Trending
Selasa, 21 Februari 2017

Tjanang, Es Krim Jadoel Favorit Bung Karno

  • Share
  • fb-share
Tjanang, Es Krim Jadoel Favorit Bung Karno

Tidak perlu meratapi cuaca panas Ibu Kota. Urbaners bisa dinginkan tenggorokan dengan seporsi es krim. Nyess, pasti langsung terasa adem.

Tak perlu juga khawatir mencari es krim di Jakarta karena penganan ini hampir ada di setiap sudut kota. Urbaners tinggal pilih mau rasa seperti apa. Ada es krim jamu, es krim mochi, sampai es krim yang dibuat dengan nitrogen.

Di tengah maraknya tren masa kini, ada beberapa kedai es krim jadul yang masih bertahan di Ibu Kota. Kedai es krim ini masih seperti dulu: enak, sederhana, dan penuh cerita.

Kalau lo penasaran bisa datang langsung ke kedai es krim Tjanang di Jalan Cikini Raya 50, Jakarta Pusat. Dingin dan manisnya es krim Tjanang pasti bikin ketagihan.

Tjanang sudah ada sejak 1950-an. Uniknya, es krim ini masih dibuat sendiri oleh pemilik atau penerusnya. Namun, es krim Tjanang tak lagi dijual dalam mangkuk stainless steel kecil seperti masa lalu tapi dikemas mangkuk plastik.

Hal menarik dari restoran itu adalah es krim rasa beragam buah khas Indonesia, seperti cempedak, nangka, cokelat, dan tape ketan hitam. Tak heran jika restoran es krim Tjanang tak hanya dikenal warga Jakarta tapi juga kalangan ekspatriat.

Tak hanya masyarakat biasa. Es krim milik Leni atau Tshu Ing Kue ini digemari mantan Presiden Soekarno. Presiden pertama Indonesia ini pernah memesan es krim Tjanang untuk jamuan kenegaraan.

Perlu Urbaners ketahui, tak hanya untuk menjamu tamu, Soekarno sering memesan es krim Tjanang untuk dinikmati bersama keluarga.

Rasa manis, dingin, dan lembutnya es krim Tjanang bahkan begitu membekas di lidah putrinya, Megawati Soekarnoputri. Saat Mega menjabat Presiden, ia sempat menanyakan keberadaan es krim favoritnya itu.

Es krim unggulan Tjanang adalah es krim kopyor, alpukat, dan cokelat. Es krim cokelat terasa renyah karena ada potongan cokelat chip. Demikian juga es krim kopyor yang dibubuhi potongan kopyor.

Kenangan es krim yang dulu bernama Tjan Njan tak pernah luntur di kalangan warga Jakarta yang pernah mencicipinya. Rasanya enak sekali dan tidak membuat sakit tenggorokan. Nyamm!

 

source: detik.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Agus samanto
harganya ga disebutin ya