• Buzz
  • 4 Desain Cafe Sederhana dan Minimalis yang Menjadi Inspirasi

4 Desain Cafe Sederhana dan Minimalis yang Menjadi Inspirasi

Mon, 25 June 2018
desain cafe sederhana dan desain cafe minimalis

Fenomena kedai kopi atau cafe masih menjamur di Indonesia. Nggak seperti di luar negeri yang lebih suka dengan konsep kopi take away, di Indonesia malah sebaliknya, Urbaners. Oleh karena itu, ketika ada pebisnis atau bahkan lo ingin membuka bisnis cafe, hal yang harus diperhatikan selain cita rasa kopi adalah desain cafe yang sederhana dan minimalis.

Crema Coffee Indonesia pada tahun 2015 mengeluarkan sebuah survey tentang bagaimana meningkatnya kunjungan pelanggan kopi di kedainya. Crema Coffee Indonesia merupakan sebuah kedai kopi yang berada di Surabaya, dan dari tahun 2014 ke 2015 pelanggannya naik sekitar 30%. Lain lagi dari pendapat yang diambil dari ottencoffee.co.id tentang bagaimana bisnis kedai kopi di Indonesia sedang memasuki masa padat-padatnya.

Persaingan bisnis kedai kopi di Indonesia masih menggunakan sistem konvensional, yaitu orang datang kemudian memesan kopi dan dihabiskan di kedai kopi tersebut. Coba bandingkan dengan kedai kopi modern yang ada di luar negeri. Sekarang banyak orang yang lebih memilih kopi take away atau drive thru. Ini sangat membantu dalam hal lahan, modal, sampai bagaimana penyajian kopi.

 

Desain Cafe Sederhana dan Minimalis untuk Inspirasi Kamu!

Karena konsep kedai kopi atau cafe di Indonesia masih begitu mendominasi, maka lo harus tahu bagaimana desain cafe sederhana dan desain cafe minimalis agar para pelanggan betah berlama-lama. Apa saja inspirasi tersebut?

 

Konsep Cafe yang Homey

desain cafe sederhana

Salah satu konsep desain cafe sederhana yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia adalah konsep cafe yang homey. Homey adalah sebutan dari mirip dengan suasana rumah, jadi ketika para pelanggan datang mereka akan serasa berada di rumah sendiri sehingga membuat mereka bakal nyaman banget. Salah satu cafe yang homey banget adalah Cafe Mundvoll yang berada di Jerman. Tempatnya nggak terlalu besar, Urbaners, hanya sekitar 300 meter persegi, walaupun begitu konsepnya keren banget.

Karena bersebelahan dengan Universitas Zeppelin, Cafe Mundvoll ini mengambil konsep cozy dan functional agar bisa digunakan untuk 1 orang, 2 orang, atau bahkan lebih dari 5 orang. Jadi, kursi-kursi mereka menggunakan bahan plastik dengan tambahan bantal agar mudah dipindahkan. Selain itu, mereka juga mempunyai soda lengkap dengan bantalan, mirip banget dengan yang ada di rumah.

Selain itu, pencahayaan dari Cafe Mundvoll ini juga benar-benar sempurna. Lampu berwarna kuning dan putih jadi kombinasi yang bagus, Urbaners. Jadi jika lo ingin membuat cafe yang nggak mempunyai tempat yang luas, konsep homey bisa jadi solusi buat lo.

 

Konsep Cafe dengan Interior Kayu

desain cafe minimalis

Cafe dengan interior kayu mulai digunakan pada medio 2010-an. Ketika itu, kedai kopi besar seperti Starbucks dan Execelso mulai menggunakan kursi kayu dan beberapa ornamen kayu pada dinding. Selain itu, menggunakan interior kayu ini akan memberikan kesan alami daripada tembok biasa. Apalagi jika lo mempertahankan warna kayu, itu akan memberikan lebih klasik.

