Trending
Kamis, 14 September 2017

Ini Nih Jeans yang Ramah Lingkungan

  • Share
  • fb-share
Ini Nih Jeans yang Ramah Lingkungan

Saat membeli celana jeans, hal yang muncu di benak banyak orang adalah apakah jeans tersebut terlihat pas dan keren di tubuh mereka. Tapi, nggak banyak yang tahu bahwa produksi jeans ternyata menyebabkan polusi yang cukup besar. Kabar baiknya, sekarang lo bisa beli jeans ramah lingkungan buatan Everlane!

 

Fesyen, Salah Satu Industri Penghasil Polusi Terbesar

Tahukah lo bahwa fesyen merupakan salah satu industri penghasil polusi terbesar di dunia? Pembuatan jeans, khususnya, sebetulnya amat nggak ramah lingkungan karena limbahnya yang mencemari air. Idealnya, rata-rata dibutuhkan 10.000 liter air untuk membuat satu celana jeans saja. Di banyak pabrik, sisa air dari pembuatan jeans akan langsung dibuang dan kembali ke sungai dan laut.

 

Everlane Sejak Awal Ingin Bangun Pabrik Ramah Lingkungan

Everlane, brand pakaian internasional, sebetulnya sudah berdiri sejak 2010. Tapi, sang pendirinya yang bernama Michael Preysman butuh waktu tujuh tahun untuk menghasilkan produk denim atau jeans. Ia kesulitan menemukan pabrik yang ramah lingkungan. Karena skala brand yang masih relatif kecil apabila dibandingkan dengan brand lain seperti Levi’s, Everlane nggak mampu mengubah operasional pabrik yang ada agar lebih ramah lingkungan.

 

Kerja Sama dengan Pabrik di Vietnam

Akhirnya, tahun lalu Preysman betemu dengan Sanjeev Bahl, pemilik pabrik Saitex di Vietnam. Dulunya, Bahl menghubungkan brand dengan pabrik jeans. Tapi begitu tahu betapa buruknya dampak indsutri jeans terhadap lingkungan, Bahl memutuskan untuk membuka pabrik jeans sendiri. Di pabrik ini, Bahl selalu melakukan recycle terhadap 98% air yang dipakai. Ketika berkunjung, Preysman bahkan membuktikan sendiri kalau air tersebut aman untuk diminum!

Preysman percaya bahwa pabrik milik Bahl tersebut dapat membantunya memproduksi jeans berkualitas tinggi dan tetap ramah lingkungan. Ia ingin membuat jeans yang dapat kembali ke bentuk aslinya setelah pemakaian. Dengan begitu, lo nggak perlu terlalu sering mencuci jeans tersebut. Pembuatannya akan dilakukan di pabrik milik Bahl di Vietnam untuk meminimalisir kerusakan lingkungan.

 

Jeans buatan Everlane ini sudah mulai tersedia secara online sejak 7 September 2017 lalu, Urbaners. Sepasang celana jeans dihargai 68 dolar atau sekitar Rp 900 ribu. Apa lo tertarik membelinya?

 

 

Sources: esquire.com, fashionunited.uk, fastcompany.com 

Comments
diana mayasari
Keren banget
Aldi hidayat
Nice informasi