5 Minuman Teraneh yang Pernah Lo Denger - MLDSPOT
  • Food
  • 5 Minuman Teraneh yang Pernah Lo Denger

5 Minuman Teraneh yang Pernah Lo Denger

Thu, 12 April 2018
5 Minuman Teraneh yang Pernah Lo Denger

Buat lo yang hobi mencicipi ragam kuliner ekstrem, mungkin ini saatnya buat cobain minuman teraneh yang berasal dari berbagai penjuru dunia ini. Pastinya siapin mental lo terlebih dulu sebelum mencicipi minuman ini. Mendengar namanya aja mungkin lo udah penasaran, kan? Dirangkum dari laman foodbeast.com, yuk cari tau sama-sama minuman teraneh apa aja yang ada di dunia.

 

Water Salad

Urbaners, memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral yang dihasilkan dari buah dan sayur tentu nggak boleh lo lewatkan begitu aja. Sayangnya, beberapa justru kurang menyukai buah dan sayuran tertentu. Nah, hal inilah yang menjadi latar belakang perusahaan minuman berkaleng di Jepang untuk menciptakan Water Salad. Meskipun mengandung banyak manfaat, penampakan minuman kesehatan ini persis seperti yang ada dalam film sci-fi dystopian.

 

Pizza Beer

Minuman bir dengan cita rasa pizza ini dibuat dengan cara menumbuk pizza margarita dan dimasukkan serta direndam layaknya kantong teh. Hasil tumbukan ini kemudian disaring ke dalam panci buatan dan direbus. Untuk menambah cita rasa yang khas, maka sang produsen pembuatnya Mamma Mia, menambahkan sejumlah rempah-rempah ke dalam adonan minuman tersebut.

 

Sarang Burung

Minuman aneh selanjutnya mungkin cukup akrab di telinga lo. Minuman sarang burung walet ini umum dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Minuman yang dibuat dengan air liur burung walet yang dipadatkan ini diyakini sangat bergizi bagi manusia. Selain kaya kalsium, zat besi, magnesium, minuman ini juga dijadikan sebagai obat tradisional di beberapa daerah.

 

Teh Panda

Kalau di Indonesia terdapat minuman kopi luwak, nah di negeri tirai bambu Tiongkok terdapat minuman aneh bernama Teh Panda. Sepintas lo mungkin nggak menemukan kejanggalan dari secangkir teh hijau yang satu ini. Padahal, minuman teh ini dibuat dari kotoran Panda yang hanya mengonsumsi daun teh. Harga jual teh ini pun nggak main-main, Urbaners. Untuk mencicipi Teh Panda lo harus menggelontorkan dana hingga 450jutaan rupiah untuk 1 ons teh panda kering.

 

Diet Water

Diet Water buatan Saporro, Jepang, ini diklaim efektif dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan, di dalam Diet Water mengandung banyak sayuran hijau dan kuning, dengan kandungan 70 mg asam folat per 500 ml yang berfungsi untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah. Harga satu botol Diet Water berukuran besar sekitar 250 yen atau setara dengan Rp250 ribu.

 

Source: foodbeast.com

4 Fakta French Fries: Ternyata Bukan Dari Prancis, Bro!

Mon, 19 October 2020
ini alasannya kentang goreng namanya french fries!

#MauLagiDimanapun even lo lagi nongkrong di café favorit atau santai saja di rumah, yang namanya cemilan memang mesti ada buat jadi penyambung obrolan. Setuju nggak sama pernyataan tadi? Kalau iya, boleh dong sebut apa cemilan yang suka jadi teman ngobrol lo!

Bicara soal cemilan, sebenarnya banyak sekali jenisnya apalagi kalau sudah terkait dengan cemilan-cemilan lokal. Mulai dari yang manis, sampai yang savory atau gurih-gurih asin, cemilan memang cocok banget buat jadi teman saat ngopi sampai ngebir.

Nah, kalau lagi nongkrong di café favorit, pilihan cemilan yang paling sering dipesan sama banyak orang adalah kentang goreng. Kenapa kentang goreng? Karena biasanya disajikan dengan kuantitas yang cukup buat nemenin lo ngobrol satu sampai dua jam, bro!

Eits, nggak hanya itu saja sih – kentang goreng di mana rasa base nya itu adalah gurih atau savory, biasanya memang cocok banget jadi teman ngopi sampai ngebir. Kalau di menu café tersebut, biasanya dijadiin bahasa Inggris dengan istilah French Fries.

Tapi, bentar-bentar, bahasanya sudah dari bahasa Inggris, tapi kenapa ada kata French di mana artinya kan negara Perancis ya bro? Tenang-tenang, nggak usah ikutan bingung karena di bawah ini, bakal ada penjelasan lebih lengkapnya.

Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri, langsung saja dibahas nih perihal French fries alias kentang goreng cemilan sejuta anak nongkrong!

 

Dasar Dari Sejarahnya

ini alasannya kentang goreng namanya french fries!

Credit Image: thedailymeal.com

Kalau dari sejarah panjangnya bagaimana kentang jadi salah satu makanan favorit atau cemilan populer, Jo Gerard – sebagai salah satu sejarawan asal Belgia mengklaim kalau resep pertama kentang goreng sudah ada di Belgia sejak tahun 1680.

Klaim ini terhubung dengan adanya fakta kalau orang Belgia ternyata kalau sedang tidak bisa memancing karena danau atau sungai mereka beku karena musim dingin, mereka mencari sesuatu yang bisa dimakan lagi dan ketemulah dengan kentang!

Mungkin ini berhubungan juga dengan menu fish and chips bro. Di mana di menu tersebut ada olahan ikan dan olahan kentang yang saling bersanding. Menurut lo apakah semuanya berkesinambungan?

 

Terus Kenapa Bisa Dibilang French Fries?

Jadi gini bro – masih seputar sejarahnya, ya – sekitaran tahun 1862, tentara Inggris datang ke Belgia saat perang dunia pertama dan mencicipi kentang goreng di sebuah gerai bernama Max en Fritz di Kota Antwerp.

Nah, gerai yang dikelola oleh orang Belgia asli itu menawarkan menu kentang goreng di mana ternyata tentara Inggris pada suka, bro! Lalu, tentara Inggris memberi nama French lantaran orang Belgia tersebut menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya.

Nggak sangka kalau ternyata prosesnya seperti itu ya bro? Well, tapi itu adalah fakta yang ada dan yang bisa lo ketahui terkait penamaan French fries. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kentang goreng atau French fries ini bisa sangat populer?

 

Populer Karena Thomas Jefferson

ini alasannya kentang goreng namanya french fries!

Credit Image: smittenkitchen.com

Seiring berjalannya waktu, French fries semakin banyak disukai dan mulai tersebar ke seluruh Eropa seperti Perancis tersendiri. Nah, pada saat itu, Thomas Jefferson, yang menjabat sebagai Duta Besar Amerika untuk Perancis, sangat jatuh hati dengan menu yang satu ini.

Thomas sendiri sangat senang makan kentang goreng atau French fries yang dimasak ala Perancis. Nah, ketika ia pulang ke Amerika dan menjadi Presiden Amerika ketiga, Thomas sangat senang menjamu tamunya dengan menu French fries tersebut.

Mulai dari situ, istilah French fries tersebar di Amerika. Berbagai restoran di sana mulai menyediakan French fries di menu mereka dan mendapat respon positif dari para pelanggan mereka!

 

Fakta Dibalik Bentuknya yang Tipis

Populernya French fries di manapun membuat banyak restoran, kedai atau café membuat menu tersebut masuk ke dalam penawaran mereka. Akan tetapi, tidak terlepas dari kritik – di Amerika sendiri, ada pelanggan dari sebuah restoran yang protes karena potongan kentang gorengnya terlalu tebal.

Nah, karena dari kritik tersebut, Chef dari restoran tersebut akhirnya memotong kentang dengan bentuk yang tipis-tipis dan panjang. Dipikir bakal dikritik lagi – Chef tersebut malah mendapat pujian dan akhirnya bentuk kentang goreng yang sekarang lo suka temui adalah hasilnya revisi Chef tersebut.

Dari hasil kritik tersebutlah French fries dengan bentuk yang tipis bisa semakin populer dan bahkan mendunia hingga populer juga di Indonesia. Bayangkan bro, kalau lo makan kentang goreng dengan potongan yang tebal, bisa-bisa lo malah kekenyangan karena nyemil kentang goreng tersebut!

Wah bagaimana nih? Cukup mengejutkan ya bagaimana istilah French fries ini berasal. Sekarang lo sudah paham nih bagaimana sejarahnya. Kuy, bikin kentang goreng buat nemenin lo santai di rumah, bro!

 

Feature Image – freepik.com