Beberapa contoh konsep cafe dengan interior kayu adalah EAT RICE & NOODLES di Bangkok, Thailand. Mereka bener-bener menggunakan konsep interior kayu hampir 100%. Mulai dari kursi, meja, atap, hingga dinding menggunakan kayu. Nggak hanya itu, mulai dari ornamen payung sampai lantai dicat dengan warna kayu juga.

Lalu, contoh konsep cafe kayu lagi adalah IO Studio yang ada Praha, Ceko. Konsep dari cafe ini lebih mengarah ke restoran dengan jenis makanan yang berat. Mereka menggunakan meja-meja besar yang sangat mewah. Sekadar tambahan nih, Urbaners, desain kayu ini bakal sangat cocok untuk lo yang ingin membuat cafe tampak lebih mewah dan elegan.

 

Konsep Cafe dengan Warna Serba Putih

desain cafe sederhana

Konsep cafe minimalis selanjutnya adalah warna serba putih. Beberapa orang menganggap bahwa konsep cafe serba putih ini terlalu sederhana dan malah terkesan sedikit nggak niat. Padahal jika lo bisa menempatkan warna, interior, sampai pencahayaan dengan baik, lo akan mendapatkan cafe sederhana yang sangat classy.

Salah satu cafe dengan konsep serba putih terbaik adalah Luxe Singapore, yang berada di 1 Keong Saik Road, Singapura. Di sini mereka menonjolkan menu makanan berat khas Australia, mulai dari seafood, sandwich, dan makanan breakfast lain. Semua dinding dari Luxe Singapore ini dibuat serba putih dan akses interior memiliki warna netral seperti cokelat, abu-abu, atau biru muda.

Selain Luxe Singapore Karafuru Dessert, cafe di Singapura ini menjual kue-kue manis yang lucu banget. Apalagi konsep yang diambil adalah serba putih, kursi putih, dan meja berwarna cokelat. Hal yang berbeda dari cafe sebelumnya adalah Karafuru Dessert ini menggunakan dinding dengan ornamen.

 

Konsep Cafe yang Tematik

desain cafe

Konsep cafe sederhana dan minimalis selanjutnya adalah tematik. Maksud dari konsep tematik adalah lo bisa menentukan tema dari cafe lo. Misalnya, lo ingin membuat tema kucing, lo bisa memberikan ornamen kucing, tetapi nggak usah berlebihan. Cukup desain mural kucing yang sederhana. Lo bisa melihat Meow Parlour yang berada di Manhattan, Amerika Serikat.

Cafe ini sangat unik, Urbaners, walaupun mengambil tema dari kucing, hampir sedikit ornamen kucing yang diberikan. Tetapi, mereka mengandalkan cafe yang sangat ramah dengan kucing. Pertama adalah mereka menyediakan tempat lesehan, jadi lo bisa tetap bermain dengan kucing. Selain itu, ada juga spot khusus untuk bermain bersama kucing.

Nggak hanya soal kucing, lo bisa memilih tema lain seperti anjing, ikan, tema hutan, atau taman gantung. Semakin lo kreatif, maka lo akan mendapatkan desain cafe yang sangat menarik. Ingat ya Urbaners, jangan sampai ketika lo memikirkan konsep cafe dan akhirnya stuck, lo akhirnya menunda pembukaan cafe. Hal yang paling penting adalah konsep sederhana dahulu, misalnya warna dan desain interior.

Itulah beberapa konsep desain cafe minimalis dan desain cafe sederhana untuk alternatif lo yang ingin membuat cafe baru. Sama seperti yang disampaikan sebelumnya, desain cafe minimalis ini jangan sampai akhirnya menjadi penghalang lo untuk membuka bisnis cafe. Jika lo udah memiliki pondasi yang bagus, lo bisa membuka cafe terlebih dahulu dan bisa mengubah desainnya kemudian hari.

 

Source: times.co.uk

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose