• Buzz
  • Protokol Nonton Bioskop di New Normal

Protokol Nonton Bioskop di New Normal

Wed, 17 June 2020
Seorang wanita duduk sendirian di tengah barisan kursi penonton di bioskop

Indonesia kini sedang dalam masa transisi, PSBB pun dilonggarkan dan sekarang pusat perbelanjaan sudah beroperasi kembali. Tetapi, ini nggak sama dengan Indonesia bebas COVID-19, Bro! Lo dan masyarakat lainnya masih harus mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan, terutama buat lo yang sudah berencana untuk nonton bioskop kembali di bulan Juli. Walaupun belum ditetapkan tanggal pastinya, bioskop kembali dibuka pasti jadi kabar baik buat lo yang hobi nonton #MumpungLagiDirumah, ya.

 

Protokol Kesehatan dan Kebersihan

Dua petugas dengan APD sedang menyemprotkan disinfektan di kursi penonton bioskop

Irvan Widyanto, selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Surabaya mengungkapkan bahwa sudah ada protokol dan peraturan yang diberikan kepada pihak bioskop untuk mempersiapkan pembukaan kembali. Sebelum resmi dibuka, lokasi-lokasi bioskop ini harus melakukan self-assessment dan lulus penilaian dari pihak Disbudpar.

Apa saja persyaratannya? Pertama, harus dibentuk satgas khusus yang bisa diambil dari pekerja waiters dan security. Kedua, menggunakan disinfektan setiap 4 jam sekali untuk membersihkan kursi penonton, gagang pintu, meja, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini juga disetujui oleh pihak Cinema XXI yang menggunakan disinfektan khusus maskapai penerbangan serta secara konsisten melakukan general cleaning untuk memelihara alat dan fasilitas bioskop di seluruh gerainya.

Ketiga, harus dibuat dua jalur untuk keluar masuk untuk meminimalisir keramaian. Selain itu, diutamakan pemesanan tiket bioskop secara online. Keempat, mengurangi kapasitas auditorium hingga 50%. Kelima, menyiapkan thermo gun untuk mengecek suhu setiap pengunjung dan mencatat nama dan nomor telepon mereka. Pengunjung bersuhu di atas 37.5oC, memiliki gejala batuk atau pilek, serta tampak terengah-engah dilarang masuk.

Keenam, pihak bioskop harus menyediakan hand sanitizer dan wastafel beserta sabun di setiap sudut ruang agar mudah dipakai pengunjung. Ketujuh, setiap karyawan dan pengunjung wajib menggunakan masker, sarung tangan, atau face shield. Terakhir, harus menerapkan physical distancing sejauh satu meter, memberikan tanda khusus pada antrian, kursi, dan area lobi bioskop.

 

Mencegah Munculnya Cluster Baru

Seorang wanita menggunakan thermo gun untuk mengecek suhu pengunjung

Protokol yang disebutkan sebelumnya harus dipatuhi oleh segenap karyawan dan pengunjung bioskop agar tidak muncul cluster COVID-19 yang baru. Hariman Chalid, selaku Public Relation Manager CGV Cinemas mengungkapkan bahwa gerai bioskop ini sudah dan pastinya akan terus melaksanakan protokol serta langkah-langkah preventif lainnya. Salah satunya seperti menyiapkan ruang isolasi bagi pengunjung yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Lalu, pihak CGV Cinemas juga mengatakan bahwa setiap karyawan yang bekerja akan dilengkapi dengan APD. Mereka juga harus mengikuti pengecekan kesehatan sekali dalam dua minggu, yang kemudian akan dicatat. Hal yang sama juga diungkapkan oleh pihak Cinema XXI. Di mana mereka akan siap begitu tiba saatnya buka kembali. Dengan tetap menerapkan protokol yang diwajibkan di tengan kondisi pandemi.

 

Bukan hanya Pengunjung, tetapi juga Karyawan

Dilakukan rapid test oleh petugas dengan APD kepada seorang pria

Pemerintah juga menegaskan bahwa perlu diberlakukannya protokol khusus bagi karyawan yang bekerja di bioskop. Sebagaimana diungkap oleh Irvan Widyanto, perlu diadakan jadwal kerja yang ringan dan nggak terlalu panjang supaya sistem kekebalan tubuh para karyawan tetap terjaga. Disarankan juga untuk melakukan rapid test kepada setiap karyawan, di mana hanya karyawan yang hasilnya negatif yang boleh bekerja.

Kemudian, karyawan diwajibkan untuk mengenakan masker sejak berangkat dari rumah dan selama bekerja di bioskop. Bagi pekerja yang berhadapan langsung dengan pengunjung, harus memakai face shield dan sarung tangan.

 

 

 

Sources: Warta Ekonomi, CNN, Detik

Deretan Kegiatan Ini Pacu Produktivitas Lo Saat Work From Home!

