7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren - MLDSPOT
  • Fashion
  • 7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren

7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren

Tue, 15 August 2017
cara memasang dasi kantor

Ada lebih dari satu cara memasang dasi kantor untuk dapatkan penampilan sesuai dengan kebutuhan lo, Penasaran? Baca artikel ini sampai habis. Pada tahun 1600-an, tentara Perancis membuat terobosan baru untuk membedakan mana tentara dengan pangkat tinggi dan pangkat rendah. Cara membedakannya adalah tentara dengan pangkat tinggi ini adalah dengan memakai dasi.

Walaupun dasi ketika itu masih terlihat seperti kain yang hanya dililitkan, tahun 1800-an sampai 1900-an dasi adalah lambang sebuah supremasi sebuah manusia. Dan pada kenyataannya sekitar tahun 80-an dan 90-an dasi nggak lagi populer, di tahun 2016 ini dasi malah menjadi salah satu perangkat wajib untuk bepergian.

Kalau Urbaners biasanya melihat di televisi atau berita, banyak sekali orang yang memakai dasi ketika berada di acara resmi, pada dasarnya tidak salah. Tetapi sekarang lo akan melihat banyak sekali orang yang memakai dasi ketika bepergian, walaupun hanya sekedar untuk hangout. Dasi akan sangat pas dengan pakaian ketika lo memilih model dasi dan warna baju yang cocok.

Salah satu warna baju yang cocok dipadukan dengan dasi adalah kemeja kotak-kotak. Khususnya dasi kupu-kupu, dengan sentuhan simpel akan terlihat dewasa dan berwibawa ketika memakai dasi. Selain itu untuk dasi model panjang, lo bisa menggabungkan dengan memakai kemeja polos dan setelan jas yang keren.

Tahun 2010 ini dasi sudah mulai digandrungi, banyak orang kemudian mencoba peruntungan dalam hal gaya pakaian dengan memakai dasi. Dasi adalah salah satu alat yang bisa ngebuat Urbaners terlihat keren dan sebaliknya lo bisa terlihat seperti orang konyol. Dasi yang terlalu lebar akan membuat terlihat kecil dan begitu juga sebaliknya. Jadi alangkah baiknya lo berkonsultasi dan melihat jenis dasi sebelum membeli.

Referensi dasi sekarang sangat banyak, dan hampir di setiap toko pakaian pasti menjual dasi. Jadi lo bisa mencoba segala macam dasi, mulai dari dasi wool, dasi kupu-kupu, dasi polos, motif dot dan sebagainya. Ketika lo sudah menemukan dasi yang cocok, akan lebih mudah untuk menentukan jenis dasi yang cocok.

 

Beberapa Cara Memasang Dasi Kantor yang Wajib Lo Tahu!

Nah, kalau lo tertarik menggunakan dasi tapi tidak paham cara memasangnya, berikut ada 7 cara memasang dasi yang benar yang bisa lo ikuti untuk mendukung berbagai penampilan lo. 

 

Four In Hand Knot

Four In Hand Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memasang dasi yang pertama ini merupakan cara yang paling umum digunakan banyak orang. Cara ini tergolong cara yang mudah karena hanya terdapat tujuh langkah dalam prosesnya. Selain itu, cara ini akan menghasilkan simpul yang kecil dan tidak merata pada bagian atasnya.

 

Nicky Knot

Cara Nicky Knot merupakan cara memakai dasi yang pada dasarnya belum digunakan banyak orang. Cara ini akan menghasilkan bagian atas yang tidak rata namun miring dan berukuran medium. Prosesnya sendiri tidak terlalu sulit, sehingga lo bisa belajar dengan cukup cepat untuk melakukan cara ini.

 

Oriental Knot

Oriental Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini juga merupakan cara yang sangat umum digunakan. Cara ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang baru pertama menggunakan dasi. Cara ini sendiri memiliki proses yang mudah dengan bagian atas yang miring.

 

Balthus Knot

Cara ini dipopulerkan oleh Balthasar Klossowski de Rola yang merupakan seorang seniman Polandia-Paris yang hidup pada tahun 1908 - 2001. Hasil yang akan lo dapatkan dengan menggunakan cara memakai dasi ini adalah bentuk yang besar dan tebal karena banyak pengulangan pada prosesnya, serta akan lebih pendek. Cara ini sendiri tidak termasuk dalam cara yang mudah.

