• Fashion
  • Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Fri, 18 January 2019
Padu Padan Jas: Jas Hitam Cocok dengan Kemeja Apa?

Saat dituntut untuk mengenakan setelan hitam menggunakan jas, tak jarang muncul pertanyaan: Jas hitam cocok dengan kemeja apa? Nah, jika lo pernah dibuat pusing tujuh keliling karena hal tersebut, simak selengkapnya berikut ini.

 

Aturan memakai jas hitam bagi pria

Setiap busana yang dikenakan oleh entah itu pria maupun wanita, ada aturan-aturan tersendiri yang menjaga agar penampilan terlihat sesuai sebagaimana mestinya. Jika dilanggar, tak jarang hasilnya jadi mismatch dan mengacaukan penampilan secara keseluruhan. Untuk menghindari hal tersebut, ini aturan memakai jas hitam yang harus lo ketahui.

  • Pastikan jas hitam hanya untuk acara penting non-reguler

    Jas hitam dikenakan untuk acara-acara tentu yang tidak muncul secara rutin seperti pernikahan atau pemakaman. Hal ini karena jas hitam menghadirkan kesan yang sangat formal dan kaku. Jangan gunakan jas hitam untuk kebutuhan sehari-hari seperti kerja atau pertemuan bisnis. Jika suka warna gelap, pilih abu-abu gelap atau navy blue.

  •  Pilih model sesuai bentuk tubuh

    Jas hitam tersedia dalam berbagai model. Urbaners perlu banget memilih model jas yang sesuai dengan bentuk tubuh agar terlihat matching. Untuk tubuh kurus, jas dengan double vent dan saku flap cocok karena menimbulkan kesan badan lebih besar. Jika tubuh berotot, jas simpel berpotongan slimfit dengan single vent adalah pilihan terbaiknya.

  • Padukan dengan bawahan yang tepat

    Tepat di sini artinya bawahan harus mampu mengimbangi jas hitam yang Urbaners kenakan. Tentunya, warna bawahan harus sama hitam agar cocok. Selain itu, pastikan ukuran yang dipilih sama agar jas dan bawahan tidak terlihat asimetris. Ingat juga bahwa ujung celana bawahan yang dikenakan harus jatuh tepat di bagian atas sepatu. Ini akan membuat penampilan terlihat fashionable.

  •  Pilih jenis kemeja yang simpel dan tipis

    Pada dasarnya, jas didesain untuk membuat pria terlihat gagah. Jadi, nggak banget kalau kemeja di balik jas punya karakteristik tebal dan dari bahan yang panas. Pilih kemeja yang tipis dan sejuk. Akan jadi masalah kalau Urbaners kepanasan dan terus-menerus berkeringat saat mengenakan jas.

    Tips lain untuk menghindari keringat agar tidak membasahi kemeja dan jas adalah dengan menggunakan kaos dalam. Kaos dalam membantu mencegah keringat menempel pada kemeja dan menembus hingga ke jas hitam.

  •  Pilih warna kemeja yang tepat

    Soal warna, sebenarnya jas hitam cocok untuk dipadukan dengan hampir semua warna. Namun, perhatikan lagi acara yang hendak dihadiri. Untuk acara seperti pemakanan, yang terbaik adalah kemeja warna putih.

  • Warna dasi harus lebih gelap dari warna kemeja

    Tak peduli apa warna kemeja yang Urbaners kenakan, warna dasi yang dipakai harus lebih gelap dari itu. Jika kemeja berwarna terang atau bahkan putih, dasi warna gelap apapun bisa terlihat cocok dan elegan.

  • Jangan menggunakan sneakers saat pakai jas hitam

    Sudah jelas, sneakers dan jas hitam tak akan pernah cocok. Sneakers yang memperkuat kesan santai akan bertabrakan dengan jas yang menegaskan kesan formal.

  • Pakai sepatu warna hitam

    Umumnya, sepatu formal pria berwarna hitam atau cokelat. Jas hitam dengan bawahan hitam paling pas dengan sepatu warna hitam. Sepatu warna cokelat hanya cocok dipadukan dengan setelan cokelat, dark blue, dan abu-abu muda. Kalau Urbaners ingin bereksperimen dengan sepatu warna selain hitam saat mengenakan jas hitam, usahakan tidak terlalu terang agar tampilan tetap fashionable dari ujung kepala hingga ujung kaki.

