Home Buzz Mark Zuckerberg Salip Warren Buffett di Posisi 3 Orang Terkaya

Mark Zuckerberg Salip Warren Buffett di Posisi 3 Orang Terkaya

Wednesday, July 11, 2018 - 17:14
Bagikan
Facebook Twitter Email

Mark Zuckerberg selama ini memang dikenal publik dengan gaya hidupnya yang sederhana, tapi lo pasti nggak menyangka kalau pria yang baru berusia 34 tahun ini baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaannya bahkan menyalip harta yang dimiliki Warren Buffet, CEO dari Berkshire Hathaway. Urbaners, lo penasaran kan kira-kira kekayaan Mark Zuckerberg berasal dari mana saja ya?

Naiknya saham Facebook

Fenomena kehadiran platform media sosial Facebook ternyata bawa pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan Zuckerberg. Meski sempat tersandung masalah beberapa waktu lalu, ternyata hal ini malah meningkatkan harga saham Facebook, lho! Kabarnya, setelah saham Facebook naik sekitar 2,4% nilai valuasi perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, ini tercatat sebesar US$571 miliar atau setara dengan Rp8.204 triliun pada akhir minggu lalu.

Harga perseroan ikut naik

Urbaners, permasalahan Facebook terkait pencurian data yang juga melibatkan Cambridge Analytica sempat membuat pasar perseroan Zuckerberg turun sebesar US$40 miliar per harinya. Tapi berkat perbaikan yang terus dilakukan, pengguna produk-produk yang juga didirikan oleh Zuckerberg seperti Facebook, Facebook Messenger, WhatsApp hingga Instagram nggak menurun. Sebaliknya, saham perseroan milik Zuckerberg naik sebesar US$202 atau Rp2,9 juta per saham.

Jadi pemuda terkaya di dunia

Dengan total kekayaan mencapai US$81,6 miliar atau Rp1.148 triliun, Zuckerberg secara otomatis tercatat sebagai orang nomor tiga terkaya di dunia setelah Jeff Bezos sang CEO Amazon dan Bill Gates sebagai pendiri Microsoft. Jika dilihat dari segi usia, pastinya Mark Zuckerberg adalah pemuda yang paling kaya di dunia. Jeff Bezos sudah genap berusia 54 tahun, sedangkan Bill Gates bahkan akan menginjak 62 tahun di bulan Oktober mendatang.  

Menyalip kekayaan Warren Buffet

Selain menjadi pemuda terkaya di dunia, Zuckerberg juga sukses menyalip harta kekayaan milik komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway, Warren Buffet. Tercatat saat ini kekayaan Zuckerberg ada sebesar US$81,6 miliar atau Rp1.172 triliun, sementara Warren Buffet tercatat memiliki kekayaan dengan selisih tipis, yaitu sekitar US$81,1 miliar atau setara dengan Rp1.165 triliun.

Urbaners, meski memiliki kekayaan yang melimpah, Mark Zuckerberg ini tergolong triliuner yang dermawan lho! Pasalnya, dengan kekayaan tersebut Zuckerberg sudah mendonasikan setidaknya US$1,9 miliar untuk kegiatan amal sepanjang tahun 2017 lalu. Keren banget, kan?

 

Source: cnet.com