Mon, 28 September 2020
Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

DKI Jakarta sudah beberapa pekan ini menerapkan lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB berdasarkan naiknya angka positif virus corona di kota metropolitan ini. Nah, bagaimana kabar lo yang sedang menjalani WFH nih, bro?

Kerja dari rumah atau work from home memang jadi salah satu kegiatan yang mesti dibiasakan oleh banyak kalangan. Walau kesannya membosankan, tapi ada banyak hal yang tetap bisa lo lakukan sehingga lo tetap produktif, lho.

Wajar, bekerja dari rumah biasanya gangguannya sedikit tapi berkualitas. Contohnya, tidur-tiduran di kasur atau di sofa yang bisa mengakibatkan pekerjaan lo tidak selesai. Makanya, ada beberapa kegiatan yang justru memicu diri lo supaya terus produktif, lho.

Lalu apa saja kegiatan yang mesti lo lakukan supaya lo tetap produktif terus walau bekerja dari rumah? Kalau lo mempunyai pertanyaan yang sama, tenang – lo sudah berada di halaman artikel yang tepat karena di bawah ini, setidaknya ada beberapa hal yang bisa lo lakukan agar produktivitas diri lo terjaga dengan baik.

Penasaran apa saja hal-hal tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Menetapkan Jam Kerja

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: adventhealth.com

Bukan karena lo bekerja dari rumah sehingga lo bisa seenaknya bangun siang, ya! Semakin siang lo bangun, tentu ada waktu yang terbuang sia-sia untuk menyelesaikan pekerjaan lo nanti. Maka dari itu, bangun pagi tetap menjadi kebiasaan yang perlu diterapkan, ya!

Setelah bangun pagi, sudah mandi dan bersih – mengenakan pakaian rapi dan santai, lalu sarapan, hal pertama yang bisa lo lakukan adalah menuliskan apa saja yang akan lo kerjakan terkait dengan pekerjaan kantor.

Hal ini bakal membantu diri lo untuk mengetahui dan menetapkan jam kerja yang akan lo jalani di rumah. Menuliskan apa saja yang lo kerjakan juga bisa membantu lo mempunyai jam istirahat yang pasti, bro. Jadi jangan sampai lupa makan atau istirahat karena pekerjaan, ya.

Terlebih jika lo menuliskan apa saja yang mau lo kerjakan dan menetapkan jam aktif lo pada hari itu, lo jadi tahu apakah lo masih punya waktu senggang untuk menjalani hobi, nih. Misalnya, berkebun tanaman organik seperti yang sedang tren, main game atau menonton web series seru, atau juga memasak!

 

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: ruggedstandart.com

Memasak sedang jadi tren seru yang digandrungi hampir semua kalangan lho. Terlebih laki-laki! Percaya atau tidak, memasak bisa membantu lo untuk tetap produktif, lho!

 

Makan yang Teratur

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: freepik.com

Terkait dengan hobi memasak yang bisa bikin lo tetap produktif, jangan lupa buat makan yang teratur saat kerja dari rumah, bro. Terkadang bekerja dari rumah bisa membuat lo sampai lupa makan. Kalau sudah begini, yang ada lo malah lemas dan tidak produktif, bro.

Oleh karena itu, hal selanjutnya yang bisa lo lakukan adalah makan yang teratur untuk menjaga produktivitas diri lo. Eits, karena lo bekerja dari rumah, lo bisa nih menyiapkan makanan yang sesuai dengan selera.

Mungkin lo bisa melihat-lihat resep-resep menarik dan bisa lo terapkan. Hal-hal seperti inilah yang bisa menjaga produktivitas lo tetap oke, bro! Sisi kekreativitasan lo tetap terasah sehingga lo tetap aktif bergerak!

 

Jangan Lupa Istirahat

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: freepik.com

Jangan karena asyik sendiri dan melakukan hal-hal seru selama bekerja di rumah lo jadi lupa akan istirahat, ya. Pastikan diri lo tetap mempunyai waktu istirahat yang cukup karena ini jadi salah satu pondasi kuat supaya diri lo tidak kelelahan.

Istirahat yang cukup jadi salah satu hal yang perlu lo terapkan dengan baik karena hal ini adalah salah satu hal yang penting buat dilakukan.

Istirahat ini bukan selalu soal tidur ya bro. Lo bisa berjalan-jalan sejenak di sekitar rumah, menikmati semilir angin, atau sekedar ngopi di taman belakang untuk menghilangkan penat karena sudah berjam-jam di depan meja dan komputer.

Wah bagaimana nih bro? Tiga kegiatan di atas memang sederhana, sangat simpel untuk dilakukan. Maka dari itu, untuk menjaga produktivitas lo tetap baik – tiga kegiatan di atas jangan sampai lupa buat lo terapkan, bro!

 

Feature Image – manofmany.com