Trending
Selasa, 07 Februari 2017

Drupadi: Novel Wajib Awal Tahun Ini

  • Share
  • fb-share
Drupadi: Novel Wajib Awal Tahun Ini

"Pengabdian yang sempurna adalah setia kepada peranan hidup kita, apapun peran yang kita mainkan,”

Buat Urbaners yang doyan baca, novel terbaru karya Seno Gumira Ajidarma layak menjadi pilihan. Novel terbitan Gramedia ini menceritakan kisah perjuangan hidup Dewi Drupadi, seorang wanita poliandris. Seperti dalam pewayangan, sosok Drupadi digambarkan sebagai perempuan cantik yang sangat sengsara namun tidak menyerah dengan pahitnya kehidupan.

Novel ini secara deskripsi sangat menarik dan mudah dibayangkan. Ceritanya pun sama dengan cerita perwayangan tentang Dewi Drupadi istri Lima Pandawa. Drupadi tidak menyukai suratan. Kehidupan manusia tidak ada artinya tanpa perjuangan. Jika segalanya telah menjadi suratan, apakah yang masih menarik dalam hidup yang berkepanjangan? Apakah usaha manusia tidak ada artinya? Apakah semuanya memang sudah ditentukan oleh dewa-dewa? Seperti ia yang menjadi istri dari lima ksatria Pandawa?

Drupadi jatuh cinta kepada Arjuna yang kala itu memenangkan sayembara Raja Drupada, ayahanda Drupadi. Namun, cinta Sang puteri bertepuk sebelah tangan karena nyatanya, Arjuna mempersembahkan hadiah "Drupadi", untuk kakaknya Yudisthira. Hingga akhirnya dewi Kunti memutuskan agar Drupadi menikah dengan lima ksatria pandawa yakni Yudhistira, Arjuna, Bima, Nakula, dan Sadewa.

Menikah dengan kelima pandawa tidak memberi jaminan kebahagian untuk Drupadi. Tragedi terjadi ketika Yudhistira secara gelap mata mengorbankan kehormatan harta, tahta dan Drupadi di meja judi. Atas kekalahan suaminya, Drupadi pun harus rela dilucuti kehormatannya oleh Dursasana dan ratusan Kurawa di meja judi. Rasa dendam Drupadi pun tak terbendung. Drupadi bersumpah tidak akan mengikat rambut sebelum dikeramas dengan darah Dursasana. 

Kelima pandawa pun tidak bisa berbuat banyak dan harus melewati masa pengasingan. Drupadi pun harus menderita mengikuti masa pengasingan bersama kelima suaminya. Namun Drupadi tak gentar dan berjuang melalui kata-kata, doa, dan mantra yang pada akhirnya membawa kemenangan bagi Pandawa. 

Bagi Urbaners yang  belum pernah mengetahui cerita wayang, lumayan harus berpikir mencerna rangkaian cerita Drupadi.  Sebab lo akan nemuin nama-nama tokoh wayang dengan sebutan nama yang berbeda. Ditambah lagi si penulis, Seno Gumira Ajidarma meringkas sebagian kisah Drupadi.

Source:
ruang.gramedia.com

Comments
nicolas filbert tandun
deskripsi sangat menarik
AGUS NAWING
Keren banget