26 February 2021
Game Jadul

Buat anak tahun 90an – memainkan game jadul baik melalui PlayStation, arcade, hingga Nintendo pasti jadi rutinitas yang nggak boleh dilewatkan ya. Berbagai permainan, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, hingga FIFA pun jadi favorit banyak anak muda.

Tapi sayangnya, sejumlah permainan yang hits di tahun 90an tersebut sudah jarang ditemui – Bahkan, justru sudah tergantikan dengan permainan yang memiliki grafis serta gameplay lebih modern. Namun, hal ini justru membuat orang makin merindukan berbagai game jadul, lho!

Nggak bisa dipungkiri, bermain game jadul memang bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri. Setuju kan, bro? Untungnya, sekarang game 90an tersebut sudah bisa dimainkan kembali nih. Sudah siap bernostalgia?

Di ulasan kali ini, MLDSPOT bakal kasih 6 rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Simak ulasannya sampai habis ya, bro!

 

Mega Man

Game Jadul

Credit Image - awn.com

Mega Man merupakan video game jadul asal Jepang yang memiliki genre Sci-Fi – nggak diragukan, permainan ini sangat diminati pada masanya! Dulunya, Mega Man dapat dimainkan melalui Nintendo, tapi sekarang sudah cukup banyak mobile game yang mirip dengan permainan ini.

Di sini, para pemain diminta untuk menjelajahi berbagai tempat, mengumpulkan poin, dan melawan semua monster yang ada. Dalam versi modern, Mega Man tersedia dalam berbagai seri yang bisa lo download lewat Play Store dan App Store ya.

 

Scrabble

Kalau lo suka bermain boardgame, salah satunya seperti Scrabble – permainan ini sudah bisa kembali dinikmati nih. Scrabble sendiri merupakan game jadul yang mengharuskan pemainnya untuk menyusun kata. Sudah populer sejak dahulu, lho!

Nggak lagi harus repot menyiapkan papan permainan – Scrabble sudah bisa dimainkan melalui aplikasi yang bisa didownload langsung melalui smartphone. Biar makin seru, langsung aja ajak teman untuk bermain Scrabble.

Tertarik memainkan game jadul ini, bro?

 

Sonic the Hedgehog Classic

Game Jadul

Credit Image - gameinformer.com

Wah, game jadul dan klasik yang satu ini – juga nggak kalah hits di tahun 90an. Yakin deh, lo pasti mengenal bahkan pernah memainkannya. Yup, apalagi kalau bukan Sonic The Hedgehog Classic – salah satu game keluaran SEGA yang populer.

Jika dahulu Sonic dapat dimainkan melalui PlayStation aja – kini, game jadul tersebut dapat diakses melalui iPhone dan Android. Lebih mudah kan, bro? Nah, yang bikin makin terasa nostalgianya, versi Sonic modern masih sama dengan yang dahulu – baik dari segi grafis maupun gameplay.

 

Street Fighter IV Champion Edition

Apakah lo seorang pecinta arcade game di tahun 90an? Pasti mengenal game jadul yang satu ini, yaitu Street Fighter IV Champion Edition. Di sini, para permain diharuskan untuk bertanding melawan berbagai macam karakter. Habiskan energi lawan – dan, lo pun dapat memenangkan permainan!

Buat yang kangen dengan game Street Fighter, nggak perlu bersedih – karena, game ini sudah bisa dimainkan kembali melalui smartphone secara gratis. Bermainnya juga lebih praktis, nggak memerlukan controller lagi.

 

PAC-MAN

Game Jadul

Credit Image - bobo.grid.id

Anak tahun 90an juga pasti sering memainkan game jadul ini – PAC-MAN merupakan permainan yang cukup populer pada masanya. Bahkan, game ini sudah ada sejak tahun 80an! Wah, udah lama banget ya?

Sekarang, PAC-MAN kembali hadir di layar smartphone, baik Android maupun iPhone. Tampilan game-nya pun nggak ada yang berubah, baik dari sisi pengaturan, grafis, konsep, hingga tantangan dalam permainannya. Dijamin, makin berasa nostalgianya, bro!

 

Mario Kart Tour

Jadi salah satu racing game yang paling populer di awal tahun 90an – lebih tepatnya di tahun 1992, Mario Kart menjadi game jadul terfavorit nih. Dahulu, permainan ikonik ini dapat diakses melalui Nintendo.

Kembali hadir, sekarang Mario Kart sudah bisa dimainkan melalui smartphone – lo hanya perlu download aplikasinya melalui Play Store atau App Store saja ya! Jika dibandingkan dengan versi original, Mario Kart masa kini hadir dengan rute baru dan grafis yang makin apik.

Itulah ketujuh rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Kalau lo paling rindu game yang mana nih, bro?

 

Featured Image - theverge.com