• Food
  • Kenikmatan Terang Bulan Durian Asal Gresik, Teradjana

Kenikmatan Terang Bulan Durian Asal Gresik, Teradjana

Thu, 12 January 2017

Apa yang lo tahu soal Kabupaten Gresik? Mungkin lo langsung menyahut dengan salah satu merk bahan bangunan yang terkenal di Indonesia. Siapa yang menyangka, di Gresik ada pembuat martabak manis alias terang bulan spesial dan luar biasa nikmat. Berbeda dengan terang bulan pada umumnya yang hanya berisi cokelat dan kacang atau mungkin selai buah, Teradjana, begitu merk terang bulan ini dikenal, mengandalkan rasa buah durian sebagai menu andalan mereka.

 

Rasa baru, sensasi baru

Sebagai oleh-oleh wajib bawa ketika sambang ke rumah calon mertua, terang bulan atau martabak manis memang sudah jadi kue favorit yang disukai masyarakat di kota maupun desa. Semakin enak bila terang bulan dikombinasikan dengan rasa-rasa yang menggugah selera. Cokelat atau Nutella, mungkin sudah biasa. Keju atau red velvet, sudah barang tentu ada. Bagaimana bila terang bulan yang lo nikmati memiliki rasa durian yang nikmat dan legit?

Terang bulan seperti itu hanya ada di Gresik. Adalah Rico Wahyu Nugroho yang memiliki terobosan baru dalam kue yang selalu dijual pada malam hari ini. Terang bulan yang diberi nama Teradjana ini dalam sekejap jadi favorit warga Gresik. Rasanya yang nikmat dan berbeda menjadi keunggulan Teradjana.

 

Tak sengaja

Rico sendiri tak sengaja menemukan resep terang bulan spesialnya ini. Awalnya, Rico memiliki usaha es durian. Karena kurang menguntungkan, Rico mencoba untuk membuat terang bulan dengan baluran buah durian lumer ini. Benar saja, tak lama dirilis, terang bulan buatannya disukai masyarakat. Hal ini disadarinya ketika omset terang bulan kian hari kian bertambah.

Nama Teradjana sendiri bukan tanpa alasan. Dulu, Rico memberi nama terang bulan ini dengan nama Terang Bulan Durian Jan Enak Tenan (nikmat sekali). Namun karena kepanjangan, akhirnya nama tersebut disingkat menjadi Teradjana agar mudah diingat oleh pelanggannya.

Ada 4 pilihan rasa Teradjana bikinan Rico, antara lain durian keju, durian cokelat, durian selai cokelat dan kacang, serta durian original. Untuk harga relatif standar, antara 35 hingga 50 ribu setiap kotaknya.

Sudah ngiler mau mencicipi rasa legit dan manisnya terang bulan durian Teradjana ini? Langsung aja deh berangkat ke Gresik dan cari gerai Teradjana.

 

Source: kompas.com

 

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com