Trending
Senin, 05 Juni 2017

7 Pasta Italia yang Langka

  • Share
  • fb-share
7 Pasta Italia yang Langka

Spageti, fetucini, fusili, atau makaroni tentu terdengar akrab di telinga. Makanan khas Italia ini memang begitu mudah ditemui di restoran atau supermarket di Indonesia. Saking umumnya, pasta bahkan bukan lagi barang impor melainkan diproduksi di dalam negeri. Meski memang gandum khusus bernama durum sebagai bahan utama pembuat pasta masih diimpor.

Bicara soal jenis pasta, nama mereka umumnya mengacu pada daerah lokal tempat pembuatan pasta maupun bentuknya. Tahukah Urbaners, setidaknya masih ada 400 macam pasta lainnya yang lahir di Italia. Bahkan penyebutannya berkembang hingga lebih dari 1.300 nama berbeda. Beberapa di antaranya bahkan awam diketahui masyarakat dunia. Berikut tujuh jenis pasta ‘langka’ dilansir dari Daily Meal:

 

Busiate Trapanese

Pasta berukuran panjang dan bentuknya memutar seperti dipilin. Busiate Trapanese populer di bagian barat Kota Sisilia, Italia. Pasta yang memiliki nama lain yakni Busciata Trapanese ini cocok dimasak dengan cara digoreng kemudian ditaburi rempah, tomat, bawang putih dan almond.

 

Caccavelle

Caccavelle termasuk sebagai salah satu pasta kering terbesar di dunia. Ukuran pasta Neopolitan ini mencapai empat inci atau 10 sentimeter dengan bentuk menyerupai cangkang bergerigi besar. Biasanya caccavelle diolah menjadi masakan yang dipanggang, seperti lasagna. Isian bisa berupa rempah dan daging yang disiram dengan saus atau kuah.

 

Candele

Candele ini merupakan pasta yang berbentuk tabung menyerupai lilin, panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Pasta ini diberi isian berupa daging dan rempah kemudian digoreng. Biasanya candele dinikmati dengan bumbu bercita rasa pedas.

 

Cellentani

Berbentuk tabung bengkok dan bergerigi. Sering tertukar dengan saudara dekatnya yaitu macaroni. Bedanya, cellentani sedikit lebih panjang dan pilinan yang lebih tertata. Pasta jenis ini biasanya digoreng kemudian ditaburi parutan keju atau dicampurkan dengan sayuran. Saking seringnya tertukar dengan macaroni, tak jarang cellentani nyasar di hidangan mac and cheese.

 

Corzetti

Pasta ini berasal dari Liguria, sebuah kota yang berada di barat laut Italia. Bahan yang digunakan serupa dengan pasta biasa yakni tepung gandum, garam dan air. Namun yang membedakan, Liguria sangat mirip koin kuno. Bentuknya pipih dan dicetak dengan stempel bergambar atau curzetti stampae. Pasta ini paling cocok dimasak dengan bumbu aglio olio ataupun saus pesto, yang juga berasal dari Liguria.

 

Quadrefiore

Sesuai namanya, pasta ini memiliki enam hingga tujuh bagian bergelombang mirip kue kering.  Quadrefiore merupakan jenis pasta yang menyerap saus, sehingga cocok dimasak dengan saus kental dan bercita rasa tajam. Pastikan lo memasaknya dengan sempurna, karena jika kurang matang, pasta ini akan terasa keras dan liat.

 

Trottole

Pasta ini berbentuk seperti pegas. Mirip dua pasta yang dililitkan ke pasta lain yang berdiri tegak. Trottole biasanya dikombinasikan dengan sayur atau topping B'timers.

 

Source: Cnnindonesia.com, wikipedia.org

Comments
Irwandi
mantap infony
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnn bangetttt bossss