Home Buzz Lima Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa

Lima Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa

Thursday, February 25, 2016 - 11:00
Bagikan
Facebook Twitter Email

Berapa banyak Urbaners yang jago bahasa Jawa? Mayoritas sekarang, orang lebih bisa ngobrol pakai bahasa asing kayak Inggris, Jepang, Tiongkok, atau Perancis dibanding bahasa daerah kayak bahasa Jawa. Kalau pas jaman kuliah, teman yang ngambil bahasa Jawa malah suka ditanyain sama sekitarnya, karena bingung kenapa belajar itu segala. Padahal, bahasa Jawa itu terkenal dan nggak cuma dipakai di Indonesia lho, Urbaners. Nih beberapa negara yang pakai bahasa Jawa selain Indonesia!

 

Republik Suriname

Negara satu ini juga dikenal dengan nama Surinam. Sebelumnya, dia punya nama Guyana Belanda. Surinam yang pernah jadi daerah jajahan belanda ini letaknya ada di Amerika Selatan. Dulu, sekitar 75 ribu orang Jawa dibawa ke sana dari Hindia-Belanda. Makanya, nggak heran kalau di sana lo malah bakal nemuin orang-orang berwajah Jawa dibanding bule.

 

Singapura

Tetangganya Indonesia ini juga pakai bahasa Jawa buat sehari-hari lho, Urbaners. Di tahun 1825, orang-orang dari Jawa Tengah dikirim ke Singapura buat kerja jadi buruh di perkebunan karet, jalur kereta api, dan konstruksi jalan raya. Mereka pertama kali tinggal di Kampong Jawa yang letaknya ada di tepi sungai Rochor. Orang Jawa di Singapura juga ada yang menetap di Kallang Airport Estate, barengan sama orang Melayu dan Cina.

 

Malaysia

Ini tetangganya Indonesia juga nih. Biar pun sudah punya status sebagai warga negara Malaysia, leluhur di sana datang dari Jawa. Masyarakat Jawa yang ada di Malaysia sekarang sudah masuk ke generasi ketiga dan keempat. Sedihnya, di sana budaya dan bahasa Jawa mulai hilang karena masyarakatnya malu mengaku sebagai keturunan Jawa. Tapi, beberapa di antaranya ada yang tetap berusaha memelihara budaya dan bahasa Jawa lewat Persatuan anak-anak Jawa.

 

Belanda

Negara yang satu ini memang pernah datang ke Indonesia dan menjajah sempai tiga setengah abad, Urbaners. Saat itu, beberapa orang Jawa dikirim ke Belanda sebagai budak. Tapi, justru orang-orang Belanda malah tertarik dengan kebudayaan dan bahasa Jawa. Bisa dibilang, Belanda adalah gudang orang atau pakar yang punya minat khusus pada bahasa Jawa.

 

Kaledonia Baru

Satu negara lagi adalah Kaledonia Baru yang punya nama keren Nouvelle Caledonie. Negara ini letaknya ada di Samudra Pasifik bagian selatan, dan masih jadi bagian dari Prancis. Sebagian daerahnya dihuni oleh orang bersuku Jawa. Awalnya mereka bekerja sebagai kuli kontrak dan ingin mencari kehidupan yang lebih baik di negeri asing.

Nah Urbaners, di luar negeri saja bahasa Jawa masih dibudayakan, masa orang Indonesia sendiri kalah sih? Ayo jaga dan lestarikan warisan budaya Indonesia!

 

 

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.org

Baca juga:

Wah, Bandara di Dubai Ini Pakai Bahasa Jawa