Jangan Lakukan 6 hal ini di bar - MLDSPOT
  • Food
  • Jangan Lakukan 6 hal ini di bar

Jangan Lakukan 6 hal ini di bar

Thu, 29 January 2015

Saat suntuk atau jenuh dengan rutinitas sehari-hari, salah satu cara untuk melepaskan kebosanan itu adalah dengan bersantai sambil memesan minuman favorit di bar langganan. Walaupun Urbaners banyak yang sudah sering berkunjung ke tempat itu, mungkin belum banyak yang memperhatikan bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya tidak lo lakukan saat lo sedang di bar, di sini bisa lo simak 6 diantaranya.

1. Jangan Melambaikan Uang untuk Memanggil Bartender
Memanggil dengan melambaikan uang adalah sangat tidak sopan, dan bahkan mungkin sang bartender bisa merasa direndahkan. Lebih baik lo sabar sambil terus melihat ke arah bartender, begitu dia melirik lo, lo langsung bisa mulai memesan.

2. Jangan Meminta Bartender Memilihkan Minuman Lo
Saat ini menú minuman sudah beraneka ragam, mungkin bisa lusinan jumlahnya, jadi kalau lo minta si bartender buat memilihkan tanpa lo tahu apa yang lo suka. Pasti bakal bikin dia bete plus ada keluhan dari pelanggan lain karena si bartender sibuk sama lo.

3. Stay Clean!
Jangan pernah meninggalkan sampah di meja bar. Aturan ini sebenarnya tidak cuma berlaku di bar, tetapi juga dimanapun lo berada. Semua orang pasti kesal kalau menemukan tumpukan sampah di meja mereka.

4. Jangan Menghina Profesi Bartender
Saat lo nongkrong di bar, biasanya lo menikmati minuman yang dipesan sambil ngobrol dengan bartender. Tapi, jangan sampai lo menanyakan pertanyaan yang bisa membuat dia merasa terhina. Pertanyaan seperti "apa pekerjaan utamamu?" atau "apa pekerjaan impianmu waktu kecil?" bisa membuat bartender merasa profesinya tidak dihargai.

5. Beda Bartender, Beda Racikan
Lo pasti punya minuman favorit yang mungkin terdiri dari campuran beberapa minuman di bar tertentu. Tapi saat lo berkunjung ke bar lain, jangan coba memesan minuman yang sama kalau lo tidak tahu pasti apa isi dan takarannya.

6. Don’t Be a Bad Tipper
Kalau lo puas dengan minuman lo, jangan segan untuk memberikan tip yang pantas untuk sang bartender. Walaupun tidak ada ukuran pasti berapa yang harus lo beri, tapi jangan pelit saat memberi tip.

Nah, sebaiknya lo ingat hal-hal diatas agar lo benar-benar bisa menikmati saat santai  di dalam bar dan tidak membuat hari buruk lo semakin kelabu.

Baca Juga : 10 Tempat Nongkrong Enak 24 Jam di Jakarta

 

 

Liquor or Liqueur?
Liquor adalah minuman beralkohol yang mempunyai kadar alkohol lebih tinggi dari kadar gulanya, seperti whiskey atau vodka. Sedangkan Liqueur adalah minuman beralkohol yang mempunyai kadar gula lebih tinggi dari kadar alkoholnya, contohnya kahlua.

About Whiskey
Catatan yang tertua tentang wiski berasal dari tahun 1405 di Irlandia, yang menceritakan wiski dibuat para biarawan. Hal yang sama juga dicatat di Skotlandia pada tahun 1496. Walaupun demikian, wiski diperkirakan sudah ada paling sedikit beberapa ratus tahun sebelumnya.

Bar Counter
Bar berasal dari kata barrier yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar (bartender) dengan tamu. Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan counter. Counter bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam bar dan mengambil minuman yang ada di bar.

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind