• Buzz
  • 4 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Selama Pandemi

4 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Selama Pandemi

Thu, 16 July 2020
Sebuah mobil terparkir di dalam garasi rumah

Biar mobil lo nggak tiba-tiba mogok saat akan dipakai lagi, terapkan empat cara merawat mobil yang jarang dipakai karena pandemi COVID-19 ini. Mobil yang jarang dipakai memiliki peluang rusak yang lebih cepat, mulai dari pengaratan, penyumbatan bahan bakar, munculnya jamur, sampai ban yang kempes lebih cepat. Makanya jangan cuma dianggurin aja, Bro!

 

Bersihkan Mobil Terlebih Dahulu

Seseorang sedang mencuci mobilnya

Kalau lo tahu lo nggak bakal menggunakan mobil selama beberapa waktu ke depan, bersihkan dulu mobil tersebut sebelum parkir di garasi. Cuci mobil secara menyeluruh, mulai dari bagian luar seperti sela-sela ban atau velg, hingga interior dalam mobil. Setelah itu, keringkan dengan benar. Pastikan nggak ada debu atau kotoran yang menempel di sana. Membersihkan mobil akan membantu mencegah proses pengaratan dan kerusakan cat mobil lo.

 

Pasangkan Dongkrak

Seseorang sedang memasangkan dongkrak pada mobil

Masalah yang paling sering terjadi kalau mobil sudah terlalu lama parkir adalah ban kempes lebih cepat daripada biasanya. Untuk mengatasi ini, isi angin ban sampai maksimal, lalu pasang dongkrak di masing-masing ban mobil lo.

Cara ini efektif mencegah ban mengempes lebih cepat karena menempel dalam waktu lama di permukaan lantai garasi, sekaligus mencegah kerusakan bagian dalam ban yang disebabkan oleh kempes itu tadi. Penyangga pada dongkrak menciptakan jarak antara ban dan lantai, membuat kondisi ban bisa bertahan lama dengan kondisi lebih prima.

 

Ganti Bahan Bakar, Filter, dan Oli

Seseorang mengisi bensin di tangki mobil

Untuk mencegah proses pengaratan pada tangki-tangki cairan dan mesin mobil, keluarkan bahan bakar sisa, lalu ganti dengan bahan bakar baru yang lo isi penuh. Ganti juga filter, oli, dan cairan pendingin mesin pada mobil.

Selain itu, periksa juga kondisi aki dan busi mobil. Beberapa ahli otomotif bahkan menyarankan untuk membuka dan melepas aki dan disimpan di tempat yang kering dengan suhu sejuk. Begitu juga dengan busi, sebaiknya dilepas dan lumuri dengan oli agar bagian kepala silinder busi tetap lembap dan bisa digunakan kembali.

 

Parkir Mobil di Ruang Tertutup

Mobil setengah tertutup dengan cover

Terakhir, pastikan mobil lo terparkir di ruang yang tertutup dengan menggunakan cover mobil. Pastikan ruangan nggak begitu lembap, kering, dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Kalau lo nggak ada garasi, lo bisa tetap menggunakan cover mobil. Tapi, pastikan lo pakai cover yang cukup tebal untuk mencegah masuknya cahaya matahari.

Solusi lainnya jika rumah lo nggak ada garasi adalah mencari tempat penitipan kendaraan di area lo. Tempat penitipan kendaraan seperti ini umumnya sudah paham apa yang harus dilakukan dengan mobil lo, jadi lo bisa lebih rileks saat mobil lo berada di sana untuk beberapa waktu.

 

 

 

Sources: TirtoID, Tempo Otomotif, Sinar Harapan

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose