Setelan Jas Pria Agar Terlihat Keren dan Fashionable - MLDSPOT
  • Fashion
  • Setelan Jas Pria Agar Terlihat Keren dan Fashionable

Setelan Jas Pria Agar Terlihat Keren dan Fashionable

Wed, 11 July 2018

Urbaners, tren setelan jas pria di Indonesia saat ini nggak cuma bisa lo lihat saat pesta pernikahan atau pertemuan bisnis saja. Pasalnya, jas juga keren untuk dipakai saat lo wisuda atau sekadar memenuhi undangan makan malam bersama keluarga. Jangan salah, lo yang suka tampil kasual juga bisa kok memadukan jas dengan celana jeans dan sneaker.

Tips dan Trik Agar Setelan Jas Pria agar Terlihat Keren

Biar lo kelihatan ganteng maksimal, ada hal-hal yang harus lo ketahui dan pahami agar setelah jas yang lo pakai dapat membuat lo tampak keren. Yuk, cari tahu dulu cara terbaik mengenakan jas untuk pria!

Sesuaikan dengan Jenis Acara 

Hal paling utama yang wajib lo perhatikan sebelum memakai jas adalah memahami jenis acara apa yang bakal lo datangi. Setelan jas yang biasa dikenakan saat ke kantor umumnya berwarna gelap, seperti abu-abu atau biru dongker. Pastikan lo punya lebih dari satu jas dengan warna-warna yang berbeda biar nggak kelihatan monoton serta padukan dengan beragam kemeja juga dasi yang bisa bikin lo kelihatan makin keren.

Sudah tahu kan kalau suhu udara di Indonesia ini cenderung panas? Nah, saat memutuskan untuk memakai jas sebaiknya lo menggunakan kaos dalam lebih dulu. Hal ini bertujuan agar keringat bisa diserap dengan baik sehingga nggak menimbulkan noda bekas di permukaan jas. Dengan begitu lo juga nggak perlu sering-sering mencuci jas. Jadi jas koleksi lo lebih awet dan warnanya nggak cepat memudar.

Perhatikan Keseimbangan Ukuran

Keseimbangan ukuran pada jas pria memegang peranan penting yang nggak boleh lo remehkan. Pasalnya, jas pria memang harus dikenakan dengan ukuran yang pas. Nggak terlalu besar, juga nggak terlalu sempit. Ada empat bagian pada setelan jas pria paling penting untuk diukur dengan tepat, yaitu lingkar bahu, lebar dada, lebar dan panjang lengan, serta panjang jas itu sendiri.

Di bagian bahu jas biasanya terdapat semacam bantalan yang ukurannya nggak boleh lebih lebar atau lebih pendek dari bahu lo. Untuk mengeceknya, lo bisa berdiri di sebelah dinding, jika bantalan jas menyentuh dinding sebelum lengan, maka sudah bisa dipastikan kalau jas yang lo pakai itu kebesaran. Di sisi lain, jarak antara kancing paling atas jas dengan dada nggak boleh terlalu lebar. Maksimal, seluas telapak tangan lo sendiri supaya jas mudah dikancingkan.

Selanjutnya, ukuran lengan jas juga nggak boleh membuat tangan lo jadi tenggelam. Cara mengukur lengan jas adalah dengan meluruskan tangan di samping badan, pastikan jari-jari lo bisa masuk ke saku celana dengan mudah. Oh ya, manset lengan harus terlihat hanya sekitar 1/2 inchi saja, ya!

Soal ukuran panjang jas, biasanya jas yang panjang memang bakal bikin lo terlihat lebih ramping, sementara jas yang cenderung pendek bisa bikin lo lebih tinggi. Tapi, panjang jas pria yang pas adalah menutupi resleting celana dan pantat. Jangan memakai jas pria yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Ingat, lo harus membuka kancing jas sebelum duduk biar jas nggak gampang rusak.

Jangan Asal Pilih Dasi!

Urbaners, menambahkan dasi sebagai pelengkap jas yang lo kenakan memang sah-sah saja, tapi bukan berarti lo bisa asal-asalan saat memilih dan memakai dasi. Ukuran dasi juga harus jadi pertimbangan. Saat memakai dasi, pastikan ukuran lebar dasi harus sesuai dengan lebar kerah biar lo terlihat lebih rapi. Selain itu, ukuran panjang dasi dasi nggak boleh melebihi pinggang celana. Soal warna, pilih dasi yang lebih gelap dari kemeja yang lo pakai, ya!