 

Eldredge Knot

Eldredge Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memasang dasi dengan Eldgredge ini merupakan cara yang rumit dan membutuhkan kesabaran dalam melakukannya. Cara yang diciptakan oleh Jeffrey Eldredge di tahun 2007 dan populer setahun setelah itu, menghasilkan simpul yang indah dan cukup tebal karen banyaknya langkah yang harus dilakukan.

 

Van Wijk Knot

Van Wijk Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini pada dasarnya tidak serumit Eldredge Knot. Cara ini akan menghasilkan ikatan dasi yang panjang dan berbentuk silinder, dengan gaya yang cukup menarik. Cara ini menjadi populer dan dikenal di masyarakat karena banyak digunakan oleh Pangeran Albert.

 

Trinity Knot

Trinity Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini menempatkan bagian dasi kecil sebagai bagian yang aktif, sedangkan bagian besarnya pasif. Prosesnya hampir sama dengan Eldredge Knot, namun hasil akhirnya menghasilkan simpul yang menarik.

 

Cara Memasang Dasi Kupu-Kupu

Cara Memasang Dasi Kupu-Kupu

Selain jenis dasi yang panjang yang umum digunakan, ada pula dasi kupu-kupu yang biasa digunakan untuk beragam acara. Dasi ini terbilang cukup unik karena bentuknya saat digunakan menyerupai kupu-kupu. Dasi kupu-kupu memiliki cara pemasangan yang agak berbeda dengan jenis dasi panjang. Untuk itu, lo perlu tahu cara memasangnya yang benar. Berikut adalah cara memasang dasi kupu-kupu yang bisa lo gunakan untuk beragam tampilan baik acara resmi maupun santai.

  • Kalungkan dasi kupu-kupu di bawah kerah kemeja lo dan buatlah bagian kanan dasi tersebut lebih panjang dari bagian kiri.

  • Silangkan bagian dari yang lebih panjang di atas bagian yang pendek. Silangkan bagian tersebut dekat dengan leher lo agar ikatan dasi bisa cukup lebar.

  • Ikat ujung yang lebih panjang ke dalam bagian yang lebih pendek hingga membentuk simpul.

  • Tarik ujung yang lebih panjang ke bagian yang lebih pendek, lalu lipat ke arah kanan. Tahan lipatan tersebut, karena akan menjadi ikatan paling depan dari dasi kupu-kupu lo.

  • Masukan ujung dasi yang dilipat ke bagian depan.

  • Pegang sisi kanan dan kiri dari bagian yang dilipat secara horisontal, lalu tarik secara bersamaan.

  • Sumpal bagian tengah juntaian pada simpul yang lo buat di langkah ketiga.

  • Tarik sisi berlawanan dasi kupu-kupu secara bersamaan untuk mengetatkan dan ulangi langkah ini sampai lo merasa nyaman digunakan.

Cara memasang dasi yang benar yang bisa kamu lakukan untuk mendukung gaya kamu dalam berpakaian dalam berbagai momen dengan tambahan dasi. Kamu bisa melakukan cara-cara tersebut secara bergantian untuk mendukung penampilan kamu, khususnya untuk kerja. Tentu saja, dengan cara memakai dasi kantor yang bervariasi, penampilan kamu akan menjadi dinamis dan menarik.

 

Sources:
segiempat.com/tips-dan-cara/fashion/cara-memakai-dasi/
sijai.com/cara-memakai-dasi/
restartyourstyle.com/870/how-to-tie-a-tie-easy/
esquire.com/style/advice/a25665/how-to-tie-a-tie-easy/
realmenrealstyle.com/how-to-tie-necktie-chart/

 

Mix & Match Kemeja Sehari-hari Lo Dengan Cara Ini!

Fri, 22 January 2021
Nggak selalu formal, ini yang bisa lo lakuin dengan kemeja lo. Simak selengkapnya disini!

Kemeja terkenal jadi pakaian andalan lo setiap mau pergi ke tempat atau occasion formal. Kalau ke kantor pun pasti masih banyak di antara lo yang diharuskan menggunakan kemeja setiap harinya.

Untuk ngantor dengan kemeja pasti lo merasa bosan dan fashion lo monoton karena gitu-gitu aja. Biar fashion lo nggak monoton, lebih baik lo kenali dulu jenis-jenis kemeja yang bisa lo pake.

