7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren - MLDSPOT
  • Fashion
  • 7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren

7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren

Tue, 15 August 2017
cara memasang dasi kantor

Ada lebih dari satu cara memasang dasi kantor untuk dapatkan penampilan sesuai dengan kebutuhan lo, Penasaran? Baca artikel ini sampai habis. Pada tahun 1600-an, tentara Perancis membuat terobosan baru untuk membedakan mana tentara dengan pangkat tinggi dan pangkat rendah. Cara membedakannya adalah tentara dengan pangkat tinggi ini adalah dengan memakai dasi.

Walaupun dasi ketika itu masih terlihat seperti kain yang hanya dililitkan, tahun 1800-an sampai 1900-an dasi adalah lambang sebuah supremasi sebuah manusia. Dan pada kenyataannya sekitar tahun 80-an dan 90-an dasi nggak lagi populer, di tahun 2016 ini dasi malah menjadi salah satu perangkat wajib untuk bepergian.

Kalau Urbaners biasanya melihat di televisi atau berita, banyak sekali orang yang memakai dasi ketika berada di acara resmi, pada dasarnya tidak salah. Tetapi sekarang lo akan melihat banyak sekali orang yang memakai dasi ketika bepergian, walaupun hanya sekedar untuk hangout. Dasi akan sangat pas dengan pakaian ketika lo memilih model dasi dan warna baju yang cocok.

Salah satu warna baju yang cocok dipadukan dengan dasi adalah kemeja kotak-kotak. Khususnya dasi kupu-kupu, dengan sentuhan simpel akan terlihat dewasa dan berwibawa ketika memakai dasi. Selain itu untuk dasi model panjang, lo bisa menggabungkan dengan memakai kemeja polos dan setelan jas yang keren.

Tahun 2010 ini dasi sudah mulai digandrungi, banyak orang kemudian mencoba peruntungan dalam hal gaya pakaian dengan memakai dasi. Dasi adalah salah satu alat yang bisa ngebuat Urbaners terlihat keren dan sebaliknya lo bisa terlihat seperti orang konyol. Dasi yang terlalu lebar akan membuat terlihat kecil dan begitu juga sebaliknya. Jadi alangkah baiknya lo berkonsultasi dan melihat jenis dasi sebelum membeli.

Referensi dasi sekarang sangat banyak, dan hampir di setiap toko pakaian pasti menjual dasi. Jadi lo bisa mencoba segala macam dasi, mulai dari dasi wool, dasi kupu-kupu, dasi polos, motif dot dan sebagainya. Ketika lo sudah menemukan dasi yang cocok, akan lebih mudah untuk menentukan jenis dasi yang cocok.

 

Beberapa Cara Memasang Dasi Kantor yang Wajib Lo Tahu!

Nah, kalau lo tertarik menggunakan dasi tapi tidak paham cara memasangnya, berikut ada 7 cara memasang dasi yang benar yang bisa lo ikuti untuk mendukung berbagai penampilan lo. 

 

Four In Hand Knot

Four In Hand Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memasang dasi yang pertama ini merupakan cara yang paling umum digunakan banyak orang. Cara ini tergolong cara yang mudah karena hanya terdapat tujuh langkah dalam prosesnya. Selain itu, cara ini akan menghasilkan simpul yang kecil dan tidak merata pada bagian atasnya.

 

Nicky Knot

Cara Nicky Knot merupakan cara memakai dasi yang pada dasarnya belum digunakan banyak orang. Cara ini akan menghasilkan bagian atas yang tidak rata namun miring dan berukuran medium. Prosesnya sendiri tidak terlalu sulit, sehingga lo bisa belajar dengan cukup cepat untuk melakukan cara ini.

 

Oriental Knot

Oriental Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini juga merupakan cara yang sangat umum digunakan. Cara ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang baru pertama menggunakan dasi. Cara ini sendiri memiliki proses yang mudah dengan bagian atas yang miring.

 

Balthus Knot

Cara ini dipopulerkan oleh Balthasar Klossowski de Rola yang merupakan seorang seniman Polandia-Paris yang hidup pada tahun 1908 - 2001. Hasil yang akan lo dapatkan dengan menggunakan cara memakai dasi ini adalah bentuk yang besar dan tebal karena banyak pengulangan pada prosesnya, serta akan lebih pendek. Cara ini sendiri tidak termasuk dalam cara yang mudah.