 

Source:
hipwee.com/tips/belajar-cara-mengenakan-setelan-jas-yang-benar-yuk/
jurnal.maskoolin.com/jurnal/fashion/fashion-advice/15-cara-menggunakan-setelan-jas-setiap-pria-harus-mengetahuinya/
busana-pria.com/jas-pria-2/jas-pria-dan-padu-padan-setelannya
caramemakaidasi.com/mengkombinasikan-warna-jas-kemeja-dan-dasi
male.co.id/detail/3025/mix-and-match-tampil-elegan-dengan-jas-formal-men-scope-1

Mix & match Hoodie Buat Penampilan Tambah Keren

Monday, February 17, 2020 - 15:32
Pria menggunakan kaos dengan tambahan layered zipper hoodie dan coat berwarna krem

Lo pasti punya hoodie yang selalu dipakai? Outerwear satu ini memang merupakan item wajib setiap pria. Meskipun terlihat cukup simple, tapi hoodie juga bisa membuat penampilan terlihat lebih fashionable. Apalagi jika lo tahu cara mix & match hoodie, tentunya bisa membuat penampilan lo lebih keren. Penasaran seperti apa caranya mix & match hoodie?

 

Layered Look

Hoodie memang menjadi salah satu item fashion yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Menggunakannya juga bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya dengan dibuat layered look. Tampilan ini selain bisa membuat penampilan lo semakin keren, tapi juga bisa membuat tubuh lebih hangat karena hoodie akan ditumpuk dengan jenis pakaian lain.

Memiliki tampilan ini cukup mudah, lo hanya perlu mix & match hoodie dengan jaket kesayanganmu. Pertama-tama kenakan hoodie dan kemudian tumpuk dengan jaket. Selain jaket, lo juga bisa menggunakan blazer atau coat sesuai dengan keinginan. Agar tampilan lo semakin keren. Jangan lupa gunakan celana yang nyaman seperti jeans. Jika ingin look yang agak formal, tailored trousers juga masih cocok dipadukan dengan fashion item ini.

Hoodie & Leather Jacket

Pria menggunakan hoodie dan leather jacket warna hitam dengan satu tangan dimasukkan ke saku celana

Baik hoodie dan leather jacket adalah fashion item yang wajib dimiliki oleh semua pria. Kedua fashion item tersebut bisa digunakan di segala event dan bisa menjadi tampilan yang keren sekaligus terlihat fashionable. Lo bisa mencoba mix & match dari hoodie dengan leather jacket kesayangan. Terdengar simple bukan, tapi perpaduan dari dua fashion item itu dijamin bisa buat penampilan lebih stand out.

Gunakan hoodie kesayanganmu, bisa yang berwarna cerah atau gelap. Kemudian pakaikan leather jacket di atasnya. Jika ingin tampilan yang lebih manly, sebaiknya gunakan leather jacket dengan warna yang lebih gelap. Sempurnakan penampilan lo dengan menggunakan sepatu jenis boots yang juga terbuat dari bahan kulit atau suede.

Oversized Hoodie & Sneakers

Pria menggunakan hoodie bertulisan essentials dengan short pants dan sneakers

Saat ini tren oversized masih cukup diminati. Lo bisa mencoba menggunakan oversized hoodie favorit lo dan mengombinasikannya dengan beragam fashion item lain. Jika ingin terlihat lebih casual, lo bisa mencoba mix & match oversized hoodie dengan sneakers kesayangan. Sneakers akan memberikan tampilan yang santai sehingga sangat cocok saat dipadukan dengan hoodie.

Oversized hoodie juga bisa dipadukan dengan short pants jika lo ingin terlihat lebih stylish. Perpaduan hoodie dengan short pants akan membuat lo terlihat lebih muda. Namun, jika lo ingin memiliki tampilan yang terlihat lebih dewasa, maka bisa mencoba mix & match hoodie dengan celana jeans biasa atau dengan jogger pants.

Itulah beberapa cara mix & match hoodie yang bisa lo coba buat menunjang penampilan agar semakin terlihat keren. Selamat mencoba!

 

Sources: fashionbeans.com, spicee.net, theidleman.com