• Buzz
  • Twitch dan Coca Cola Selenggarakan Turnamen untuk World Aids Day

Twitch dan Coca Cola Selenggarakan Turnamen untuk World Aids Day

Fri, 08 December 2017

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Berbagai tempat di dunia, biasanya memperingatinya dengan menggalang dana untuk membantu meringankan beban para penderita penyakit AIDS. Penyakit AIDS telah menjadi masalah khusus karena penyakit ini bisa menular dengan cepat dan memberikan risiko kematian. Peringatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat di dunia tentang bahaya penyakit AIDS dan melakukan langkah-langkah pencegahan.

 

Twitch dan Coca Cola selenggarakan turnamen

Untuk memperingati hari sakral tersebut, salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia , Coca Cola akan bekerja sama dengan Twitch untuk menggalang dana bagi korban AIDS selama satu minggu. Penggalangan dana tersebut dilakukan dengan cara menggelar turnamen MOBA. Penggalangan dana ini rencananya akan ditujukan untuk membantu membasmi penyakit AIDS bagi penduduk di wilayah sub-Sahara Afrika.

 

Turnamen dimulai 2 Desember lalu

Mulai tanggal 2 Desember lalu lo bisa melihat kanal Arena of Valor milik Twitch dan 8 streamer populer lainnya yang memainkan permainan MOBA (Multiplayers Online Battle Arena) asal Tiongkok. Selama satu Minggu ke depan, donasi akan dikumpulkan lewat stream tersebut. Kalau lo seorang streamer, lo juga bisa mengumpulkan donasi selama satu Minggu penuh. Rencananya, Coca Cola akan menggalang dana sebesar 50 ribu dolar Amerika Serikat atau 676 juta rupiah.

 

Seorang remaja mengalami HIV setiap 2 menitnya

Wabah HIV/AIDS memang telah menjadi salah yang cukup serius dan menyita perhatian dunia bagaimana enggak, hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Virus HIV menyebar dengan cepat bahkan setiap 2 menit ada satu remaja yang terserang penyakit ini.

Nah Urbaners, karena virus ini sangat mematikan dan belum ada penawarnya kecuali dengan terapi khusus yang hanya mampu menekan perkembangan penyakit itu. Namun tetap saja hasilnya kurang maksimal. Oleh sebab itu, maka sebaiknya lo mencegah diri lo jauh-jauh dari penyakit ini, ya. Virus ini menyerang sistem kekebalan manusia sehingga tubuh akan lemah dalam melawan adanya penyakit dari luar.

 

Source: engadget

Kontribusi Besar Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi

Fri, 29 May 2020
Tampak seorang yang mengenakan APD dan masker N95 kelelahan sambil menggaruk kepala

Selain menghilangkan rasa bosan #MumpungLagiDirumah jika nggak perlu-perlu sekali keluar rumah, sebagian besar masyarakat Indonesia juga ikut aktif berkontribusi di tengah pandemi. Saling bahu-membahu membantu menghadapi situasi terkini. Mulai dari menggalang donasi untuk pekerja harian yang terdampak COVID-19 hingga mendonasikan APD serta masker bagi tenaga medis.

 

Galang Donasi untuk APD bagi Tenaga Medis

Seorang tenaga medis mengenakan APD lengkap

Menggalang donasi untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19 ini nggak cuma dilakukan oleh selebritis dan selebgram saja. Masyarakat umum juga ikut berpartisipasi aktif di sini. Melalui banyak gerakan baik yang dirintis instansi sosial maupun gerakan swadaya, akhirnya berhasil dikerahkan untuk prioritas kebutuhan di awal pandemi lalu, yakni APD dan masker bagi tenaga medis.

Gerakan ini menjaring massa yang cukup besar, sebut saja Jogja Lawan Corona yang bekerja sama dengan MamaJahit, lalu Sama Sama Kita Bisa yang diusung oleh komunitas kopi untuk mendukung para tenaga medis dalam bekerja agar bisa terus dalam kondisi prima. Belum lagi banyak gerakan lain yang juga hadir di beberapa daerah untuk menyokong kebutuhan medis daerah mereka.

 

Masker Kain Produksi Rumahan

Proses pembuatan masker kain produksi rumahan

Kontribusi besar lainnya yang juga nggak bisa diabaikan begitu saja dan pasti lo juga tahu berita yang satu ini, yakni bagaimana masyarakat ikut memproduksi masker kain rumahan. Dibuat dengan bahan kain, beberapa dijual dengan harga sangat murah, beberapa lainnya bahkan dibagikan secara cuma-cuma bagi para pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah selama pandemi ini berlangsung.

Ini jadi respon positif atas kondisi kelangkaan masker yang sempat terjadi beberapa waktu lalu dikarenakan penimbunan oleh pihak yang nggak bertanggung-jawab dan kebutuhannya yang semakin meningkat kemudian. Beberapa komunitas menjahit seperti MamaJahit tadi juga ikut berkontribusi dalam produksi masker kain ini.

 

Berbagi Sembako bagi yang Membutuhkan

Aksi terakhir ini bisa jadi lo sudah sering lihat di beberapa video yang tersebar di YouTube atau sosial media lain, di mana beberapa masyarakat yang memiliki penghasilan lebih bergotong-royong membeli sembako dalam jumlah banyak. Sembako-sembako ini yang akhirnya disumbangkan ke mereka yang membutuhkan.

Nggak sedikit juga anak-anak muda yang ikut berperan aktif dalam aksi-aksi kontributif untuk saling tolong menolong di saat-saat yang sulit seperti ini. Ini jadi ciri khas gotong royong Indonesia yang harus diapresiasi dan dibudayakan turun temurun. Tanda bahwa kita masih memiliki simpati untuk berjuang bersama mengatasi pandemi.

Buat lo yang juga ingin berpartisipasi ikut berkontribusi berarti selama pandemi ini berlangsung, jangan tunggu lagi, Bro. Lo bisa cari tahu gerakan kontribusi yang sedang dilakukan di sekitar area lo sekarang. Ingat, bantuan nggak melulu uang, lo bisa membantu dan berkontribusi dengan cara yang paling mampu lo lakukan.

 

Sources: Kompas, The Conversation, CNBC Indonesia