Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa? - MLDSPOT
  • Fashion
  • Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Fri, 18 January 2019
Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Saat dituntut untuk mengenakan setelan hitam menggunakan jas, tak jarang muncul pertanyaan: Jas hitam cocok dengan kemeja apa? Nah, jika lo pernah dibuat pusing tujuh keliling karena hal tersebut, simak selengkapnya berikut ini.

 

Aturan memakai jas hitam bagi pria

Setiap busana yang dikenakan oleh entah itu pria maupun wanita, ada aturan-aturan tersendiri yang menjaga agar penampilan terlihat sesuai sebagaimana mestinya. Jika dilanggar, tak jarang hasilnya jadi mismatch dan mengacaukan penampilan secara keseluruhan. Untuk menghindari hal tersebut, ini aturan memakai jas hitam yang harus lo ketahui.

  • Pastikan jas hitam hanya untuk acara penting non-reguler

    Jas hitam dikenakan untuk acara-acara tentu yang tidak muncul secara rutin seperti pernikahan atau pemakaman. Hal ini karena jas hitam menghadirkan kesan yang sangat formal dan kaku. Jangan gunakan jas hitam untuk kebutuhan sehari-hari seperti kerja atau pertemuan bisnis. Jika suka warna gelap, pilih abu-abu gelap atau navy blue.

  •  Pilih model sesuai bentuk tubuh

    Jas hitam tersedia dalam berbagai model. Urbaners perlu banget memilih model jas yang sesuai dengan bentuk tubuh agar terlihat matching. Untuk tubuh kurus, jas dengan double vent dan saku flap cocok karena menimbulkan kesan badan lebih besar. Jika tubuh berotot, jas simpel berpotongan slimfit dengan single vent adalah pilihan terbaiknya.

  • Padukan dengan bawahan yang tepat

    Tepat di sini artinya bawahan harus mampu mengimbangi jas hitam yang Urbaners kenakan. Tentunya, warna bawahan harus sama hitam agar cocok. Selain itu, pastikan ukuran yang dipilih sama agar jas dan bawahan tidak terlihat asimetris. Ingat juga bahwa ujung celana bawahan yang dikenakan harus jatuh tepat di bagian atas sepatu. Ini akan membuat penampilan terlihat fashionable.

  •  Pilih jenis kemeja yang simpel dan tipis

    Pada dasarnya, jas didesain untuk membuat pria terlihat gagah. Jadi, nggak banget kalau kemeja di balik jas punya karakteristik tebal dan dari bahan yang panas. Pilih kemeja yang tipis dan sejuk. Akan jadi masalah kalau Urbaners kepanasan dan terus-menerus berkeringat saat mengenakan jas.

    Tips lain untuk menghindari keringat agar tidak membasahi kemeja dan jas adalah dengan menggunakan kaos dalam. Kaos dalam membantu mencegah keringat menempel pada kemeja dan menembus hingga ke jas hitam.

  •  Pilih warna kemeja yang tepat

    Soal warna, sebenarnya jas hitam cocok untuk dipadukan dengan hampir semua warna. Namun, perhatikan lagi acara yang hendak dihadiri. Untuk acara seperti pemakanan, yang terbaik adalah kemeja warna putih.

  • Warna dasi harus lebih gelap dari warna kemeja

    Tak peduli apa warna kemeja yang Urbaners kenakan, warna dasi yang dipakai harus lebih gelap dari itu. Jika kemeja berwarna terang atau bahkan putih, dasi warna gelap apapun bisa terlihat cocok dan elegan.

  • Jangan menggunakan sneakers saat pakai jas hitam

    Sudah jelas, sneakers dan jas hitam tak akan pernah cocok. Sneakers yang memperkuat kesan santai akan bertabrakan dengan jas yang menegaskan kesan formal.

  • Pakai sepatu warna hitam

    Umumnya, sepatu formal pria berwarna hitam atau cokelat. Jas hitam dengan bawahan hitam paling pas dengan sepatu warna hitam. Sepatu warna cokelat hanya cocok dipadukan dengan setelan cokelat, dark blue, dan abu-abu muda. Kalau Urbaners ingin bereksperimen dengan sepatu warna selain hitam saat mengenakan jas hitam, usahakan tidak terlalu terang agar tampilan tetap fashionable dari ujung kepala hingga ujung kaki.

