Trending
Kamis, 20 Oktober 2016

5 Kesalahan Merawat Sneakers yang Harus lo Hindari

  • Share
  • fb-share
5 Kesalahan Merawat Sneakers yang Harus lo Hindari

Sneakers is everyone’s best friend. Mau jalan-jalan dan nongkrong dengan teman? Harus menghadiri acara formal tapi ingin terlihat agak kasual? Sneakers bisa mendukung tampilan yang lo inginkan tersebut. Memasuki musim hujan begini, sneakers lo pasti bakal lebih sering kotor. Secara otomatis, lo pun harus lebih rajin merawat dan mencucinya. Agar usaha lo nggak sia-sia, hindari beberapa kesalahan di bawah ini, ya!

 

Tidak Rutin Mencucinya

Kebiasaan satu ini nih yang sepertinya paling sering lo lakukan. Sekecil apa pun kotoran yang menempel, lo harus segera membersihkannya. Kalau dibiarkan, noda dan kotoran bakal menumpuk dan semakin susah untuk dibersihkan. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan produk khusus penghapus noda pada sneakers yang bentuknya seperti tisu basah. Salah satunya adalah Jason Markk Quick Wipes 3 Pack, dengan harga sekitar Rp 50.000 per kemasan.

 

Menumpuk Sepatu Sembarangan

Lo koleksi sneakers di rumah? Jangan asal menumpuknya di dalam lemari atau salah satu sudut rumah lo, ya. Hal tersebut cuma bakal membuat sepatu lo melengkung atau mengkerut dan nggak bisa dikembalikan seperti semula. Belum lagi debu dan kotoran yang bersarang di tumpukan sepatu lo. Kalau belum sempat beli rak khusus, lebih baik lo menyimpan sepatu di dalam kotaknya, jadi ketika ditumpuk pun koleksi sneakers lo masih tetap aman dan terawat.

 

Tidak Merawat Tali Sepatu

Meskipun terkesan sepele, tali sepatu sebenarnya nggak kalah penting dalam membuat sneakers lo terlihat oke. Bahkan kalau lo biarkan begitu aja, noda-nodanya bakal ikut menempel ke badan sepatu lo. Maka dari itu, setiap lo mencuci sepatu, selalu lepas talinya. Cuci secara terpisah dan rendam di dalam air yang telah dicampur sabun. Jangan menggunakan pemutih karena bisa membuat tali sepatu cepat rusak. Jemur hingga kering sebelum lo memasangnya kembali pada sepatu.

 

Mencuci dengan Sikat

Masih banyak orang mencuci sneakers dengan menggunakan sikat yang kaku. Padahal, penggunaan sikat yang kaku bisa menimbulkan goresan pada permukaan sepatu lo. Apalagi kalau lo menggunakan detergen pakaian sebagai sabunnya, ujung sneakers bisa mudah kering dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, sebaiknya lo menggunakan sikat gigi bekas berbulu halus untuk menghilangkan segala noda dan dan kotoran yang menempel di permukaan sneakers.

 

Langsung Masuk Mesin Cuci

Membersihkan sneakers memang bisa menjadi PR tersendiri, apalagi kalau menggunakan sikat gigi yang umumnya berukuran mungil. Meski begitu, bukan berarti lo bisa langsung memasukkan sneakers lo ke mesin cuci. Bukannya nggak boleh, tapi sebaiknya lo memasukkan sepatu ke kantong kain, dengan tali sepatu yang udah dilepas dan dimasukkan ke kantong lebih kecil. Baru setelah itu lo boleh membersihkannya menggunakan mesin cuci.

 

Memang sih ada yang mengatakan bahwa semakin belel suatu sneakers, tampilan yang dihasilkan bakal semakin oke. Tapi, bukan berarti lo bisa membiarkan sneakers lo tertutupi noda begitu aja. Menghindari berbagai kesalahan di atas bakal bikin sneakers lo terus terawat dan semakin awet.

 

 

Sources: Fashionbeans.com, Properti.liputan6.com

Comments
sumardiyono
Nice infonya bro......
Heni Oen
Nice info thanks