 

Eldredge Knot

Eldredge Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memasang dasi dengan Eldgredge ini merupakan cara yang rumit dan membutuhkan kesabaran dalam melakukannya. Cara yang diciptakan oleh Jeffrey Eldredge di tahun 2007 dan populer setahun setelah itu, menghasilkan simpul yang indah dan cukup tebal karen banyaknya langkah yang harus dilakukan.

 

Van Wijk Knot

Van Wijk Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini pada dasarnya tidak serumit Eldredge Knot. Cara ini akan menghasilkan ikatan dasi yang panjang dan berbentuk silinder, dengan gaya yang cukup menarik. Cara ini menjadi populer dan dikenal di masyarakat karena banyak digunakan oleh Pangeran Albert.

 

Trinity Knot

Trinity Knot - Cara memasang dasi kantor yang benar

Cara memakai dasi ini menempatkan bagian dasi kecil sebagai bagian yang aktif, sedangkan bagian besarnya pasif. Prosesnya hampir sama dengan Eldredge Knot, namun hasil akhirnya menghasilkan simpul yang menarik.

 

Cara Memasang Dasi Kupu-Kupu

Cara Memasang Dasi Kupu-Kupu

Selain jenis dasi yang panjang yang umum digunakan, ada pula dasi kupu-kupu yang biasa digunakan untuk beragam acara. Dasi ini terbilang cukup unik karena bentuknya saat digunakan menyerupai kupu-kupu. Dasi kupu-kupu memiliki cara pemasangan yang agak berbeda dengan jenis dasi panjang. Untuk itu, lo perlu tahu cara memasangnya yang benar. Berikut adalah cara memasang dasi kupu-kupu yang bisa lo gunakan untuk beragam tampilan baik acara resmi maupun santai.

  • Kalungkan dasi kupu-kupu di bawah kerah kemeja lo dan buatlah bagian kanan dasi tersebut lebih panjang dari bagian kiri.

  • Silangkan bagian dari yang lebih panjang di atas bagian yang pendek. Silangkan bagian tersebut dekat dengan leher lo agar ikatan dasi bisa cukup lebar.

  • Ikat ujung yang lebih panjang ke dalam bagian yang lebih pendek hingga membentuk simpul.

  • Tarik ujung yang lebih panjang ke bagian yang lebih pendek, lalu lipat ke arah kanan. Tahan lipatan tersebut, karena akan menjadi ikatan paling depan dari dasi kupu-kupu lo.

  • Masukan ujung dasi yang dilipat ke bagian depan.

  • Pegang sisi kanan dan kiri dari bagian yang dilipat secara horisontal, lalu tarik secara bersamaan.

  • Sumpal bagian tengah juntaian pada simpul yang lo buat di langkah ketiga.

  • Tarik sisi berlawanan dasi kupu-kupu secara bersamaan untuk mengetatkan dan ulangi langkah ini sampai lo merasa nyaman digunakan.

Cara memasang dasi yang benar yang bisa kamu lakukan untuk mendukung gaya kamu dalam berpakaian dalam berbagai momen dengan tambahan dasi. Kamu bisa melakukan cara-cara tersebut secara bergantian untuk mendukung penampilan kamu, khususnya untuk kerja. Tentu saja, dengan cara memakai dasi kantor yang bervariasi, penampilan kamu akan menjadi dinamis dan menarik.

 

Sources:
segiempat.com/tips-dan-cara/fashion/cara-memakai-dasi/
sijai.com/cara-memakai-dasi/
restartyourstyle.com/870/how-to-tie-a-tie-easy/
esquire.com/style/advice/a25665/how-to-tie-a-tie-easy/
realmenrealstyle.com/how-to-tie-necktie-chart/

 

Outfit Makin Standout dengan Trench Coat: Ini 4 Cara Matching-in Paling Tepat!

Mon, 12 April 2021
Trench Coat

Semua outfit yang dipilih nggak semuanya bisa cocok dengan kegiatan atau tempat yang akan didatangi. Pastinya lo harus menyesuaikan pakaian sesuai dengan acara yang akan didatangi. Nggak bisa dipungkiri kalo berpakaian menarik udah jadi hal yang penting – buat diri sendiri dan juga orang lain yang melihat.

Untuk pakaian yang biasa digunakan buat acara-acara yang cenderung formal, selain kemeja – apakah ada baju andalan yang biasa lo gunakan? Kalo belum ada, di artikel ini gue akan memperkenalkan lo dengan Trench Coat!

Sering dianggap sama dengan blazer, ternyata jenis pakaian yang satu ini punya perbedaan yang cukup mencolok. Biar tau bedanya dan cara pake trench coat yang sesuai dengan acara yang akan lo datangi, langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah ini, bro!

Trench Coat: Ternyata Pakaiannya Para Pengawal!

Sebelum menjadi pakaian yang sekarang dianggap formal dan sering dijadikan pengganti blazer sendiri, awalnya trench coat digunakan khusus pengawal kerajaan Inggris pada Perang Dunia I. Lama kelamaan, akhirnya trench coat menjadi hal yang populer di masyarakat. 100 tahun lalu berlalu, ternyata trench coat masih banyak diminati loh!

Lama kelamaan, trench coat jadi pakaian yang dianggap all-in-one, karena selain fungsional – trench coat juga bikin lo terlihat maskulin dan fashionable di waktu yang bersamaan. Selain itu, trench coat bikin juga dianggap sebagai pakaian yang lebih ringan dari blazer untuk digunakan di waktu-waktu tertentu.

Nggak cuma esensial untuk acara aja, trench coat juga bisa jadi pakaian yang lo pake di musim-musim tertentu di negara barat sana, bro!

Trench Coat sebagai Outfit Formal

Dengan modelnya yang mirip blazer, nggak bisa dipungkiri kalo pakaian yang satu ini sering dianggap sebagai pakaian outfit yang formal. Nggak salah juga kalo lo memang menganggap trench coat sebagai alternatif dari blazer!

Biar pakaian formal lo terlihat lebih stand out, pasangkan trench coat dengan kemeja formal yang biasa lo gunakan untuk inner dari blazer. Jangan lupa untuk memasangkannya dengan sepatu kulit kesayangan lo ya, bro!

Trench Coat Buat Ngantor: Why Not?

Trench Coat

Credit image – Clifford James

Bosen sama outfit ngantor yang gitu-gitu aja? Coba pake trench coat ke kantor deh, bro, pasti lo bakal keliatan kece banget!

Terlebih untuk lo yang emang bekerja di ranah yang cukup formal dan sering meeting ataupun ketemu klien – pasti lo akan keliatan lebih berwibawa. Dengan memasangkan outfit ngantor lo dengan trench coat, lo bisa menggabungkannya dengan business casual.

Trench coat buat ngantor bisa lo pasangkan dengan kemeja, ataupun dengan kaos polos – tapi juga harus disesuaikan dengan celana yang lo gunakan, seperti chinos atau mungkin celana bahan sejenis. Dengan inner yang nggak harus formal, pake trench coat lo bisa keliatan lebih sopan!

Coba Pasang Belt, Bro!

Trench Coat

Credit image – He Spoke Style

Memasangkan pakaian yang lo punya dengan trench coat emang udah jadi hal yang biasa. Ibaratnya lo cuma menambahkan trench coat sebagai outer dari outfit yang lo gunakan. Tapi kalo lo nggak mau keliatan monoton, coba pasangkan trench coat sebagai outer yang dipakein belt diluarnya, bro!

Pasti lo nggak asing dengan penampilan trench coat menggunakan belt, kalo lo suka nonton film, outfit kayak gini udah lazim digunakan.

Caranya pun gampang banget, tinggal sambungkan sisi trench coat, lalu tinggal gunakan belt diluarnya. Untuk menambah kesan kece, lo bisa membawa pouch bag sebagai aksesoris dan juga menggunakan sepatu loafers.

Tampil Sporty dengan Trench Coat

Trench Coat

Credit image – Urban Men Outfit

Kata siapa pake trench coat bikin lo terlihat formal terus? Ternyata, trench coat juga bisa jadi outfit sporty, bro!

Caranya adalah dengan menggunakan trench coat sebagai outer tapi lo bisa menggunakan inner yang santai. Seperti kaos dengan skinny jeans dan dipadukan dengan sneakers. Dengan inner yang santai ini, lo bisa terlihat sporty dengan trench coat!

Selain skinny jeans – lo juga bisa menggabungkannya dengan jogger pants dan cuffed ham sebagai inner-nya. Dengan berpenampilan kayak gini, penampilan lo pasti bakal lebih stand out walau cuma nongkrong doang!

Melihat perkembangan trench coat yang awalnya jadi pakaian formal untuk para pengawal dan sekarang bisa lo mix & match sesuai dengan kebutuhan rasanya seru banget ya, bro? Kalo lo terinspirasi untuk bikin look dari trench coat ini, jangan lupa buat tag @MLDSPOT di sosial media sebagai sumber inspirasi berpakaian lo, ya!

 

Feature image – Photodune