Mitos-Mitos Perawatan Celana Jeans - MLDSPOT
  • Fashion
  • Mitos-Mitos Perawatan Celana Jeans

Mitos-Mitos Perawatan Celana Jeans

Fri, 05 May 2017

Bagi Urbaners yang gemar menggunakan jeans pasti udah sering dengar mitos-mitos tentang celana jeans. Setiap orang di dunia pasti paling nggak memiliki satu celana jeans di lemarinya. Celana berbahan jeans ini sudah seperti favoritnya setiap orang, bahannya yang nggak gampang sobek mungkin menjadi salah satu alasannya. Namun, nggak jarang juga orang yang memakai jeans sampai sobek atau sengaja disobek, karena bentuk sobekan dari jeans akan lebih bagus dibandingkan celana dengan bahan kain atau pun kulit. Selain itu, lo juga pasti sering mendengar kalau jeans itu nggak boleh terlalu sering dicuci. Why? Bukannya nanti malah tambah kotor ya?

Ternyata, kalau jeans terlalu sering dicuci akan mengakibatkan jeans tersebut berubah bentuknya dan bisa memudarkan warna pada jeans itu sendiri. Jeans-nya juga bisa jadi tambah tipis, kalau udah tambah tipis tentunya bisa membuat jeans ini mudah sobek. Lo sebaiknya mencuci jeans setelah 5 kali pemakaian, dan jangan lupa posisi yang baik dalam mencuci jeans adalah dibalik. Indah Wulansari, seorang fashion stylist yang pernah menjadi fashion stylist-nya Afgan juga mengungkapkan bahwa jeans yang terlalu sering dicuci akan membuat warna jeans jadi pudar.

Jeans yang terlalu sering dicuci itu bakalan bikin warna si jeans itu pudar dan akan membuat bahan dari si jeans sendiri akan cepat lapuk yang mengakibatkan jeans mudah sobek. Sebaiknya jeans dicuci setelah 5 kali pemakaian dan pas dicuci itu harus dibalik, karena bahan pembersih seperti detergen atau pelembut bisa bikin warna jeans pudar”, jelas Indah.

Indah juga menambahkan bahwa jangan menggunakan pengering sehabis mencuci jeans karena jeans bisa mengalami penyusutan, dan nggak boleh juga dijemur langsung di bawah sinar matahari.

“Jangan pernah pakai mesin pengering untuk celana jeans, karena jeans lo akan berubah bentuk dan mengalami penyusutan. Jangan lo jemur langsung di bawah sinar matahari terik, karena akan membuat warna dari jeans lo cepat pudar. Baiknya peras dengan tangan sendiri kemudian jemur dengan matahari nggak langsung”, tambahnya.

Selain nggak dicuci terlalu sering, ada juga mitos lain yang mengatakan bahwa kalau mau mengusir bakteri dari celana jeans, Urbaners bisa memasukkan celana jeans lo ke dalam freezer. Ya, dengan membekukan celana jeans, bakteri-bakteri yang ada di celana jeans bisa menghilang, hal ini juga bisa membuat jeans lo jadi nggak gampang bau karena jarang dicuci. Tapi, nggak semua bakteri bisa mati juga, ada beberapa bakteri yang mungkin masih tersisa, apalagi terkadang bakteri muncul dari diri lo sendiri, suhu tubuh lo membuat bakteri itu muncul lagi. Namun, Indah membenarkan bahwa membekukan jeans bisa menghilangkan bakteri.

“Bener banget. Jadi, masukkan celana jeans lo ke dalam plastik kedap udara, kemudian masukkan ke dalam freezer selama satu malam, karena pada derajat tertentu udara dingin bisa membunuh bakteri di celana jeans”, Jelasnya.

Sementara itu, ada juga mitos lain tentang jeans yang mengatakan bahwa mencuci jeans nggak boleh menggunakan cuka, karena cuka sifatnya kayak pemutih yang mungkin bisa membuat jeans lo jadi berubah warna. Tapi, Indah membantah mitos tersebut, menurutnya justru itu adalah suatu hal yang disarankan.

“Ada yang bilang kalau cuci baju atau bahan jeans jangan pake cuka karena cuka sifatnya kayak pemutih. Padahal nggak kok, justru cuka itu disarankan banget, karena cuka untuk bahan kain bisa melapisi warna jeans, jadi jeans Urbaners warnanya akan awet. Tambahin aja 1/8 cuka pada cucian lo”, tutup Indah.

Well, mitos-mitos mengenai celana jeans memang beragam-ragam, ada yang benar dan juga ada yang salah, semuanya tergantung Urbaners mempercayai hal itu atau nggak. 

Outfit Lebaran dengan Coach Jacket: Biar Bisa Ngantongin Banyak, Bro!

Wed, 12 May 2021
coach jacket

Lebaran tinggal menghitung hari aja nih, bro. Walaupun tahun ini merayakan Hari Raya Idul Fitri nggak bisa bertemu dan berkumpul secara langsung dengan keluarga, tapi penampilan tetap harus diperhatikan dong ya.

Biar bisa tampil beda saat hari raya, lo bisa pakai coach jacket yang bisa lo padukan dengan baju model lainnya. Karena modelnya yang modern dan trendy, jenis jaket ini juga bisa dipakai kapan aja, mulai dari ke kampus atau ke kantor.

Kalo lo masih bingung gimana mix n match-nya - MLDSPOT kali ini bakal kasih lo tips buat padu padan outfit lo dengan coach jacket, supaya bisa keliatan kece dan melawan dipakai buat hari raya nanti. So, check this out!

Kombinasikan dengan Celana Jeans dan Kaos

coach jacket

Credit image - gallucks.com

Pertama-tama tentunya adalah padu padan basic dengan model pakaian apapun, termasuk dalam coach jacket yaitu lo bisa mix n match dengan kaos yang berwarna netral atau jeans andalan lo. Sebagai pelengkap lo tinggal pilih sepatu mana yang kira-kira cocok, apakah sneakers atau sepatu boots? Lo yang tentukan, bro!

Celana Kulot Bikin Tampilan Lebih Edgy

Sementara, kalo mau tampilan lebih edgy, lo bisa mencoba padankan coach jacket ini dengan celana kulot dan blouse atau kaos untuk tampilan yang terkesan lebih menawan, tapi tetap edgy.

Supaya tampilan lo makin sempurna, lengkapi dengan sepasang sneakers andalan. Jika celana kulot lo terlihat ngatung, lo juga bisa mengenakan kaus kaki sebagai aksesori tambahan.

Padankan Coach Jacket dengan Kemeja

Tampilan formal saat lebaran atau acara formal lainnya, biasanya lo menggunakan blazer atau kemeja batik aja. Meski kece, namun tampilan tersebut udah terlalu mainstream, bro!

Biar penampilan makin oke dan nggak itu-itu aja, lo bisa padukan kemeja dan celana jeans atau celana chinos dengan coach jacket. Tapi Ingat, gunakan coach jacket yang berwarna netral ya, agar tampilan lo makin rapi dan tentunya menarik.

Aksesoris sebagai Sentuhan Terakhir

coach jacket

Credit image - thefashiontag.com

Coach jacket memang didesain supaya nyaman dipakai dan bisa dipadukan dengan busana apapun. Kalo lo udah temukan model baju yang cocok, buat sentuhan terakhir lo bisa tambahkan aksesoris.

Lo bebas mau menambahkan jenis aksesoris apapun yang cocok dengan tampilan lo. Misalnya, ikat pinggang biar setelan lo terlihat sempurna, lo bisa pilih ikat pinggang kulit berwarna cokelat.

Selain itu, jam tangan wajib dipakai karena fashion item ini, bisa bikin tampilan lo drastis lebih menarik. Setidaknya lo perlu memiliki dua jam tangan, yang casual dan jam tangan formal untuk keperluan lo di berbagai acara.

Tren di Kalangan Street Styler

Kalo lo salah satu penyuka street style, pastinya lo familiar dengan coach jacket yang udah cukup lama menjadi tren di kalangan street styler. Para brand street style juga mengeluarkan ragam koleksi coach jacket mereka. Mulai dari Champion sampai brand lokal Futurama.

Coach jacket memang wajar menjadi pilihan populer buat lo yang suka tampil kasual dengan gaya street style. Coach jacket umumnya terbuat dari material nylon atau parasut yang tahan air. Selain itu, coach jacket juga memiliki model versatile sehingga bisa dipadukan dengan hampir semua jenis pakaian.

Itu dia beberapa rekomendasi padu padan coach jacket buat busana lebaran. Jadi, apa lo udah menentukan mau bergaya seperti apa di hari raya nanti? Coba ikutin tips dari MLDSPOT barusan ya, bro!

 

 

Featured image - apetogentleman.com