Donuts, All Around The World - MLDSPOT
  • Food
  • Donuts, All Around The World

Donuts, All Around The World

Wed, 12 August 2015

Jujur aja, ada nggak sih yang lebih nikmat daripada donat yang hangat dan fresh out of the oven untuk menemani hari – hari lo? Walaupun setiap negara sering mempunyai perbedaan pendapat, tapi soal donat sih semua negara punya pendapat yang sama. Ya, mereka semua suka donat, hanya saja cara penyajiannya yang beda. Donat yang kita kenal dengan bentuk bundar dan bolong ditengahnya adalah donat khas Amerika, namun masing – masing Negara punya betuk donat yang berbeda. Seperti apa sih? Ini dia!
 

  1. Italy: Bomboloni

    Donat khas italia ini paling populer di kota Florence. Berbeda dengan donat Amerika, Bomboloni nggak memiliki bolongan di tengahnya dan dibuat menggunakan bahan pokok ragi, jadi donat ini terasa lebih ringan dibanding donat biasanya. Bomboloni biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau cemilan.
     

  2. Jerman: Berliner

    Berliner adalah jenis donat dari Jerman yang juga dikenal dengan nama lain, yaitu Bismarck. Donat ini dibuat menggunakan adonan ragi manis yang di goreng, lalu diberikan selai jeruk dan ditaburi dengan gula bubuk. Donat jenis ini juga nggak memiliki lubang ditengahnya.
     

  3. Perancis: Beignet

    Dibanding donat lain, Beignet mempunyai bentuk yang berbeda, yaitu kotak. Beignet juga dibuat menggunakan adonan ragi yang kemudian di goreng. Namun, beignet sama sekali nggak memiliki isi. Setelah selesai di goreng, Beignet langsung ditaburi gula atau pemanis bubuk lainnya, dan disajikan.
     

  4. Mexico: Churros

    Donat asal mexico ini memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya panjang mirip cakue, dan biasanya disantap dengan gula pasir atau dicelupkan kedalam saus coklat hangat. Nama Churro berasal dari domba Churra, karena bentuknya yang menyerupai tanduk domba tersebut.
     

  5. Tulumba: Turkey

    Tulumba adalah donat kecil berbentuk oval yang berasal dari Turki. Donat yang mempunyai bentuk mirip kurma ini terbuat dari adonan yang digoreng hingga menjadi crispy, kemudian diberikan sirup sebagai pemanis.

 

Source : italianaddiction.com, www.tatlicisafa.com, www.huffingtonpost.com

 

Donat: The Origins
Sementara asal muasal donat masih jadi perdebatan di berbagai kalangan, tetapi ada yang mengatakan bahwa donat pertama dibuat oleh seorang Amerika bernama Hanson Gregory pada tahun 1847. 

Oil Cake
Teori lain perihal asal muasal donat mengatakan bahwa donat pertama kali dibuat oleh seorang imigran Belanda, maka dari itu pada abad 19 donat sering disebut Oliekoek, yang dalam bahasa belanda berararti “Oil Cake”.

Donat Dollies
Pada masa Perang Dunia II dan perang Vietnam beberapa wanita dikirim ke medan pertempuran untuk membagi – bagikan donat kepada para tentara. Wanita – wanita ini disebut Donat Dollies.

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive