• Fashion
  • Perbedaan Jas dan Blazer: Mana yang Harus Lo Pakai?

Perbedaan Jas dan Blazer: Mana yang Harus Lo Pakai?

Wed, 22 May 2019
Perbedaan Jas dan Blazer: Mana yang Harus Lo Pakai?

Walau jenis pakaian pria nggak sekompleks wanita, ada juga model pakaian yang mirip sehingga bisa membuat bingung. Contohnya adalah outerwear berupa jas dan blazer. Mengingat modelnya yang mirip, dua model outerwear pria ini kerap disamakan. Padahal, terdapat perbedaan jas dan blazer yang cukup signifikan. Apa saja?

 

Apa itu jas?

Apa itu jas?

Jas merupakan jenis pakaian pria yang didesain “satu paket” dengan celana panjang. Dua potong pakaian ini dibuat dari bahan yang sama sehingga menampilkan kesan yang sleek dan menghasilkan ilusi tubuh terlihat lebih tinggi. Setelan ini sebaiknya dipakai secara bersamaan untuk menciptakan tampilan yang lebih oke.

Mengenakan jas tanpa setelan celananya akan membuat penampilan lo terlihat aneh. Selain tidak matching dari segi bahan, “memotong” setelan di tengah-tengah justru membuat proporsi tubuh lo terlihat timpang. Ini karena jas biasanya didesain dengan potongan yang tajam sehingga bawahan yang tidak sesuai bakal bikin lo kelihatan lebih besar di satu sisi.

 

Lalu, blazer sendiri?

Lalu, blazer sendiri?

Blazer adalah salah satu jenis pakaian yang masuk dalam golongan outerwear. Jenis pakaian yang satu ini biasanya digunakan sebagai pelapis luar kaus atau kemeja. Beberapa bahkan mengenakan blazer sebagai penghangat saat musim dingin tiba. Selain itu, blazer ternyata nggak cuma untuk pria, tapi juga wanita perempuan, tergantung dari modelnya.

Biasanya blazer terbuat dari bahan serge (sejenis twill) atau flannel. Bahan-bahan kain seperti ini memang tergolong tebal, namun tidak terlalu panas saat dikenakan. Jadi, lo bisa pakai blazer untuk beragam acara outdoor, baik di siang maupun malam hari. Buat bawahannya, chinos atau jeans berwarna gelap adalah pilihan tepat.

 

Perbedaan jas dan blazer

Lalu, apa perbedaan jas dan blazer? Perbedaan pertama jelas terletak pada bahannya. Jas biasanya terbuat dari bahan kain yang terasa lebih kaku dan tebal. Sedangkan blazer memiliki bahan yang lebih tipis namun lembut. Untuk pembuatannya, jas dibuat dengan tiga lapisan yang menggunakan furing sehingga membuatnya tampak lebih tebal dan kokoh.

Di sini lain, pembuatan blazer juga nggak serumit jas karena hanya membutuhkan satu lapisan saja dan nggak perlu bawahan celana yang senada seperti jas. Secara struktur, blazer juga lebih loose karena bagian pundaknya tidak terlalu dibuat tajam layaknya jas. Jika dilihat secara menyeluruh, blazer jauh lebih loose dibandingkan jas.

 

Kapan waktu yang pas buat memakainya?

Biar nggak saltum, lo wajib tahu soal kapan memakai jas atau blazer. Ya, perbedaan jas dan blazer juga bisa dilihat dari cara dan waktu pemakaiannya. Jika dibandingkan, jas jauh lebih formal jika dibandingkan dengan blazer. Lo bisa mengenakan jas untuk acara-acara formal seperti menghadiri pernikahan atau acara makan malam resmi.

Sedangkan blazer, karena terbuat dari bahan yang lebih ringan dan tipis, lebih cocok untuk nuansa yang lebih santai (kasual). Lo bisa pakai blazer untuk hangout bersama teman atau acara-acara semi-formal yang diadakan di malam hari. Blazer bakal bikin tampilan lo terlihat lebih rapi dan profesional.

 

Itulah beberapa perbedaan jas dan blazer. Semoga membantu lo dalam pilah-pilih outfit untuk acara weekend nanti!

