Home Fashion Cara Menjaga Lingkungan dalam Hal Fashion
Cara Menjaga Lingkungan dalam Hal Fashion

Cara Menjaga Lingkungan dalam Hal Fashion

Tuesday, January 15, 2019 - 16:11
Bagikan
Facebook Twitter Email

Isu lingkungan sampai sekarang jadi bahan perbincangan hangat dan isu utama di berbagai negara. Dampak buruk dari kerusakan lingkungan terlihat mengerikan. Namun, lo nggak perlu khawatir selama bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Ada banyak cara buat menjaga kelestarian lingkungan ini, salah satunya melalui fashion. Gimana caranya?  Lo bisa simak ulasan di bawah ini.

 

Permak Kembali Pakaian Lama

Permak Kembali Pakaian Lama

Dalam dunia fashion menggunakan kembali pakaian lama dan dimodifikasi menjadi bentuk yang unik biasa dikenal dengan istilah vintage. Vintage ini ternyata nggak melulu soal gaya Urbaners, dengan menggunakan pakaian atau produk fashion vintage ini berarti lo juga ikut serta dalam menjaga lingkungan.

Secara nggak langsung lo ikut mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dengan cara tidak membeli pakaian baru kalau memang nggak benar-benar butuh. Dengan cara ini lo sekaligus bisa mengurangi keberadaan sampah tekstil yang kian hari makin menumpuk. Kalau baju atau pakaian lama lo masih bisa dipermak ulang dan dipakai kembali, kenapa nggak?

 

Pilih Pakaian yang Berbahan Ramah Lingkungan

Bijak dalam Memilih Pakaian Berbahan Denim

Cara yang paling mudah adalah lo bisa memilih pakaian yang berbahan dasar ramah lingkungan. Seperti apa sih ciri-ciri pakaian yang berbahan dasar ramah lingkungan? Pertama, lo bisa memilih bahan yang terbuat dari katun organik yang aman bagi petani, pekerja garmen dan diri lo sendiri. Kedua, pastikan fashion itu animal free alias nggak menggunakan pengujian hewan, dan tanpa menggunakan jaringan kulit hewan semisal bulu.

Cara ketiga adalah carilah pakaian yang bisa di daur ulang untuk diciptakan dengan kreasi baru. Satu hal yang paling penting Urbaners, lo bisa memilah mana fashion terbaik dengan yang menggunakan bahan kimia tidak berbahaya.

 

Bijak dalam Memilih Pakaian Berbahan Denim

Pilih Pakaian yang Berbahan Ramah Lingkungan

Buat lo pencinta fashion dengan bahan dari denim atau jins, sebaiknya perlu bijak dalam memilih Urbaners. Kebanyakan, produk-produk fashion menggunakan bahan berupa bubuk indigo. Bubuk indigo merupakan pewarna dari senyawa organik berwarna biru yang biasa digunakan untuk bahan pewarna jins. Penggunaan bubuk indigo sendiri menjadi isu yang mengemuka.

Hal tersebut dikarenakan beberapa industri garmen di Cina menggunakan bubuk tersebut dalam jumlah banyak dan ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Semakin lo membeli fashion berbahan dasar denim, ini sama halnya dengan menambah kerusakan alam dalam derajat tertentu. Maka dari itu, pilih fashion berbahan dasar denim secara bijak dan cari tahu tentang brand jins ramah lingkungan itu sangat penting.

Gimana Urbaners, mudah kan cara menjaga lingkungan lewat fashion yang kita pakai sehari-hari? Kini saatnya lo lakukan langkah kecil di atas untuk menyelamatkan bumi ini.

 

 

Source: Kompas.com, Fashionbeans