Home Fashion Google Beli Paten Smartwatch Fossil 40 Juta Dolar
Google Beli Paten Smartwatch Fossil 40 Juta Dolar

Google Beli Paten Smartwatch Fossil 40 Juta Dolar

Tuesday, January 22, 2019 - 10:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Baru-baru ini Google kembali mengumumkan kabar mengejutkan. Perusahaan mesin pencari tersebut membeli paten dari smartwatch Fossil seharga 40 juta dolar atau setara dengan 567 miliar rupiah. Meski kedua perusahaan nggak secara rinci menyebutkan fitur dan teknologi apa yang dibeli, namun akuisisi tersebut berpotensi meningkatkan penjualan dan penggunaan smartwatch di masa mendatang. Penasaran gimana sama kerja sama dua perusahaan besar ini? Lo bisa baca ulasan ini sampai habis.

 

Usung Smartwatch dengan Fitur Canggih

Usung Smartwatch dengan Fitur Canggih

Fossil memang fokus pada smartwatch dengan teknologi terbaru yang terus dikembangkan. Lo bisa melihat salah satunya dalam smartwatch Fossil terbaru yang rilis pada November lalu yakni Fossil Sport. Keunggulannya adalah memiliki mesin chip wearable 3100 yang diklaim mampu membuatnya lebih hemat baterai.

Nggak cuma itu saja Urbaners, baik Google dan Fossil sendiri di tahun lalu meluncurkan fitur Google Fit. Di dalam fitur tersebut terdapat Move Minutes dan Heart Point. Keduanya bahkan direkomendasikan langsung oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Asosiasi Jantung Amerika (WHO). Move Minutes bisa menghitung setiap aktivitas fisik di tiap menit, sementara untuk Heart Points ini bisa memberikan poin bagi para penggunanya saat melakukan aktivitas fisik.

 

Menjaring Target Pasar yang Potensial

Menjaring Target Pasar yang Potensial

Alasan mengapa Fossil menjual hak paten tersebut kepada Google memang masih belum pasti. Namun, hal yang paling mendasar adalah berkaitan dengan target pasar. Stacey Burr selaku President of Product Management Wear OS seperti dilansir dari Engadget, mengatakan jika Fossil ingin serius dalam industri wearable atau gadget yang dipakai di tubuh.

Google sendiri sebelumnya merasa tertarik pada teknologi smartwatch Fossil setelah sebelumnya mereka mengakuisisi Misfit seharga 260 juta dolar di tahun 2015 lalu. Setelah akuisisi Fossil dengan Google, sebagian tim penelitian dari Fossil juga akan bergabung dengan Google. Meski begitu, Fossil sendiri masih mempertahankan sekitar lebih dari 200 anggota tim tersebut untuk fokus dalam pengembangan produknya di masa depan.

Hal itu juga disampaikan oleh Greg McKelvey selaku Executive VP and Chief Strategy and Digital Officer Fossil Group.  Ucapan Greg tersebut bukan isapan jempol belaka, seperti dilansir Reuters. Kabar penjualan paten ini bahkan membuat saham Fossil mampu meroket hingga menembus angka 11 persen. Menurutnya, Fossil akan terus membuka kunci pelopor produk wearable berinovasi canggih dan terkini bersama dengan Google. Tertarik memiliki smartwatch ini Urbaners?

 

 

Source: Engagdget, Kompas.com