 

 

Source: Realmanrealstyle.com

5 Lini Brand Lokal Ikut Produksi Masker di Tengah Pandemi

Thu, 28 May 2020
Seorang pria memakai masker kain

Di tengah pandemi, masker jadi salah satu bagian dari apparel wajib yang harus lo kenakan saat bepergian. Karena kebutuhan masker semakin meningkat, nggak heran kalau pasar beralih pada masker kain. Bahkan, beberapa lini brand lokal pun ikut memproduksi masker kain. #MumpungLagiDirumah saja, lo perlu menyediakan masker kain untuk bepergian. Ini beberapa pilihannya.

 

Tenue de Attire

Tampilan masker kain buatan Tenue de Attire

Brand lokal Tenue de Attire juga ikut berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah dan membantu masyarakat tetap beraktivitas sambil menjaga kondisi kesehatannya. Itu sebabnya Tenue de Attire juga ikut memproduksi masker kain.

Masker kain buatan brand yang satu ini masuk ke dalam Contour collection milik mereka, identik dengan motif one-line face sketch yang terkesan artsy. Jadi, setiap pembelian kemeja Contour collection, lo berhak mendapatkan free Contour Masque. Tetapi, lo juga bisa membeli Contour Masque ini dengan harga ritel.

 

Monstore

Tampilan masker kain dari Monstore

Buat lo yang lebih suka menggunakan masker kain dengan warna-warna polos dan gelap, lo bisa coba masker kain dari brand lokal ini. Monstore memproduksi masker kain dengan pilihan warna monokrom yang cocok lo padu-padankan dengan outfit apapun saat harus keluar rumah untuk kepentingan tertentu.

Menggunakan bahan yang terbuat dari katun, lo bisa memakai masker kain buatan Monstore sampai beberapa kali. Desainnya pun nggak begitu ramai dan yang paling penting tentu saja aman serta dapat melindungi lo selama sedang beraktivitas di luar rumah.

 

Humblezing

Tampilan masker kain buatan Humblezing

Kalau biasanya lo terbiasa melihat brand Humblezing yang memadukan gaya outdoor dengan city wear, sekarang juga bisa dilihat dari produksi masker kain mereka. Berbeda dengan brand lainnya, Humblezing menjual satu set masker kain yang berisikan sebuah masker 3D, hand sanitizer spray, dan tas kecil untuk menaruh botol hand sanitizer tersebut.

 

Tentunya Humblezing tetap ingin para pelanggan mereka untuk stylish di tengah pandemi ini. Didominasi warna hitam, dijamin lo akan tetap tampil beken selama memakai masker 3D Humblezing ini. Lengkap juga dengan adjustable string dan lapisan anti dew pada masker, sehingga pemakaiannya juga lebih nyaman

 

Shining Bright

Tampilan salah satu masker kain buatan Shining Bright

Brand pakaian yang dikepalai Tarra Budiman ini ternyata juga ikut memproduksi masker kain. Nggak hanya itu, Shining Bright juga bekerja sama bersama Hari Merdeka dan skateboarder Satria Virjie untuk membentuk gerakan kemanusiaan Leap of Faith. Kolaborasi ini mencakup paket kaus, masker kain, dan stiker, setiap keuntungan yang didapat pun akan didonasikan dalam bentuk APD dan masker ke seluruh Indonesia.

Desain masker kain keluaran Shining Bright cukup simple, tetapi terlihat sangat maskulin dan keren. Dengan warna full black, lo akan merasa nyaman memakai masker kain tersebut. Lo bisa memesan masker kain ini melalui toko Shining Bright di e-Commerce atau lewat WhatsApp.

 

Okainku

Jenis motif masker kain keluaran brand Okainku dengan warna biru, merah, dan hitam

Brand lokal terakhir yang juga mengambil kesempatan untuk ikut berkontribusi memproduksi masker kain adalah Okainku. Lo bisa beli masker kain Okainku dari store mereka langsung dengan pemesanan online atau lewat beberapa aplikasi e-Commerce. Motif serta desain yang dimiliki masker kain Okainku ini Indonesia banget, Bro.

Dengan lo membeli masker di sini, lo secara nggak langsung sudah berdonasi ke Tangan untuk Indonesia. Donasi ini nantinya akan disalurkan untuk Sekolah Relawan.

 

 

 

Sources: Casa Indonesia, MSN, Nusa Daily