• Fashion
  • Darimana Datangnya Tren Fashion?

Darimana Datangnya Tren Fashion?

Fri, 02 September 2016

Setiap tahun berganti, gaya berbusana alias fashion kian lama semakin beragam saja. Tahun ini, gaya yang ngetren adalah itu. Tahun depan, belum tentu gaya yang sama bakal ada. Lo pernah nggak sih kepikiran darimana datangnya tren itu sendiri? Apa karena banyak yang pakai lantas jadi tren atau bagaimana? Berikut ini adalah ulasan mengenai hal tersebut. Seperti apa?

 

Seperti rantai makanan

Pada dasarnya, tren fashion bertahan dua hingga lima tahun. Setelah itu, biasanya model itu akan hilang dan jadi nggak kekinian. Meskipun lo menyangkal terpengaruh dengan perubahan tren, dalam beberapa titik, lo pasti ganti tren. Pasti ada satu titik yang akan mempengaruhi dunia lo.

Biasanya, gaya fashion hadir seperti rantai makanan. Mereka “memakan” dari rantai makanan paling bawah: para pecinta fashion. Tren ini akan mereka gunakan hingga menjadi sebuah hal yang wajar. Beberapa kelompok mungkin nggak terpengaruh. Itulah “rantai makanan” yang menduduki tingkatan paling atas. Namun, suatu saat kelompok tersebut akan mengikuti arus.

Pendekatan yang digunakan untuk memunculkan tren atau mode baru biasanya muncul dari para desainer. Harus ada perpaduan antara gaya baru dan gaya familiar. Terlalu baru, tren jadi membosankan. Sedangkan bila terlalu familiar, tidak ada perubahan tren sama sekali. Di sini peran peramal tren muncul. Mereka akan mengutarakan apa yang jadi kesukaan pelanggan di masa yang akan datang, kemudian desainer akan membuat model yang pasti akan laku di pasaran.

 

Beda wanita dan pria

Pada dasarnya, ada perbedaan mendasar mengenai persebaran tren pada pria dan wanita. Tren pada wanita biasanya memiliki siklus lebih cepat, antara satu musim (3 bulan) hingga satu semester. Namun, pola tren wanita cenderung ke tren yang dulu pernah ada. Satu musim wanita suka hitam, kemudian putih, lalu berlanjut dengan warna cerah di musim berikutnya.

Sedangkan untuk pria lebih lambat. Tren pada pria lebih bertahap dan tidak berubah-ubah. Pria tidak kompulsif dalam memilih gaya berpakaian maupun bersolek.

Sekarang udah paham kan darimana datangnya tren? Nggak perlu deh memungkiri fashion. Mau nggak mau lo akan terhisap di dalamnya.

 

Source: fashionbeans.com

Mix & match Hoodie Buat Penampilan Tambah Keren

Monday, February 17, 2020 - 15:32
Pria menggunakan kaos dengan tambahan layered zipper hoodie dan coat berwarna krem

Lo pasti punya hoodie yang selalu dipakai? Outerwear satu ini memang merupakan item wajib setiap pria. Meskipun terlihat cukup simple, tapi hoodie juga bisa membuat penampilan terlihat lebih fashionable. Apalagi jika lo tahu cara mix & match hoodie, tentunya bisa membuat penampilan lo lebih keren. Penasaran seperti apa caranya mix & match hoodie?

 

Layered Look

Hoodie memang menjadi salah satu item fashion yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Menggunakannya juga bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya dengan dibuat layered look. Tampilan ini selain bisa membuat penampilan lo semakin keren, tapi juga bisa membuat tubuh lebih hangat karena hoodie akan ditumpuk dengan jenis pakaian lain.

Memiliki tampilan ini cukup mudah, lo hanya perlu mix & match hoodie dengan jaket kesayanganmu. Pertama-tama kenakan hoodie dan kemudian tumpuk dengan jaket. Selain jaket, lo juga bisa menggunakan blazer atau coat sesuai dengan keinginan. Agar tampilan lo semakin keren. Jangan lupa gunakan celana yang nyaman seperti jeans. Jika ingin look yang agak formal, tailored trousers juga masih cocok dipadukan dengan fashion item ini.

Hoodie & Leather Jacket

Pria menggunakan hoodie dan leather jacket warna hitam dengan satu tangan dimasukkan ke saku celana

Baik hoodie dan leather jacket adalah fashion item yang wajib dimiliki oleh semua pria. Kedua fashion item tersebut bisa digunakan di segala event dan bisa menjadi tampilan yang keren sekaligus terlihat fashionable. Lo bisa mencoba mix & match dari hoodie dengan leather jacket kesayangan. Terdengar simple bukan, tapi perpaduan dari dua fashion item itu dijamin bisa buat penampilan lebih stand out.

Gunakan hoodie kesayanganmu, bisa yang berwarna cerah atau gelap. Kemudian pakaikan leather jacket di atasnya. Jika ingin tampilan yang lebih manly, sebaiknya gunakan leather jacket dengan warna yang lebih gelap. Sempurnakan penampilan lo dengan menggunakan sepatu jenis boots yang juga terbuat dari bahan kulit atau suede.

Oversized Hoodie & Sneakers

Pria menggunakan hoodie bertulisan essentials dengan short pants dan sneakers

Saat ini tren oversized masih cukup diminati. Lo bisa mencoba menggunakan oversized hoodie favorit lo dan mengombinasikannya dengan beragam fashion item lain. Jika ingin terlihat lebih casual, lo bisa mencoba mix & match oversized hoodie dengan sneakers kesayangan. Sneakers akan memberikan tampilan yang santai sehingga sangat cocok saat dipadukan dengan hoodie.

Oversized hoodie juga bisa dipadukan dengan short pants jika lo ingin terlihat lebih stylish. Perpaduan hoodie dengan short pants akan membuat lo terlihat lebih muda. Namun, jika lo ingin memiliki tampilan yang terlihat lebih dewasa, maka bisa mencoba mix & match hoodie dengan celana jeans biasa atau dengan jogger pants.

Itulah beberapa cara mix & match hoodie yang bisa lo coba buat menunjang penampilan agar semakin terlihat keren. Selamat mencoba!

 

Sources: fashionbeans.com, spicee.net, theidleman.com