 

Source:
hipwee.com/tips/belajar-cara-mengenakan-setelan-jas-yang-benar-yuk/
jurnal.maskoolin.com/jurnal/fashion/fashion-advice/15-cara-menggunakan-setelan-jas-setiap-pria-harus-mengetahuinya/
busana-pria.com/jas-pria-2/jas-pria-dan-padu-padan-setelannya
caramemakaidasi.com/mengkombinasikan-warna-jas-kemeja-dan-dasi
male.co.id/detail/3025/mix-and-match-tampil-elegan-dengan-jas-formal-men-scope-1

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Buat Lo Dalam Memilih Dasi Sesuai Dengan Outfit Lo!

Thu, 14 January 2021
Ternyata salah, ini yang harus lo lakuin biar dasi dan jas lo bisa senada!

Pasti lo punya pakaian masing-masing yang pastinya lo gunakan berbeda-beda di setiap kesempatan yang akan lo hadiri. Nggak mungkin dong – lo ke pantai tapi pake baju yang biasa lo pake kalau lagi naik gunung.

Pakaian yang paling identik untuk setiap kegiatan formal pastinya adalah sepasang jas – yang tentunya nggak lupa dengan sentuhan dasi biar terlihat lebih rapi. Bagian terakhir dalam memilih dasi ini seringkali disepelekan nih – akhirnya, jas dan dasi jadi nggak sepadan dan merusak penampilan lo, bro!

Ternyata dalam memilih dasi ada budaya yang salah nih, bro. Dalam memilih dasi, seharusnya lo menerapkan prinsip untuk menyamakan dasi dengan pakaian, bukan malah sebaliknya – hal inilah yang bikin penampilan lo kurang all out meskipun udah pakai dasi di dalam jas lo.

Biar nggak salah pilih, sepertinya lo harus memahami tipe dasi yang sesuai dengan jas lo punya, bro. Untuk lebih tau dasi apa yang cocok untuk jas lo, stay tune di artikel ini ya, bro!

Memadukan Dasi Bermotif

Sebelum mencari pasangan yang sesuai antara dasi dengan jas, yang harus lo ingat adalah mindset kalo lo harus memilih dasi dulu sebelum memilih pakaian lo.

Yang pertama adalah memilih jas dan kemeja yang sesuai dengan dasi bermotif. Kalau salah satu elemen yang lo gunakan sudah bermotif, ada baiknya lo menggunakan pasangan lain yang polos agar lebih menyesuaikan – dan nggak terkesan terlalu rame, bro!

Dasi Bergaris Dengan Warna Pastel? Why Not?

Ternyata salah, ini yang harus lo lakuin biar dasi dan jas lo bisa senada!

Credit image - Ties

Salah satu yang jadi motif andalan pada dasi ialah dasi dengan motif bergaris. Dasi dengan motif bergaris ini sebenarnya cocok dipake dengan warna-warna yang nggak terlalu mentereng alias warna pastel.

Kalau lo memadupadankan kemeja dan jas pastel lo dengan kemeja bergaris dengan warna senada, lo akan terlihat lebih cheerful namun tetap casual. Look yang pas buat lo datang ke acara yang semi-outdoor, bro!

Pastinya kalau menggabungkan warna-warna terang ini lo harus memperhatikan juga – color blocking memang keren, tapi kalau dipadukan dengan jas, kemeja, dan dasi, sepertinya hal ini kurang pas.

Kemeja Gelap dengan Dasi Terang

Ternyata salah, ini yang harus lo lakuin biar dasi dan jas lo bisa senada!

Credit image - artworth

Sepertinya nggak semua orang memiliki preferensi fashion dengan menggunakan warna yang terang. Untuk menyeimbangkan, sepertinya lo bisa memadupadankan warna terang dan gelap ke dalam satu outfit lo.

Dengan menggunakan jas dan kemera berwarna gelap seperti hitam, abu-abu, atau biru navy, bakal lebih cocok kalau lo menggunakan warna terang dengan dasi yang polos. Dasi polos dengan warna terang ini akan menimbulkan kesan yang elegan.

Kalau lo memiliki dasi yang bermotif garis – atau dasi dengan motif yang nggak rame, ini juga bisa jadi alternatif untuk menggunakan warna yang bisa menghidupkan fashion lo dalam menggunakan jas dan kemeja.

Memadukan antara warna dan pattern sebetulnya memang jadi seni dalam berpakaian. Tapi sebenarnya – kunci dari bagusnya pakaian yang lo pakai adalah kepercayaan diri lo sendiri, bro.

Jadi, sebagus apapun warna, motif, dan pakaian lo – tetap harus tampil all out dengan kepercayaan diri lo, ya!

 

Feature image - vox