4 Makanan "Amerika" yang Ternyata Bukan Berasal dari Amerika

Tuesday, September 12, 2017 - 15:24

Bagikan

Facebook Twitter Email

Mungkin karena terlalu sering nonton film atau baca buku yang latarnya bertempat di Amerika, lo jadi mengaitkan negara tersebut dengan kuliner-kuliner tertentu. Mirip seperti Surabaya yang erat kaitannya dengan rujak cingur atau Jakarta dengan ketoprak. Tapi ternyata beberapa makanan “Amerika” yang selama ini lo tahu dari berbagai media, bukan berasal dari Amerika sama sekali. Ini dia makanan-makanan tersebut!

 

Hamburger

Sudah nggak terhitung lagi berapa banyak film yang menampilkan scene di mana tokoh utama sedang makan hamburger. Makanya, nggak heran kalau lo jadi menganggap hamburger sebagai kuliner asli Amerika. Padahal, hamburger berasal dari kata “Hamburg” yang merupakan salah satu kota di Jerman. Orang-orang Amerika begitu menyukai hamburger dan berhasil mempopulerkannya ke seluruh dunia melalui franchise berbagai restoran cepat saji.

 

Pie Apel

Pernah dengar menu American apple pie? Ternyata semua hanya bohong belaka karena sesungguhnya pie apel berasal dari Inggris, Urbaners. Resepnya bahkan pertama kali ditemukan sejak abad ke-14! Menariknya, karena harga gula yang mahal dan cukup langka untuk menemukannya, dulunya bagian pastry pada pie apel nggak dimakan, tapi cuma digunakan sebagai wadah untuk memanggang adonan apelnya.

 

Hot Dog

Makanan satu ini biasanya banyak dijual di acara pertandingan olahraga di Amerika atau dijajakan di atas gerobak di pinggir jalan. Lagi-lagi lo harus tertipu karena ternyata makanan populer Amerika satu ini berasal dari Frankfurt, Jerman dan Vienna, Austria. Hal ini nggak terlepas dari jenis daging sosis yang kerap digunakan dalam pembuata hot dog, yakni Frankfurter dan Wiener. Meski begitu, banyak cerita mengatakan kalau orang Amerika lah yang meletakkan sosis tersebut di tengah tumpukan roti bun.

 

Donat

Di Amerika, donat biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tapi ternyata lagi-lagi makanan yang populer sebagai kuliner Amerika ini bukan berasal dari sana, melainkan Belanda. Di negara asalnya, donat disbeut sebagai olykoeks, yang berarti oily cakes atau kue berminyak. Orang Belanda pertama kali memperkenalkan donat di New York City ketika dulu kota ini masih disebut New Amsterdam.

 

Mengingat banyaknya imigran yang ikut membangun Amerika, sebetulnya nggak terlalu mengejutkan kalau keempat makanan “Amerika” di atas ternyata berasal dari negara lain. Tapi ada juga kok kuliner khas Amerika yang memang berasal dari Amerika, seperti milkshake dan macaroni and cheese.

 

 

Sources: spoonuniversity.com, huffingtonpost.com