Escargot, Dish Istimewa Asal Perancis - MLDSPOT
  • Food
  • Escargot, Dish Istimewa Asal Perancis

Escargot, Dish Istimewa Asal Perancis

Fri, 21 November 2014

Roti baguette atau macaron adalah dua dari sekian banyak kuliner khas Perancis yang mendunia. Tapi pengetahuan lo tentang kuliner Perancis belum lengkap kalo belum kenalan sama makanan satu ini: Escargot. Escargot ini bakal lo temuin di restoran-restoran di Perancis sana, bahkan menjadi salah satu makanan pebuka “wajib” para warga Perancis. Sebenarnya makanan apa sih, escargot ini?

Escargot sendiri artinya siput atau bekicot. Nah, siput inilah yang menjadi makanan khas di Perancis. Mungkin buat lo terdengar aneh dan agak menjijikkan, tapi escargot ini udah jadi makanan warisan warga Prancis dan wajib tersedia di restoran-restoran di Perancis sebagai appetizer. Bahkan standar sebuah restoran Perancis diukur dari kualitas escargot yang mereka sajikan. Kalau escargot yang diolah dinilai recommended, maka menjadi jaminan masakan lain di sebuah restoran juga enak. Hal ini dikarenakan mengolah escargot itu nggak gampang. Untuk memperoleh rasa dan tekstur yang tepat dari escargot, diperlukan kecermatan.

Resep standar yang dipakai di restoran-restoran Perancis adalah Escargot a la Bourguignonne, yaitu escargot yang dimasak dengan bawang putih, daun parsley, dan mentega. Resep ini berasal dari daerah Bourgogne, bagian timur Perancis. Nggak cuma sebagai appetizer, ada juga yang menyajikan escargot sebagai menu utama.

Nggak hanya di Perancis, escargot ini ternyata juga dikonsumsi di negara-negara Eropa lainnya. Mengonsumsi escargot menjadi tradisi tersendiri bagi orang-orang Eropa sejak ratusan tahun lalu. Hidangan escargot juga termasuk mahal di Perancis dan negara-negara Eropa lainnya, karena jumlah ketersediaannya terbatas. Selain itu, di beberapa negara, termasuk Perancis, mulai memberlakukan pembatasan jumlah konsumsi escargot.  Sementara di Indonesia, melihat hewan ini hidup saja sudah bikin geli. Well, one man’s trash is another man’s treasure, right?

 

 

Konsumen Escargot Terbesar Dunia
Berhubung escargot menjadi salah satu signature dish paling ngetop di Perancis, nggak heran konsumsi escargot di sana terbilang sangat besar. Rata-rata 40.000 ton escargot dikonsumsi tiap tahunnya! Hanya aja, jumlah konsumsi yang besar itu nggak sebanding sama jumlah peternakan escargot yang ada. Di Perancis hanya ada 200 peternakan siput yang menyediakan pasokan untuk seluruh negeri. Untuk memenuhi kebutuhan yang besar itu, Perancis juga mengimpor siput dari negara-negara lain. Makanya, harga seporsi Escargot a la Bourguignonne cukup mahal di sana.

Heliciculture
Heliciculture adalah budidaya siput atau gampangnya sebut aja ternak siput. Siput yang diternakkan pastinya nggak sembarangan, tapi memang yang ditujukan untuk konsumsi. Di Perancis, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa lainnya jenis siput yang paling sering diternakkan adalah jenis Helix aspersa (siput Little Gray) dan Helix pomatia (siput dari Bourgogne). Adanya kebijakan pembatasan konsumsi siput, siput-siput yang diternakkan di Perancis biasanya “dipanen” pada saat tertentu saja, biasanya musim panen terjadi di bulan September.

Sedikit Tentang Bourgogne
Bourgogne adalah nama daerah di bagian timur Perancis. Daerah ini selain terkenal dengan kuliner khas Perancisnya, juga merupakan salah satu penghasil wine terbaik di Perancis. Dalam Bahasa Inggris, Bourgogne disebut dengan Burgundy. Nama Burgundy pun diadaptasi untuk menamai jenis wine yang diproduksi dari daerah ini. Hidangan khas Perancis yang hits dari daerah ini selain Escargot a la Bourguignonne adalah Beouf Bourguignon, alias semur khas Perancis.

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive