5 Resep Cocktail Sederhana Buat di Rumah - MLDSPOT
  • Food
  • 5 Resep Cocktail Sederhana Buat di Rumah

5 Resep Cocktail Sederhana Buat di Rumah

Fri, 12 June 2020
Seorang pria tampak mencoba membuat cocktail sendiri di rumah

New normal memang sudah mulai dilaksanakan, namun beberapa dari lo mungkin masih harus work from home. Sudah super jenuh dan mencari-cari cara agar kerja tetap seru? #MumpungLagiDirumah, lo bisa mencoba racikan cocktail sederhana tanpa alkohol. Kerja lo jadi makin asik dan seru ditemani minuman yang menyegarkan, apalagi cuaca sudah mulai panas belakangan ini.

Resep cocktail yang bisa lo coba ini juga terbilang sangat sederhana. Bahan-bahannya pun bisa dengan mudah lo dapatkan di minimarket terdekat, atau bisa jadi sudah ada di rumah. Jangan lupa siapkan juga snack untuk menemani cocktail yang bakal lo buat!

 

Grape Lime Cocktail

Cocktail grape lime yang berwarna merah segar

Untuk membuat resep cocktail yang pertama, lo cukup menyiapkan buah anggur, sirup agave, jeruk nipis, dan thyme. Kalau lo nggak punya thyme, lo bisa ganti dengan daun mint. Caranya juga mudah nih, lo tinggal campur campuran sirup agave, perasan jeruk nipis lalu gunakan penyaring dan saring ke dalam gelas.

Jangan lupa tambahkan es batu, lalu masukan tiga buah anggur yang sudah diiris ke dalam campuran cocktail. Setelah itu tambahkan thyme atau daun mint. Grape lime cocktail lo sudah siap dinikmati di tengah hari yang terik sambil bekerja.

 

Green Tea Cocktail

Cocktail green tea yang menyegarkan dengan soda

Lo bebas menggunakan teh hijau mana saja untuk membuat green tea cocktail ini, sesuaikan saja dengan selera lo. Selain teh hijau, lo juga butuh ½ sendok makan santan kelapa dingin, susu cair, dan juga soda. Karena cocktail selalu disajikan dingin, lo bisa taruh bahan-bahan ini sebelumnya di kulkas terlebih dahulu.

Setelah bahan-bahan tersebut sudah cukup dingin, campurkan semua bahan ke dalam satu wadah tertutup lalu kocok. Jika sudah tercampur rata, tuang ke dalam gelas. Jangan lupa untuk tambahkan es batu agar cocktail makin terasa segar.

 

Almond Cocktail

Almond cocktail yang disajikan di gelas tinggi

Untuk membuat almond cocktail, lo bakal butuh sirup almond, perasan lemon, dan air mineral. Caranya membuatnya juga gampang banget! Lo tinggal tuang perasan lemon secukupnya, tambahkan sirup almond dan es batu ke dalam gelas, lalu tuang air mineral ke dalam gelas tiga kali lebih banyak dari sirup almond yang lo masukkan tadi. And it’s done! Almond cocktail lo sudah siap buat menyegarkan suasana kerja lo di rumah.

 

Mint Coffee Cocktail

Cocktail kopi dengan kesegaran daun mint

Buat lo pencinta kopi yang sudah lama nggak ke coffeeshop, cocktail yang satu ini bisa lo buat untuk pelepas rindu. Siapkan kopi dingin, daun mint bubuk atau yang sudah dicincang, dan sirup bebas rasa. Masukkan dulu daun mint bubuk, sirup lalu es batu ke dalam gelas. Lalu tuang kopi dingin perlahan-lahan. Mint coffee cocktail lo sudah siap. Ada rasa kopi yang lo rindukan, dan sensasi dingin dari daun mint setiap kali meneguk minuman segar ini.

 

Cinnamon Cocktail

Tampilan cocktail dari kayu manis, jahe, dan kapulaga

Seperti namanya, lo bakal butuh kayu manis, jeruk nipis, jahe, soda, dan daun mint. Siapkan bahan untuk dikocok semua, kecuali soda. Setelah lo kocok beberapa saat bahan-bahan ini, langsung lo tuang ke dalam gelas. Barulah lo tambahkan soda ke dalam racikan cocktail lo ini. Hias dengan daun mint.

Sisanya lo tinggal bekerja dengan santai, sambil sesekali menikmati cocktail segar. Jangan lupa siapkan snack sebagai pelengkap agar work from home lo bisa lebih rileks.

 

 

 

Sources: First We Feast, Jawa Pos, Best Present Guide

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive