5 Seniman Lokal yang Ikut Produksi Masker Kain Sendiri - MLDSPOT
  • Fashion
  • 5 Seniman Lokal yang Ikut Produksi Masker Kain Sendiri

5 Seniman Lokal yang Ikut Produksi Masker Kain Sendiri

Fri, 24 April 2020
Seorang pria sedang berjalan di luar ruang sambil memakai masker

Wabah COVID-19 yang telah berlangsung selama tahun 2020 ini membawa dampak besar bagi setiap industri yang ada, termasuk juga industri fashion dan seni. Sebagai wujud kontribusi terhadap penalangan COVID-19, beberapa seniman lokal dari Indonesia memutuskan untuk memproduksi masker kain dengan desain unik yang cocok dipakai sehari-hari.

Beberapa dari masker ini diproduksi dalam jumlah banyak untuk didistribusikan secara gratis, serta ada juga yang dijual sebagai bentuk penggalangan dana mengatasi pandemi ini. Lo bisa tetap tampil fashionable dengan masker-masker berdesain unik ini.

 

Sulaiman Said

Sulaiman Said berpose dengan salah satu produk sling bag dari Kamengski

Sulaiman Said dengan brand clothing Kamengski ini juga ikut ambil bagian dalam usaha-usaha untuk membantu meringankan situasi di tengah pandemi. Lo pasti tahu brand clothing lokal yang terkenal dengan ciri khas desain parodinya ini. Kali ini nggak hanya berdiam, Kamengski juga ikut berkontribusi.

Dari laman Instagram resmi mereka @kamengski mengunggah foto masker putih dengan desain sederhana yang dibagi dengan gratis dengan diselipkan di setiap paket pembelian para pelanggannya. Masker dua lapis yang diproduksi ini adalah masker antimikrobial sekaligus anti air.

 

Rama Dauhan

Rama Dauhan berpose setelah peragaan busana bersama dua model wanita

Rama Dauhan Design Studio milik desainer Rama Dauhan juga memproduksi masker kain. Uniknya, Dauhan memanfaatkan kain-kain sisa produksi dari studionya untuk disulap menjadi masker kain yang benar-benar baru. Masker buatan Dauhan ini menyertakan kantong penyaring untuk menyaring kotoran dan bakteri selama dipakai.

Menggunakan kain katun, masker kain ini dibanderol dengan harga Rp75.000. Terkesan mahal mungkin, tetapi 20% dari penjualan masker kain beraksen strip ini akan disumbangkan untuk penanganan dampak virus COVID-19, Bro. Terutama diperuntukkan bagi tenaga medis, pengendara transportasi online, dan pekerja harian.

 

Sanchia Hamidjaja

Sanchia Hamidjaja sedang melakukan interview di salah satu sudut studionya

Sanchia Hamidjaja adalah satu dari sekian banyak seniman yang ikut terlibat dalam projek Masker Untuk Indonesia, gerakan yang sekarang sedang masif digaungkan bahkan oleh beberapa selebritas tanah air. Seniman kartun, komik, ilustrasi, dan surface pattern ini menyumbangkan beberapa desain yang ia gambar sendiri.

Untuk ikut andil dalam gerakan masker kain ini, tim Masker Untuk Indonesia akan menyumbangkan tiga masker kain untuk setiap pembelian 1 masker kain dengan desain unik di laman resmi mereka. Kalau lo salah satu penggemar karya Sanchia, lo bisa beli masker kain yang ia desain di sini.

 

Abenk Alter

Abenk Alter tampak berpose di depan salah satu karyanya

Nggak cuma Sanchia, seniman keren lainnya seperti Abenk Alter juga turut berkontribusi dalam gerakan Masker Untuk Indonesia. Dengan gaya artistiknya yang khas, Abenk Alter membuat desain yang futuristik dan tentunya keren dan membuat penampilan lo tetap fashionable dan terlindungi.

Masker Untuk Indonesia ini adalah masker kain yang terbuat dari bahan dasar scuba. Bahan dasar ini dapat mencegah partikel dan droplets karena serat-serat yang lebih halus dan padat. Selain itu, masker ini juga lebih awet walau sudah dicuci berulang kali.

 

Igor Saykoji

Igor Saykoji dengan masker DIY bertuliskan “Stay Home”

Sebagai musisi, Igor juga ikut mengambil inisiatif dalam memproduksi masker kain. Masker kain produksi rumahan ala rapper Indonesia ini dibuat dengan desain yang maskulin dan bergaya khas fashion hip-hop yang keren. Masker kain buatannya ini diunggah di laman Instagram pribadinya.

Namun begitu, masker kain yang dibuat sendiri oleh Igor ini belum diproduksi dalam jumlah yang banyak dan masih digunakan untuk keperluan pribadi dirinya serta keluarga saja. Tetapi kalau dilihat dari desainnya yang keren, bukan nggak mungkin masker kain dari Igor ini akan diborong banyak orang.

 

 

Source: Popbella, Indozone, Masker Untuk Indonesia

 

Biar Makin Kece, Kenali Cara Tepat Pake Cufflink di Sini!

Tue, 13 April 2021
Cufflinks

Tren menggunakan cufflinks bagi pria saat mengenakan pakaian formal semakin populer nih, bro. Tapi, apa itu cufflinks? Cufflink adalah aksesoris pria yang dikenakan pada lubang lengan kemeja, baik kemeja standar ataupun double manset. Sehingga menjadi pengganjal agar lengan jas nggak menutupi lengan kemeja.

Pada awalnya, cufflinks sebenarnya adalah kancing, peniti, resleting, atau velcro (perekat). Kancing manset adalah cara bagus untuk menambahkan gaya pribadi pada setelan atau kemeja lo. Bentuknya pun beragam dan bisa bikin tampilan lo makin stand out, bro. Yuk! Simak tuntas artikel ini.

Fungsi Cufflink yang Harus Lo Tau

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Cufflinks menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh para pria. Tapi sayangnya, masih banyak pria yang belum tau kegunaan aksesori ini, apakah lo juga termasuk? Padahal aksesori kecil ini bisa sangat berguna untuk menyempurnakan gaya formal saat mengenakan setelan jas. Berikut ini beberapa fungsi dari cufflinks:

  • Mengencangkan bagian lipatan lengan

Cuff memiliki arti lipatan. Nah, lipatan yang dimaksudkan pada kemeja pria adalah yang dekat dengan pergelangan tangan. Bagian ini mungkin suka luput dari perhatian, tapi menurut para fashion expert, part ini justru penting ketika lo mengenakan setelan jas.

Dahulu orang-orang menggunakan tali atau pita untuk mengencangkan bagian lipatan tersebut. Khususnya saat mengenakan jas, lipatan tersebut harus benar-benar kencang dan pas, agar lebih proporsional dan nggak menumpuk. Nah, akhirnya para penjahit pun membuat cufflinks.

  • Membuat tampilan lebih berwibawa

Pada awalnya penggunaan cufflinks hanyalah populer di sekitaran Inggris, lalu akhirnya menyebar hingga ke Prancis. Saat itu, cufflinks menjadi simbol khusus dengan kesan bergengsi, karena hanya digunakan oleh bangsawan saat menghadiri acara kerajaan.

Hingga kini high fashion brand masih mendominasi pembuatan cufflinks. Cocok banget buat lo yang mau tampil lebih berwibawa dan bergengsi, bro.

  • Membuat lipatan terlihat rapih

Ketika mengenakan gaya formal, kerapian dari busana yang dikenakan adalah kunci. Apalagi lipatan kemeja menjadi hal yang krusial, karena lipatan ini tetap akan ditampilkan melewati bagian lengan jas. 

Pasti lo menemukan permasalahan seperti, kemeja yang kurang pas karena ukurannya nggak sesuai, meskipun udah dikancing atau kancing yang sering terbuka, sehingga membuat tampilan jas jadi lebih berantakan. Cufflinks bisa jadi solusi lo, bro. Dengan menggunakan cufflinks, bagian lipatan akan lebih rapi, dan posisinya pun akan tetap terjaga meskipun lo banyak bergerak.

Cara Tepat Pake Cufflinks

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Awalnya items tersebut diberi nama chain link. Sekarang pun model ini menjadi salah satu jenis cufflinks yang masih banyak diminati, meskipun udah banyak model lain yang udah dimodifikasi, mulai dari bentuk kotak, bundar, hingga bentuk yang lebih unik. Nah, kalo lo masih bingung gimana menggunakan cufflinks. Lo bisa ikuti tips di bawah ini, bro.

  • Langkah pertama adalah gunakan kemeja yang tepat. Penggunaan cufflinks biasanya dikombinasikan dengan kemeja french cuff. Kemeja ini memiliki ciri khas lengan Prancis (ganda), dengan panjang ekstra tanpa kancing dan lubang pada setiap sisinya.
  • Lalu, lipat bagian ujung lengan dekat pergelangan tangan sebanyak satu kali. Pastikan lipatan tersebut rapi dan sama kiri dan kanan, bro.
  • Sejajarkan lubang untuk cufflinks. Ini harus lo perhatikan betul penempatannya
  • Masukkan kancing manset dan atur posisi hingga seaman mungkin. Ingat bagian cufflinks yang memiliki dekorasi (bandul dan sebagainya), harus menghadap keluar. Kunci posisi tersebut dengan pengait yang ada pada cufflinks.

Well, sekarang lo udah tau kan gimana cara menggunakan cufflink, biar penampilan lo tetap keren saat bergaya formal. Tapi tenang aja, penggunaan cufflinks nggak cuma sebatas untuk acara formal, bro. Lo juga bisa menggunakannya untuk momen lain. Tinggal sesuaikan aja dengan model cufflinks yang lo pilih. Apakah kancing manset ini udah masuk ke dalam aksesoris lo, bro?

 

Feautred image - hotdrops.com