Home Buzz Kata Stephen Hawking, "Kalian Harus Cari Planet Lain"

Kata Stephen Hawking, "Kalian Harus Cari Planet Lain"

Friday, June 2, 2017 - 12:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Stephen Hawking bukan orang sembarangan, dirinya adalah penemu teori waktu, lubang hitam, gravitasi kuantum dan kosmologi. Bahkan ada yang mengatakan Stephen Hawking adalah penemu paling berpengaruh di dunia setelah Albert Einstein. Jadi, apapun yang dikatakan oleh Hawking, pasti akan didengarkan oleh banyak orang. Termasuk kata-kata yang diucapkannya pada pertengahan Mei lalu. Hawking mengatakan, “Saya sangat yakin kita harus mulai mencari alternatif planet lain untuk dihuni”.

 

Apakah Perkataan Hawking Masuk Akal?

Logikanya, orang yang mempunyai belasan gelar akademis, tentu jika berbicara pasti akan dipikir terlebih dahulu. Termasuk ketika Hawking mengatakan bahwa kita sebagai manusia harus berpikir untuk mencari alternatif planet lain. Pernyataan Hawking ini memang masuk akal jika dilihat dari tinjauan ilmiah bahwa bencana alam yang semakin sering dialami bumi.

Pertama, gempa bumi, pemanasan global, polusi dan bencana alam yang disebabkan oleh manusia lainnya. Memang beberapa negara sudah berusaha untuk meminimalisir terjadinya bencana tersebut, tetapi itu hanya untuk mengurangi bukan menghilangkan. Hawking sendiri mengatakan bahwa 100 tahun lagi, planet bumi sudah di ambang kehancuran.

 

Planet Mana yang Paling Cocok Ditinggali?

Tentu Stephen Hawking nggak asal bicara ketika menyuruh manusia mencari planet untuk ditinggali. Hawking setidaknya sudah mengetahui ada beberapa planet yang cocok untuk ditinggali manusia, salah satunya adalah Proxima B. Planet ini ternyata bisa bertahan tanpa sinar matahari. Tetapi masalahnya, untuk menuju ke planet tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama.

 

Mars Akan Menjadi Titik Kunci Perpindahan Manusia ke Planet Lain

Ketika NASA mengatakan baru akan memulai proyek ke Mars tahun 2020, Space-X menargetkan akan mengirimkan pesawat ke Mars tahun 2020. Sekarang Space X sedang menguji pesawat tanpa awak agar bisa terbang dan mendarat secara otomatis. Targetnya pada tahun 2025, Space X akan mengirimkan astronot ke Planet Mars.

Jika misi ke Planet Mars sudah tercapai, sepertinya baru masuk akal apakah manusia bumi ini bisa pindah ke planet lain. Hmm, apakah kata-kata Hawking ini hanya gertakan atau akan menjadi kenyataan?

 

Source: cnet.com