Mau Usaha Sampingan Di Rumah? Coba Bangun Studio Mini, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Mau Usaha Sampingan Di Rumah? Coba Bangun Studio Mini, Bro!

Mau Usaha Sampingan Di Rumah? Coba Bangun Studio Mini, Bro!

Mon, 29 March 2021
Usaha Sampingan di Rumah

Meskipun udah punya pekerjaan tetap, tapi siapa sih yang nggak kepengen cuan jalan terus? Di era new normal ini, menjalankan bisnis udah jadi hal yang dijalankan oleh sebagian besar orang. Nah kalo lo punya ketertarikan dengan bidang fotografi dan punya ruangan kecil nggak terpakai di rumah, lo bisa coba usaha sampingan di rumah yang satu ini, bro!

Emang turun ke dunia fotografi bukan hal yang mudah, tapi membuka foto studio mini di rumah bisa jadi solusi buat lo yang pengen buka usaha sampingan di rumah. Meskipun memakan effort yang cukup tinggi karena harus set-up ruangan yang nggak kepake di rumah, tapi cara ini bisa lo coba, bro!

Biar nggak penasaran terus, langsung aja simak ulasan di bawah ini gimana caranya membangun usaha sampingan di rumah dengan membangun foto studio mini, check this out, bro!

Set Ruangan yang Tepat!

Usaha Sampingan di Rumah

Credit image - Reel Creative Studios

Emang sih buka usaha sampingan di rumah dengan membangun studio foto mini bukan hal yang mudah, karena besar kecilnya ruangan bisa punya banyak pengaruh buat pencahayaan pemotretan nanti, bro!

Sebelum memilih ruangan, lo harus mempertimbangkan untuk membuat konsep dari studio foto yang akan lo buat. Interior mengenai furniture dan benda-benda berukuran kecil sebagai hiasan harus dipertimbangkan – karena properti ini akan mempengaruhi hasil foto yang akan dihasilkan nantinya.

Bikin Backdrop Studio dengan Murah Meriah

Meskipun bikin usaha sampingan di rumah, studio mini tetaplah studio foto. Artinya, lo harus bikin backdrop, bro!

Seringkali dianggap mahal, lo bisa bikin backdrop dengan harga yang murah meriah untuk usaha sampingan di rumah. Untuk bikin pilihan backdrop, lo bisa memilih kain dengan warna-warna netral – seperti putih, abu-abu atau hitam. Untuk warna putih sendiri, lo bisa memanfaatkan dinding polos di rumah dan roll-nya sendiri, lo bisa bikin sendiri dengan menggunakan pipa yang bisa lo manfaatkan.

Pilih Cahaya yang Alami atau Buatan, Bro?

Usaha Sampingan di Rumah

Credit image - Jeska Bailey Photograph

Pencahayaan dalam dunia fotografi emang hal yang valid, lo bisa memilih cahaya alami atau buatan. Emang sih pencahayaan alami udah pilihan terbaik dan pastinya modal yang lebih murah. Buat usaha sampingan di rumah pastinya ini jadi pilihan terbaik ya!

Buat mengontrol cahaya yang masuk, lo bisa gunakan kain putih, kardus, atau kain hitam tebal buat menutupi jendela biar cahaya yang terkontrol bisa masuk. Pilihan lain kalo ruangan lo nggak cukup untuk matahari masuk, lo bisa menggunakan pencahayaan buatan.

Untuk bikin pencahayaan buatan, lo bisa menggunakan dua opsi – yaitu pake flash atau continuous light. Selain lampu – jangan lupa didukung dengan peralatan-peralatan lain yang juga menambah pencahayaan biar lebih maksimal. Mulai dari reflektor, softboxbeauty dishtriggersnoot, payung studio, dan juga remote shutter yang berfungsi buat menjaga kestabilan kamera dan mendapat gambar yang lebih tajam.

Tips buat bikin usaha sampingan di rumah dengan cara bikin studio foto mini ini emang bukan hal yang gampang buat lo yang suka fotografi, tapi dengan cara ini – lo juga bisa mendapatkan cuan dengan kesempatan yang bisa lo manfaatkan ini!

 

Feature image - Pixpa

4 Marketing Tools Buat Kembangin Bisnis dari Google: Ini Semua Gratis, Bro!

Thu, 15 April 2021
Marketing Tools

Untuk mengembangkan marketing dari bisnis yang lo jalanin, pastinya lo perlu banyak melakukan riset. Mulai dari survey secara langsung, media, ataupun bantuan dari software yang ada. Menentukan strategi marketing yang tepat emang bukan waktu yang mudah, untuk itu lo harus memastikan buat dapetin data yang diperlukan selengkap mungkin.

Biar nggak bingung, Google dengan senang hati akan membantu lo buat riset mengembangkan bisnis lo nih. Sebagai search engine yang mayoritas digunakan oleh semua orang, Google mencoba bikin tools market yang bisa digunakan oleh para marketer dengan search engine marketing.

Tools marketing dari Google ini bisa membantu lo buat ningkatin brand awareness, ngelola performa, memudahkan jalanin campaign, dan juga target audiens yang dituju. Ada 4 tools, lo bisa memanfaatkan semuanya dengan baik. Dari pada penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, bro!

Google Ads

Tools marketing pertama dari Google yang lo gunakan adalah Google Ads. Google Ads bisa membuat lo memasarkan bisnis lo dan tersedia dengan model pay-per-click (PPC).

Dengan memanfaatkan iklan di Google Ads, lo bisa memasarkan bisnis lo ke pasar dan audiens yang lebih luas. Kabar baiknya, lo bisa memanfaatkan Google Ads dengan membayar hanya ketika ada visitor yang ngeklik iklan lo. Google Ads ini juga bisa membantu meningkatkan web traffic dan juga menemukan keyword yang bisa mendatangkan traffic. Memudahkan bisnis lo banget kan, bro?

Google My Business

Marketing Tools

Credit image – Off The Lip

Pengen website bisnis lo ada di peringkat atas Google? Lo bisa memanfaatkan Google My Business, bro!

Selain udah difasilitasi, lo juga nggak perlu bayar untuk menggunakan layanan ini. Cukup bikin akun Google My Business atau Google Bisnisku – and you’re done!

Lo bisa mengelola tampilan bisnis yang lo inginkan di di Google Search dan Google Maps dengan tool ini. Dengan menggunakan tools marketing dari google yang satu ini, pastinya lo nggak akan rugi dan bisnis lo pasti akan lebih berkembang.

Google Trends

Marketing Tools

Credit image – Youdot Blog

Kalo lo mencari tools yang bisa membantu lo untuk membandingkan keyword, menunjukkan performa keyword dan juga memberikan proyeksi untuk hal yang lo lakukan di masa depan, Google Trends adalah jawaban yang tepat. 

Tools yang satu ini membantu lo menentukan pilihan keyword yang lebih relevan berdasarkan popularitasnya. Lo pun bisa mengetahui secara real time keyword trending yang sesuai dengan daerah geografis dan zona waktu di seluruh dunia dan melakukan perbandingan – hal ini bisa membuat riset lo makin lengkap, bro!

Google Keyword Planner

Marketing Tools

Credit image – Blabla Negocios

Untuk bikin konten di media digital, pastinya harus menggunakan kata-kata dan visual yang benar, pas, dan tepat. Ketika lo menargetkan audiens yang spesifik, pastinya lo perlu menggunakan keyword.

Nggak usah bingung, Google Keyword Planner adalah jawaban untuk smart tool yang bisa lo gunakan untuk menampilkan keyword berdasarkan lokasi pencarian, target audiens dan search volume. Dengan tools ini, lo juga terbantu untuk memilih long-tail keyword. Nantinya, semua keyword yang dihasilkan dari tools ini akan menghubungkan konten lo dan audiens – jadi untuk bikin konten bisa lebih relevan.

Google mempermudah lo banget dengan tools yang udah ada ini ya, bro? Buat lo yang masih ragu untuk gimana mengembangkan bisnis yang lagi lo jalanin, lo bisa coba memanfaatkan tools dari Google ini ya, bro!

 

Feature image – Freepik