Berkenalan dengan Ancient Grains - MLDSPOT
  • Food
  • Berkenalan dengan Ancient Grains

Berkenalan dengan Ancient Grains

Tue, 15 December 2015

Urbaners, sarapan dengan sereal gandum sudah mainstream. Kini, ada beberapa sereal berbahan dasar ancient grains yang wajib lo coba. Apa sih ancient grains itu dan apa bedanya dengan bahan dasar sereal pada umumnya? Simak di bawah ini, ya.

 

Biji gandum kuno akan ada di sereal sarapan Amerika

Ancient grains adalah biji-bijian gandum kuno yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Namun, keberadaannya sekarang semakin susah, makanya nggak heran kalau lo belum pernah mendengar sereal berbahan ancient grains. Sebetulnya ada banyak pilihan ancient grains dikenal di dunia, sayangnya mereka sudah mulai punah dan susah dicari. Tapi, salah satu brand sereal Cheerios ini punya sereal dengan bahan dasar ancient grains, lho.

Istilah ancient grains berasal dari sejarah botani yang lebih mendasar, yakni jenis biji-bijian gandum kuno yang sudah sangat jarang ditemukan, seperti quinoa, kamut, faro, teff dan amaranth. Sedangkan, jagung dan gandum yang sering lo temukan di banyak tempat kini sudah bermetamorfosis. Hal ini dilakukan oleh ilmuwan supaya tanaman tersebut dapat tumbuh dengan mudah dan cepat, sehingga tidak akan kehabisan stok meskipun dalam musim kekeringan sekalipun.

 

Biji kuno yang mengandung banyak nutrisi

Ancient grains sering dikaitkan dengan penemuan arkeologi supaya menambah daya tarik. Siapapun yang memberikan nama dari biji kuno merupakan makanan tradisional yang dapat dijadikan arsip sangat penting buat sejarah. Jenis biji gandum kuno ini mempunyai banyak nutrisi yang nggak ada di dalam gandum pada umumnya. Nutrisi tersebut meliputi protein, lengkap dengan asam amino, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan vitamin C.

Sarapan pagi dengan salah satu jenis sereal kuno ini sama mempunyai manfaat yang sama dengan roti, sayuran, buah-buahan dan nasi. Ada beberapa sereal dan roti yang bahan dasarnya masih menggunakan biji gandum kuno ini, tapi jangan berharap lo bisa menikmatinya dengan harga yang murah. Ancient grains itu pun juga hanya sebagai pelengkap, tidak sepenuhnya dijadikan bahan dasar.

Urbaners, sarapan dengan sereal itu banyak banget nutrisi yang bisa lo dapatkan, apalagi kalau lo sarapan dengan biji-bijian gandum yang sudah kuno. Selain itu, sarapan dengan sereal bisa menyingkat waktu, praktis dan mudah cara membuatnya.

 

Source:  www.npr.org, www.kashi.com, www.berrycart.com

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis