Trending
Rabu, 14 Juni 2017

Peta Asli Disneyland Dilelang Seharga Rp 11,9 M

  • Share
  • fb-share
Peta Asli Disneyland Dilelang Seharga Rp 11,9 M

Siapa orang yang tak suka liburan ke theme park? Pasti jarang sekali kalau boleh dibilang tidak ada. Hampir semua orang suka pergi ke taman bermain mulai dari anak kecil bahkan orang dewasa.

Disneyland merupakan salah satu taman bermain populer yang paling diminati, terlebih bagi mereka yang menyukai karakter-karakter Disney. Sebab taman bermain ini dibangun dengan tema karakter Disney.

Disneyland menjadi destinasi wisata impian sebagian traveler. Namun tahukah Urbaners, sebelum besar seperti sekarang ini, Disneyland berawal dari imajinasi dari seorang Walt Disney belaka. Kok bisa?

Hal tersebut terungkap dari peta asli saat Walt Disney pertama kali merancang pembangunan kompleks Disneyland di Southern California, Amerika Serikat.

Peta akan dijual ke publik dalam acara lelang di California. Meski berusia sangat lama, peta ternyata memiliki nilai yang tinggi hingga diperkirakan terjual lebih dari 900 ribu dolar AS atau Rp 11,9 miliar. Wow.

Peta yang dibuat 1953 ini berisi layout awal taman bermain impian Disneyland, lengkap dengan berbagai wahana. Ada Istana Sleeping Beauty yang begitu ikonik, Fantasy Land, Land of Tomorrow, serta Frontier Land.

Peta bertinta dan diwarnai secara manual ini dibuat Disney dan artis Herb Ryman pada 1953. Peta ini untuk dipresentasikan kepada investor guna mendapatkan dana membangun taman hiburan Disney pertama di Anaheim.

Sepeninggal Walt Disney, peta beberapa kali berpindah tangan, hingga akhirnya oleh pemiliknya yang sekarang, peta ini dilelang lewat Van Eaton Galleries di Los Angeles, AS.

Menurut pemilik tempat lelang Mike van Eaton, nilai dari peta awal Disneyland bisa sangat tinggi mengingat kelangkaan dan orisinalitasnya. Menurut Van Eaton, nilainya berkisar 700 hingga 900 ribu dolar AS setara Rp 9,2 M sampai Rp 11,9 M.

"Peta ini bagian penting dari sejarah Disneyland. Ini sangat persis dengan lokasi Disneyland sekarang. Jalanannya sama. Beberapa wahana sudah tidak ada, tapi konsep keseluruhan Disneyland ada di peta tahun 1953 itu, 2 tahun sebelum Disneyland berdiri," ungkap Van Eaton.

Selain peta Disneyland, ada beberapa barang peninggalan Disney yang juga dijual dalam lelang nanti. Kurang lebih 1,000 buah memorabilia Walt Disney akan dijual mulai dari mobil asli dari atraksi Autopia hingga buku panduan pembukaan Disneyland tahun 1955 yang langka dan ditandatangani Walt Disney.

 

Source: Viva.co.id, usnews.com

Comments
Sarinah
Mantul dah
Asep hidayatulah
Artikelnya keren