Bungkus Plastik Yang Bisa Dimakan Karya Anak Bangsa - MLDSPOT
  • Food
  • Bungkus Plastik Yang Bisa Dimakan Karya Anak Bangsa

Bungkus Plastik Yang Bisa Dimakan Karya Anak Bangsa

Wed, 08 February 2017

Urbaners pasti setuju mie instan makanan paling praktis penyelamat perut di malam hari. Cukup masukkan mie ke dalam air mendidih, tambah bumbu penyedap, maka mie pun siap disantap.

Tetapi,  Urbaners pasti gak sadar kalau setiap bungkus mie instan yang kita konsumsi turut menyumbang limbah sampah yang jumlahnya kian fantastis. Apalagi program "Diet kantong plastik" belum melepaskan ketergantungan Indonesia akan plastik.

Kesadaran menjaga kelestarian lingkungan itu telah mendorong kreativitas anak bangsa bernama, Noryawati Mulyono yang berinovasi mengembangkan bioplastik edibel berbahan rumput laut.

Lewat inovasinya ini, Noryawati yang tercatat sebagai dosen Universitas Atma Jaya ini menciptakan kemasan plastik yang dapat dicerna perut Urbaners. Jadi jangan heran ketika sachet bumbu penyedap mie instan bisa dimakan, bahkan menambah nutrisi buat tubuh. Tinggal cemplungin semuanya ke air mendidih. Simple.

Bagaimana dengan faktor keamanan? Noryawati yang tercatat sebagai dosen Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, memberikan jaminan keamanan. Proses pembuatan lembaran bioplastik edibel tidak menggunakan suhu tinggi dan bahan kimia berbahaya seperti pembuatan plastik dan aluminium foil. Jika perlu diwarnai, akan menggunakan pewarna alami untuk makanan.

Dengan penggunaan bahan ini memungkinkan plastik dapat ikut dimakan sehingga  lebih praktis lagi bagi konsumen, tidak mencemari lingkungan, dan harganya kompetitif. "Fokus yang mau disasar adalah memang pasar mie instan karena limbah plastik kemasan, wadah bumbu ataupun minyak menghasilkan  12.600 ton. Kalau dengan bahan ini tidak ada kandungan bahan kimianya," tuturnya.

Noryawati menambahkan, penggunaan bioplastik ini juga membantu kehidupan warga pesisir. Produk ini dibuat dari rumput laut Eucheuma cottonii yang banyak terdapat di Indonesia. Harga di tingkat petani pengumpul berkisar Rp 6.800 – 7.200 untuk setiap kilogramnya.

Urbaners perlu tahu apa itu Bioplastik. Seperti plastik konvensional, bioplastik dipakai sebagai kemasan produk. Yang ngebedain cuma bahan baku bioplastik mudah diuraikan dan ramah lingkungan, di antaranya minyak nabati, jagung, dan rumput laut.

Buat Urbaners yang ingin mencoba, bioplastik biasa diterapkan ke aplikasi umum seperti kemasan permen atau bungkus obat kapsul. Selamat mencoba.

 

Source:
http://www.tribunnews.com/bisnis/2012/11/14/bioplastik-edibel-plastik-y…

Dikira Cuma Joke April Mop, Tapi Elon Musk Beneran Bikin Teslaquila!

Wed, 18 November 2020
Teslaquila jadi produk Elon Musk yang bener-bener out of box! Awalnya cuma bercandaan kaya April Mop, tapi Elon Musk beneran bikin liquor ini bro!

Siapa sih yang gak kenal sama pemilik dari mobil canggih Tesla – Elon Musk? Gebrakan-nya emang gak pernah gagal bikin kita takjub, bro. Banyak juga orang yang nungguin juga, kira-kira gebrakan apalagi yang bakal dibikin sama si bos ini ya?

Selain transportasi darat, Musk ternyata juga merambah ke transportasi luar angkasa! Space Exploration Technologies Corporation atau yang lebih dikenal sama SpaceX ini perusahaan Musk yang produksi pesawat ruang angkasa untuk komersil. Dari SpaceX ini juga Musk berharap bisa bawa manusia liburan ke Mars tahun 2022!

Bukan cuma transportasi, ada karya Musk yang bisa kita pake sampe, bro! – akhirnya. Paypal, sistem pembayaran internasional ini ternyata Musk yang menciptakan. Musk juga menciptakan X.com, dan dari X.com inilah cikal-bakal Paypal sampe sekarang – tapi sekarang sih udah diakuisisi sama E-Bay.

Baru-baru ini, Musk baru rilis sesuatu yang lebih berbeda dari bisnis-bisnis nya sebelumnya bro – walau emang selalu out of the box, sih. penasaran gak¸bro apa lagi yang dibikin sama Musk? Stay tune di artikel ini sampe abis, ya!

 

Berawal dari April Mop

Teslaquila jadi produk Elon Musk yang bener-bener out of box! Awalnya cuma bercandaan kaya April Mop, tapi Elon Musk beneran bikin liquor ini bro!

Credit Image: tesla.com

Waktu April Mop 2018 lalu, Musk ini sempet ngetweet tentang dia yang nge-prank pingsan sambal megang se-box minuman ‘Teslaquila’, katanya sih dia bangkrut. Waktu itu sih cuma jadi lucu-lucuan aja – Biasa, jokes nya April Mop! Tapi, Musk sendiri ngaku, kalo foto itu cuma buat hiburan aja tanpa ada maksud lain.

Tapi ternyata hal itu di sambut baik sama warganet! Mereka justru excited dan berharap Teslaquila beneran dirilis. Banyak juga yang bilang, jangan-jangan Musk kalo bangkrut beneran bikin bisnis alkohol – dan pastinya bakal banyak yang minat.

 

Memakan Waktu 2 Tahun

Dari candaan, eh jadi kenyataan! Kayaknya frase itu pas banget buat perilisan Teslaquila ini. Setelah jadi jokes 2 tahun lalu, 12 Oktober kemarin, Musk konfirmasi di Twitter nya kalo Teslaquila beneran jadi hak miliknya dan siap di produksi, bro!

Tesla Tequila ini punya bentuk yang unik, bentuknya petir dengan botol bening warna oranye dengan kandungan alkohol sekitar 40%. Pastinya warganet langsung pada heboh dan berlomba-lomba buat beli Tequila yang hits ini. Meskipun dengan trademark Tesla, Tequila ini ternyata nggak di produksi sendiri, bro.

Tequila ini di produksi oleh Nosotros Tequila, Brand liquor terkenal di California. Yang lebih menariknya lagi, Teslaquila ini cuma dijual 100 botol dan habis dalam waktu kurang dari sejam! – antusias warganet sama Teslaquila ini luar biasa ya, bro!

Sayangnya, minuman ini cuma dijual khusus di Amerika Serikat, bro. Tapi uniknya meskipun Pre-order nya dari bulan Oktober, produk ini bakal dikirim akhir tahun, bro! – cocok banget ya jadi teman liburan lo?

Kayaknya kita harus apresiasi dulu gebrakan Musk yang selalu out-of-the-box dan selalu bikin amazed ini. Apakah lo termasuk ke dalam orang yang selalu menunggu inovasi-inovasi keren dan kece lainnya dari Musk?

Tetrarik buat nyoba liquor hits ini gak bro? Atau lo khawatir kalo Teslaquila ini bakal menggeser list liquor favorit lo? Atau malah lo merasa tertarik ngoleksi karena botolnya yang unik banget?

 

Feature Image - theverge.com