Protokol Nonton Bioskop di New Normal - MLDSPOT
  • Buzz
  • Protokol Nonton Bioskop di New Normal

Protokol Nonton Bioskop di New Normal

Wed, 17 June 2020
Seorang wanita duduk sendirian di tengah barisan kursi penonton di bioskop

Indonesia kini sedang dalam masa transisi, PSBB pun dilonggarkan dan sekarang pusat perbelanjaan sudah beroperasi kembali. Tetapi, ini nggak sama dengan Indonesia bebas COVID-19, Bro! Lo dan masyarakat lainnya masih harus mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan, terutama buat lo yang sudah berencana untuk nonton bioskop kembali di bulan Juli. Walaupun belum ditetapkan tanggal pastinya, bioskop kembali dibuka pasti jadi kabar baik buat lo yang hobi nonton #MumpungLagiDirumah, ya.

 

Protokol Kesehatan dan Kebersihan

Dua petugas dengan APD sedang menyemprotkan disinfektan di kursi penonton bioskop

Irvan Widyanto, selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Surabaya mengungkapkan bahwa sudah ada protokol dan peraturan yang diberikan kepada pihak bioskop untuk mempersiapkan pembukaan kembali. Sebelum resmi dibuka, lokasi-lokasi bioskop ini harus melakukan self-assessment dan lulus penilaian dari pihak Disbudpar.

Apa saja persyaratannya? Pertama, harus dibentuk satgas khusus yang bisa diambil dari pekerja waiters dan security. Kedua, menggunakan disinfektan setiap 4 jam sekali untuk membersihkan kursi penonton, gagang pintu, meja, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini juga disetujui oleh pihak Cinema XXI yang menggunakan disinfektan khusus maskapai penerbangan serta secara konsisten melakukan general cleaning untuk memelihara alat dan fasilitas bioskop di seluruh gerainya.

Ketiga, harus dibuat dua jalur untuk keluar masuk untuk meminimalisir keramaian. Selain itu, diutamakan pemesanan tiket bioskop secara online. Keempat, mengurangi kapasitas auditorium hingga 50%. Kelima, menyiapkan thermo gun untuk mengecek suhu setiap pengunjung dan mencatat nama dan nomor telepon mereka. Pengunjung bersuhu di atas 37.5oC, memiliki gejala batuk atau pilek, serta tampak terengah-engah dilarang masuk.

Keenam, pihak bioskop harus menyediakan hand sanitizer dan wastafel beserta sabun di setiap sudut ruang agar mudah dipakai pengunjung. Ketujuh, setiap karyawan dan pengunjung wajib menggunakan masker, sarung tangan, atau face shield. Terakhir, harus menerapkan physical distancing sejauh satu meter, memberikan tanda khusus pada antrian, kursi, dan area lobi bioskop.

 

Mencegah Munculnya Cluster Baru

Seorang wanita menggunakan thermo gun untuk mengecek suhu pengunjung

Protokol yang disebutkan sebelumnya harus dipatuhi oleh segenap karyawan dan pengunjung bioskop agar tidak muncul cluster COVID-19 yang baru. Hariman Chalid, selaku Public Relation Manager CGV Cinemas mengungkapkan bahwa gerai bioskop ini sudah dan pastinya akan terus melaksanakan protokol serta langkah-langkah preventif lainnya. Salah satunya seperti menyiapkan ruang isolasi bagi pengunjung yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Lalu, pihak CGV Cinemas juga mengatakan bahwa setiap karyawan yang bekerja akan dilengkapi dengan APD. Mereka juga harus mengikuti pengecekan kesehatan sekali dalam dua minggu, yang kemudian akan dicatat. Hal yang sama juga diungkapkan oleh pihak Cinema XXI. Di mana mereka akan siap begitu tiba saatnya buka kembali. Dengan tetap menerapkan protokol yang diwajibkan di tengan kondisi pandemi.

 

Bukan hanya Pengunjung, tetapi juga Karyawan

Dilakukan rapid test oleh petugas dengan APD kepada seorang pria

Pemerintah juga menegaskan bahwa perlu diberlakukannya protokol khusus bagi karyawan yang bekerja di bioskop. Sebagaimana diungkap oleh Irvan Widyanto, perlu diadakan jadwal kerja yang ringan dan nggak terlalu panjang supaya sistem kekebalan tubuh para karyawan tetap terjaga. Disarankan juga untuk melakukan rapid test kepada setiap karyawan, di mana hanya karyawan yang hasilnya negatif yang boleh bekerja.

Kemudian, karyawan diwajibkan untuk mengenakan masker sejak berangkat dari rumah dan selama bekerja di bioskop. Bagi pekerja yang berhadapan langsung dengan pengunjung, harus memakai face shield dan sarung tangan.

 

 

 

Sources: Warta Ekonomi, CNN, Detik

4 Marketing Tools Buat Kembangin Bisnis dari Google: Ini Semua Gratis, Bro!

Thu, 15 April 2021
Marketing Tools

Untuk mengembangkan marketing dari bisnis yang lo jalanin, pastinya lo perlu banyak melakukan riset. Mulai dari survey secara langsung, media, ataupun bantuan dari software yang ada. Menentukan strategi marketing yang tepat emang bukan waktu yang mudah, untuk itu lo harus memastikan buat dapetin data yang diperlukan selengkap mungkin.

Biar nggak bingung, Google dengan senang hati akan membantu lo buat riset mengembangkan bisnis lo nih. Sebagai search engine yang mayoritas digunakan oleh semua orang, Google mencoba bikin tools market yang bisa digunakan oleh para marketer dengan search engine marketing.

Tools marketing dari Google ini bisa membantu lo buat ningkatin brand awareness, ngelola performa, memudahkan jalanin campaign, dan juga target audiens yang dituju. Ada 4 tools, lo bisa memanfaatkan semuanya dengan baik. Dari pada penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, bro!

Google Ads

Tools marketing pertama dari Google yang lo gunakan adalah Google Ads. Google Ads bisa membuat lo memasarkan bisnis lo dan tersedia dengan model pay-per-click (PPC).

Dengan memanfaatkan iklan di Google Ads, lo bisa memasarkan bisnis lo ke pasar dan audiens yang lebih luas. Kabar baiknya, lo bisa memanfaatkan Google Ads dengan membayar hanya ketika ada visitor yang ngeklik iklan lo. Google Ads ini juga bisa membantu meningkatkan web traffic dan juga menemukan keyword yang bisa mendatangkan traffic. Memudahkan bisnis lo banget kan, bro?

Google My Business

Marketing Tools

Credit image – Off The Lip

Pengen website bisnis lo ada di peringkat atas Google? Lo bisa memanfaatkan Google My Business, bro!

Selain udah difasilitasi, lo juga nggak perlu bayar untuk menggunakan layanan ini. Cukup bikin akun Google My Business atau Google Bisnisku – and you’re done!

Lo bisa mengelola tampilan bisnis yang lo inginkan di di Google Search dan Google Maps dengan tool ini. Dengan menggunakan tools marketing dari google yang satu ini, pastinya lo nggak akan rugi dan bisnis lo pasti akan lebih berkembang.

Google Trends

Marketing Tools

Credit image – Youdot Blog

Kalo lo mencari tools yang bisa membantu lo untuk membandingkan keyword, menunjukkan performa keyword dan juga memberikan proyeksi untuk hal yang lo lakukan di masa depan, Google Trends adalah jawaban yang tepat. 

Tools yang satu ini membantu lo menentukan pilihan keyword yang lebih relevan berdasarkan popularitasnya. Lo pun bisa mengetahui secara real time keyword trending yang sesuai dengan daerah geografis dan zona waktu di seluruh dunia dan melakukan perbandingan – hal ini bisa membuat riset lo makin lengkap, bro!

Google Keyword Planner

Marketing Tools

Credit image – Blabla Negocios

Untuk bikin konten di media digital, pastinya harus menggunakan kata-kata dan visual yang benar, pas, dan tepat. Ketika lo menargetkan audiens yang spesifik, pastinya lo perlu menggunakan keyword.

Nggak usah bingung, Google Keyword Planner adalah jawaban untuk smart tool yang bisa lo gunakan untuk menampilkan keyword berdasarkan lokasi pencarian, target audiens dan search volume. Dengan tools ini, lo juga terbantu untuk memilih long-tail keyword. Nantinya, semua keyword yang dihasilkan dari tools ini akan menghubungkan konten lo dan audiens – jadi untuk bikin konten bisa lebih relevan.

Google mempermudah lo banget dengan tools yang udah ada ini ya, bro? Buat lo yang masih ragu untuk gimana mengembangkan bisnis yang lagi lo jalanin, lo bisa coba memanfaatkan tools dari Google ini ya, bro!

 

Feature image – Freepik