Sedangkan untuk ikatannya, sesuaikan dengan besar kepala. Jika kepala lo kecil, pakai saja ikatan half windsor, sebaliknya buat lo yang punya kepala yang besar, coba pakai ikatan full windsor. Jika lo berniat menambahkan pin, pastikan lebarnya nggak melebihi ukuran dasi itu sendiri biar tetap terlihat proposional.

Padu Padan Setelan Jas Keren dengan Celana yang Tepat

Lagi-lagi yang perlu diingat saat mengenakan jas adalah soal keseimbangan. Nggak heran kalau celana yang lo pakai juga harus punya ukuran yang tepat. Usahakan ujung celana jatuh tepat di bagian atas sepatu agar penampilan lo lebih fashionable. Hindari celana yang terlalu panjang karena bakal bikin lo terlihat sedikit aneh. Namun, jika menginginkan tampilan kasual, lo bisa memakai celana yang lebih panjang kemudian menggulungnya untuk kesan cool!

Ada beberapa hal yang perlu lo ketahui soal lipatan celana yang bakal dipadukan dengan jas. Celana dengan lipatan halus yang biasanya punya bagian depan sedikit lebih pendek daripada belakang. Model lipatan ini menyebabkan bagian belakang celana berada di sekitar setengah dari tumit sepatu yang lo pakai. Ingat, semakin banyak lipatan di celana lo, maka lo bakal terlihat lebih pendek.

Lebih lanjut, pastikan celana yang lo pakai punya ukuran panjang yang tepat, sehingga kaki nggak bakal terlihat termasuk saat duduk. Alternatif lain yang bisa lo lakukan adalah dengan selalu memakai kaus kaki saat mengenakan jas. Gunakan kaos kaki dengan panjang yang pas, yaitu sekitar betis ke bawah.

Memahami Aturan Kancing Saat Mengenakan Setelan Jas Pria

Ada satu lagi nih PR yang kudu lo pahami dengan baik setelah menemukan jas pria yang paling tepat, yaitu urusan soal aturan kancing jas itu sendiri. Jadi, kalau lo memutuskan buat mengenakan rompi, pastikan kancing jas yang ada di bagian paling bawah berada dalam keadaan terbuka. Beda halnya ketika lo menggunakan jas pria berkancing tiga, kancing paling tengah harus selalu dikaitkan, sedangkan kancing paling atas boleh disesuaikan sama kenyamanan lo.

Sebaliknya, kalau lo lebih suka memakai jas berkancing dua, maka kancing paling atas harus berada tepat di atas pusar. Setelan jas keren yang berkancing dua ini biasanya cocok dipadukan dengan kemeja kerah berlekuk untuk keperluan bisnis formal, sedangkan jas pria berkancing satu cocok untuk penampilan yang lebih santai.

Urbaners, nggak nyangka kan kalau mau pakai jas pria harus memperhatikan banyak hal supaya tetap terlihat trendi dan ganteng maksimal. Lastly, pilihlah jas dengan double vent dan saku flap untuk kesan badan lebih besar bagi pria bertubuh kurus. Sebaliknya, jika lo punya tubuh gemuk pilihlah jas single breasted dengan model saku jetted dan jangan memilih jas tanpa vent. Sedangkan pria berotot bakal lebih pas memakai setelan jas simple dan pas di badan dengan single vent.

Jadi, sudah bisa menentukan setelan jas keren mana yang bakal lo pakai untuk keperluan nanti? Padukan jas pria tersebut dengan warna sepatu yang sesuai. Jas warna hitam, abu gelap, dan biru dongker paling cocok dengan sepatu hitam. Sementara jas bernuansa cokelat, biru tua, dan abu muda lebih cocok dipadankan dengan sepatu cokelat. Selamat mencoba!

 

Source: hipwee.com

 

Biar Makin Kece, Kenali Cara Tepat Pake Cufflink di Sini!

Tue, 13 April 2021
Cufflinks

Tren menggunakan cufflinks bagi pria saat mengenakan pakaian formal semakin populer nih, bro. Tapi, apa itu cufflinks? Cufflink adalah aksesoris pria yang dikenakan pada lubang lengan kemeja, baik kemeja standar ataupun double manset. Sehingga menjadi pengganjal agar lengan jas nggak menutupi lengan kemeja.

Pada awalnya, cufflinks sebenarnya adalah kancing, peniti, resleting, atau velcro (perekat). Kancing manset adalah cara bagus untuk menambahkan gaya pribadi pada setelan atau kemeja lo. Bentuknya pun beragam dan bisa bikin tampilan lo makin stand out, bro. Yuk! Simak tuntas artikel ini.

Fungsi Cufflink yang Harus Lo Tau

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Cufflinks menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh para pria. Tapi sayangnya, masih banyak pria yang belum tau kegunaan aksesori ini, apakah lo juga termasuk? Padahal aksesori kecil ini bisa sangat berguna untuk menyempurnakan gaya formal saat mengenakan setelan jas. Berikut ini beberapa fungsi dari cufflinks:

  • Mengencangkan bagian lipatan lengan

Cuff memiliki arti lipatan. Nah, lipatan yang dimaksudkan pada kemeja pria adalah yang dekat dengan pergelangan tangan. Bagian ini mungkin suka luput dari perhatian, tapi menurut para fashion expert, part ini justru penting ketika lo mengenakan setelan jas.

Dahulu orang-orang menggunakan tali atau pita untuk mengencangkan bagian lipatan tersebut. Khususnya saat mengenakan jas, lipatan tersebut harus benar-benar kencang dan pas, agar lebih proporsional dan nggak menumpuk. Nah, akhirnya para penjahit pun membuat cufflinks.

  • Membuat tampilan lebih berwibawa

Pada awalnya penggunaan cufflinks hanyalah populer di sekitaran Inggris, lalu akhirnya menyebar hingga ke Prancis. Saat itu, cufflinks menjadi simbol khusus dengan kesan bergengsi, karena hanya digunakan oleh bangsawan saat menghadiri acara kerajaan.

Hingga kini high fashion brand masih mendominasi pembuatan cufflinks. Cocok banget buat lo yang mau tampil lebih berwibawa dan bergengsi, bro.

  • Membuat lipatan terlihat rapih

Ketika mengenakan gaya formal, kerapian dari busana yang dikenakan adalah kunci. Apalagi lipatan kemeja menjadi hal yang krusial, karena lipatan ini tetap akan ditampilkan melewati bagian lengan jas. 

Pasti lo menemukan permasalahan seperti, kemeja yang kurang pas karena ukurannya nggak sesuai, meskipun udah dikancing atau kancing yang sering terbuka, sehingga membuat tampilan jas jadi lebih berantakan. Cufflinks bisa jadi solusi lo, bro. Dengan menggunakan cufflinks, bagian lipatan akan lebih rapi, dan posisinya pun akan tetap terjaga meskipun lo banyak bergerak.

Cara Tepat Pake Cufflinks

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Awalnya items tersebut diberi nama chain link. Sekarang pun model ini menjadi salah satu jenis cufflinks yang masih banyak diminati, meskipun udah banyak model lain yang udah dimodifikasi, mulai dari bentuk kotak, bundar, hingga bentuk yang lebih unik. Nah, kalo lo masih bingung gimana menggunakan cufflinks. Lo bisa ikuti tips di bawah ini, bro.

  • Langkah pertama adalah gunakan kemeja yang tepat. Penggunaan cufflinks biasanya dikombinasikan dengan kemeja french cuff. Kemeja ini memiliki ciri khas lengan Prancis (ganda), dengan panjang ekstra tanpa kancing dan lubang pada setiap sisinya.
  • Lalu, lipat bagian ujung lengan dekat pergelangan tangan sebanyak satu kali. Pastikan lipatan tersebut rapi dan sama kiri dan kanan, bro.
  • Sejajarkan lubang untuk cufflinks. Ini harus lo perhatikan betul penempatannya
  • Masukkan kancing manset dan atur posisi hingga seaman mungkin. Ingat bagian cufflinks yang memiliki dekorasi (bandul dan sebagainya), harus menghadap keluar. Kunci posisi tersebut dengan pengait yang ada pada cufflinks.

Well, sekarang lo udah tau kan gimana cara menggunakan cufflink, biar penampilan lo tetap keren saat bergaya formal. Tapi tenang aja, penggunaan cufflinks nggak cuma sebatas untuk acara formal, bro. Lo juga bisa menggunakannya untuk momen lain. Tinggal sesuaikan aja dengan model cufflinks yang lo pilih. Apakah kancing manset ini udah masuk ke dalam aksesoris lo, bro?

 

Feautred image - hotdrops.com