Trending
Kamis, 25 Agustus 2016

Apa Itu Bitcoin? Bagaimana Masa Depannya?

  • Share
  • fb-share
Apa Itu Bitcoin? Bagaimana Masa Depannya?

Pada tahun 2008, Satoshi Nakamoto mempunyai ide bagaimana jika ada transaksi virtual, tentu dengan menggunakan uang virtual juga. Ide tersebut langsung terealisasi pada tahun 2009 dengan nama Bitcoin. Sekarang di tahun 2016, setidaknya sudah ada 100 ribu pedagang yang bekerja sama dengan Bitcoin. Jadi lo bisa membeli barang dengan mata uang Bitcoin (BTC).

Tetapi sayang, pada pertengahan tahun 2016, Bitcoin mendapatkan masalah. Dana senilai 120 ribu BTC atau sekitar 60 juta dolar berhasil dicuri. Sampai sekarang masih belum ada tanggapan dari Bitcoin. Jadi bagaimana masa depan Bitcoin sekarang?

 

Uang virtual yang nggak terpengaruh apapun

Naik turunnya rupiah ditentukan bagaimana kondisi dari bank dunia, perekonomian Indonesia dan juga sentimen luar negeri. Tentu jika perekonomian Indonesia sedang anjlok, pasti nilai tukar rupiah akan naik. Tetapi itu nggak akan terjadi di Bitcoin, karena naik turunya nilai tukar Bitcoin ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Dan sampai tahun 2013 ke 2016, nilai tukar Bitcoin hampir nggak pernah turun drastis ataupun naik secara signifikan.

 

Bagaimana perkembangan Bitcoin di Indonesia?

Sekarang Bitcoin sudah ada di Indonesia, dan sampai detik ini sudah ada sekitar 188 ribu pengguna aktif dengan transaksi mencapai ratusan juta rupiah setiap harinya. Di Amerika Serikat terdapat sekitar 35% peredaran seluruh Bitcoin, di Tiongkok sekitar 5% dan di Indonesia baru sekitar 1%. Tetapi visi dan misi dari Bitcoin lah yang akan membuat nilai tukar uang digital ini akan berkembang di Indonesia.

Dari total luas wilayah Indonesia, ternyata hampir 70% penduduk yang nggak memiliki akses ke dalam lembaga finansial. Ini tentunya akan menghambat pertumbuhan ekonomi dan perkembangan daerah tersebut. Dengan adanya Bitcoin, diharapkan penduduk yang sudah memiliki akses internet dapat menikmati kemudahan transaksi yang ada di Bitcoin.

Sekarang 1 BTC sudah mencapai 7 juta rupiah, padahal dulu hanya beberapa ratus ribu rupiah saja. Gimana Urbaners? Tertarik menggunakan Bitcoin?

 

 

Source: bitcoin.co.id

Baca juga:

Apa Sih yang Harus Lo Ketahui tentang Bitcoin?

Comments
Nasiban
Inspirasi keren
Miftachul Rahardoni
keren banget