Di artikel ini, lo akan menemukan beragam jenis kemeja yang bisa jadi referensi biar lo tetap keliatan stand out dimanapun lo berada. Simak artikel ini sampai habis buat tau jenis kemeja apa aja yang bisa lo pake ya, bro!

The OG – Kemeja Formal

Nggak selalu formal, ini yang bisa lo lakuin dengan kemeja lo. Simak selengkapnya disini!

Credit image – Every Pixel

Jenis kemeja ini udah pasti lo ketahui dan biasa lo gunakan sehari-hari buat ngantor. Jenis kemeja ini emang identik banget dengan kegiatan yang formal – seperti ngantor, meeting, atau pertemuan-pertemuan penting.

Dari kemeja ini juga ada beragam jenisnya. Umumnya, lo menggunakan kemeja formal dengan kerah runcing dan cutaway. Kemeja formal emang didesain sedemikian rupa biar ketika lo pake baju ini nggak mudah kusut – nggak lucu kan kalau lo pake ini di pertemuan penting tapi tiba-tiba kusut?

Biar tetap keliatan classy, lo bisa mengkombinasikannya dengan dasi– pilih dengan yang sesuai dengan lo, caranya disini– dan sepatu pantofel. Emang ini udah template sih kalau lo pakai kemeja formal, tapi kalau lo bisa memasangkannya dengan dasi yang cocok, lo nggak bakal terlihat membosankan deh!

Si Kerah Belakang, Kemeja Oxford

Nggak selalu formal, ini yang bisa lo lakuin dengan kemeja lo. Simak selengkapnya disini!

Credit image - Improb

Dari namanya, kemeja ini memang sedikit unik. Sebetulnya oxford adalah jenis bahan dari kain yang dibuat untuk kemeja ini. Ketika melihat gambarnya, pasti lo juga nggak asing dengan kemeja ini.

Ternyata, kemeja berbahan dasar katun ini juga nggak kalah terkenalnya dengan kemeja formal – bahkan sudah dipakai selama 100 tahun, bro!

Tekstur dari kain kemeja ini cukup tebal dengan model kerah yang sedikit menggantung ke belakang. Berbeda dengan kemeja formal, kemeja yang satu ini punya kerah yang membuat lo terlihat kasual saat memakainya. Untuk acara semi-formal, kemeja yang satu ini cocok banget untuk lo gunakan.

Kemeja Anti Gerah, Linen

Nggak selalu formal, ini yang bisa lo lakuin dengan kemeja lo. Simak selengkapnya disini!

Credit image – Style Lover

Meskipun kemeja oxford berbahan katun – alias bikin lo nggak gampang gerah, kalo kemeja yang satu ini lebih bikin lo merasa sejuk lagi, kemeja linen!

Kemeja dengan bahan linen ini cocok banget buat lo yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Teksturnya yang berpori dan ringan, dijamin lo bakal merasa sejuk dan nggak bakalan kegerahan karena keringet.

Kemeja ini juga lebih banyak variasi warna, kalau lo suka fashion yang memainkan warna dan tampil colorful, kemeja yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan lo untuk tampil kasual.

Kemeja yang Fleksibel, Flannel

Nggak selalu formal, ini yang bisa lo lakuin dengan kemeja lo. Simak selengkapnya disini!

Credit image – Dirty South Vintage

Pasti lo juga nggak asing lagi dengan kemeja yang satu ini. Kemeja ini emang bisa dipake kemana aja alias fleksibel banget – ke semi-formal bisa, kasual bisa, santai juga bisa.

Kemeja dengan ciri khas motif kotak-kotak dan kain yang lembut ini bakal bikin lo merasa cukup modis. Apalagi kalau lo memasangkannya dengan celana jeans – tanpa perlu mengancingkannya, lo udah keliatan kasual dan simpel tanpa harus menambahkan aksesoris lain, bro!

Setelah membaca lebih banyak mengenai kemeja, ternyata ada banyak kemeja yang bisa lo explore buat ngantor dan pergi ke acara-acara formal lainnya nih – atau bahkan lo bisa menggunakan kemeja tanpa harus datang ke acara formal. Nah dari semua yang ada di atas, mana yang jadi favorit lo, bro?

 

Feature image – Real Men Real Style