7 Pasta Italia yang Langka - MLDSPOT
  • Food
  • 7 Pasta Italia yang Langka

7 Pasta Italia yang Langka

Mon, 05 June 2017

Spageti, fetucini, fusili, atau makaroni tentu terdengar akrab di telinga. Makanan khas Italia ini memang begitu mudah ditemui di restoran atau supermarket di Indonesia. Saking umumnya, pasta bahkan bukan lagi barang impor melainkan diproduksi di dalam negeri. Meski memang gandum khusus bernama durum sebagai bahan utama pembuat pasta masih diimpor.

Bicara soal jenis pasta, nama mereka umumnya mengacu pada daerah lokal tempat pembuatan pasta maupun bentuknya. Tahukah Urbaners, setidaknya masih ada 400 macam pasta lainnya yang lahir di Italia. Bahkan penyebutannya berkembang hingga lebih dari 1.300 nama berbeda. Beberapa di antaranya bahkan awam diketahui masyarakat dunia. Berikut tujuh jenis pasta ‘langka’ dilansir dari Daily Meal:

 

Busiate Trapanese

Pasta berukuran panjang dan bentuknya memutar seperti dipilin. Busiate Trapanese populer di bagian barat Kota Sisilia, Italia. Pasta yang memiliki nama lain yakni Busciata Trapanese ini cocok dimasak dengan cara digoreng kemudian ditaburi rempah, tomat, bawang putih dan almond.

 

Caccavelle

Caccavelle termasuk sebagai salah satu pasta kering terbesar di dunia. Ukuran pasta Neopolitan ini mencapai empat inci atau 10 sentimeter dengan bentuk menyerupai cangkang bergerigi besar. Biasanya caccavelle diolah menjadi masakan yang dipanggang, seperti lasagna. Isian bisa berupa rempah dan daging yang disiram dengan saus atau kuah.

 

Candele

Candele ini merupakan pasta yang berbentuk tabung menyerupai lilin, panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Pasta ini diberi isian berupa daging dan rempah kemudian digoreng. Biasanya candele dinikmati dengan bumbu bercita rasa pedas.

 

Cellentani

Berbentuk tabung bengkok dan bergerigi. Sering tertukar dengan saudara dekatnya yaitu macaroni. Bedanya, cellentani sedikit lebih panjang dan pilinan yang lebih tertata. Pasta jenis ini biasanya digoreng kemudian ditaburi parutan keju atau dicampurkan dengan sayuran. Saking seringnya tertukar dengan macaroni, tak jarang cellentani nyasar di hidangan mac and cheese.

 

Corzetti

Pasta ini berasal dari Liguria, sebuah kota yang berada di barat laut Italia. Bahan yang digunakan serupa dengan pasta biasa yakni tepung gandum, garam dan air. Namun yang membedakan, Liguria sangat mirip koin kuno. Bentuknya pipih dan dicetak dengan stempel bergambar atau curzetti stampae. Pasta ini paling cocok dimasak dengan bumbu aglio olio ataupun saus pesto, yang juga berasal dari Liguria.

 

Quadrefiore

Sesuai namanya, pasta ini memiliki enam hingga tujuh bagian bergelombang mirip kue kering.  Quadrefiore merupakan jenis pasta yang menyerap saus, sehingga cocok dimasak dengan saus kental dan bercita rasa tajam. Pastikan lo memasaknya dengan sempurna, karena jika kurang matang, pasta ini akan terasa keras dan liat.

 

Trottole

Pasta ini berbentuk seperti pegas. Mirip dua pasta yang dililitkan ke pasta lain yang berdiri tegak. Trottole biasanya dikombinasikan dengan sayur atau topping B'timers.

 

Source: Cnnindonesia.com, wikipedia.org

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis