• Food
  • 5 Resep Cocktail Sederhana Buat di Rumah

5 Resep Cocktail Sederhana Buat di Rumah

Fri, 12 June 2020
Seorang pria tampak mencoba membuat cocktail sendiri di rumah

New normal memang sudah mulai dilaksanakan, namun beberapa dari lo mungkin masih harus work from home. Sudah super jenuh dan mencari-cari cara agar kerja tetap seru? #MumpungLagiDirumah, lo bisa mencoba racikan cocktail sederhana tanpa alkohol. Kerja lo jadi makin asik dan seru ditemani minuman yang menyegarkan, apalagi cuaca sudah mulai panas belakangan ini.

Resep cocktail yang bisa lo coba ini juga terbilang sangat sederhana. Bahan-bahannya pun bisa dengan mudah lo dapatkan di minimarket terdekat, atau bisa jadi sudah ada di rumah. Jangan lupa siapkan juga snack untuk menemani cocktail yang bakal lo buat!

 

Grape Lime Cocktail

Cocktail grape lime yang berwarna merah segar

Untuk membuat resep cocktail yang pertama, lo cukup menyiapkan buah anggur, sirup agave, jeruk nipis, dan thyme. Kalau lo nggak punya thyme, lo bisa ganti dengan daun mint. Caranya juga mudah nih, lo tinggal campur campuran sirup agave, perasan jeruk nipis lalu gunakan penyaring dan saring ke dalam gelas.

Jangan lupa tambahkan es batu, lalu masukan tiga buah anggur yang sudah diiris ke dalam campuran cocktail. Setelah itu tambahkan thyme atau daun mint. Grape lime cocktail lo sudah siap dinikmati di tengah hari yang terik sambil bekerja.

 

Green Tea Cocktail

Cocktail green tea yang menyegarkan dengan soda

Lo bebas menggunakan teh hijau mana saja untuk membuat green tea cocktail ini, sesuaikan saja dengan selera lo. Selain teh hijau, lo juga butuh ½ sendok makan santan kelapa dingin, susu cair, dan juga soda. Karena cocktail selalu disajikan dingin, lo bisa taruh bahan-bahan ini sebelumnya di kulkas terlebih dahulu.

Setelah bahan-bahan tersebut sudah cukup dingin, campurkan semua bahan ke dalam satu wadah tertutup lalu kocok. Jika sudah tercampur rata, tuang ke dalam gelas. Jangan lupa untuk tambahkan es batu agar cocktail makin terasa segar.

 

Almond Cocktail

Almond cocktail yang disajikan di gelas tinggi

Untuk membuat almond cocktail, lo bakal butuh sirup almond, perasan lemon, dan air mineral. Caranya membuatnya juga gampang banget! Lo tinggal tuang perasan lemon secukupnya, tambahkan sirup almond dan es batu ke dalam gelas, lalu tuang air mineral ke dalam gelas tiga kali lebih banyak dari sirup almond yang lo masukkan tadi. And it’s done! Almond cocktail lo sudah siap buat menyegarkan suasana kerja lo di rumah.

 

Mint Coffee Cocktail

Cocktail kopi dengan kesegaran daun mint

Buat lo pencinta kopi yang sudah lama nggak ke coffeeshop, cocktail yang satu ini bisa lo buat untuk pelepas rindu. Siapkan kopi dingin, daun mint bubuk atau yang sudah dicincang, dan sirup bebas rasa. Masukkan dulu daun mint bubuk, sirup lalu es batu ke dalam gelas. Lalu tuang kopi dingin perlahan-lahan. Mint coffee cocktail lo sudah siap. Ada rasa kopi yang lo rindukan, dan sensasi dingin dari daun mint setiap kali meneguk minuman segar ini.

 

Cinnamon Cocktail

Tampilan cocktail dari kayu manis, jahe, dan kapulaga

Seperti namanya, lo bakal butuh kayu manis, jeruk nipis, jahe, soda, dan daun mint. Siapkan bahan untuk dikocok semua, kecuali soda. Setelah lo kocok beberapa saat bahan-bahan ini, langsung lo tuang ke dalam gelas. Barulah lo tambahkan soda ke dalam racikan cocktail lo ini. Hias dengan daun mint.

Sisanya lo tinggal bekerja dengan santai, sambil sesekali menikmati cocktail segar. Jangan lupa siapkan snack sebagai pelengkap agar work from home lo bisa lebih rileks.

 

 

 

Sources: First We Feast, Jawa Pos, Best Present Guide

Related Article

Filosofi Sosok Muhammad Aga dalam Meracik Secangkir Kopi

Tue, 07 July 2020
Muhammad Aga sedang memegang secangkir kopi

Kopi sudah jadi minuman wajib orang Indonesia. Mungkin lo juga salah satu tipe orang yang nggak bisa senyum sebelum menenggak secangkir kopi di pagi hari. Dalam dunia kopi, nama Muhammad Aga sudah nggak asing lagi di telinga, apalagi di mata. Nggak heran Bro, Aga sendiri sudah lama berkiprah sebagai barista dan pernah membintangi film “Filosofi Kopi”. Ayo kenalan dengan Muhammad Aga dan tentang filosofinya dalam mencintai kopi #MumpungLagiDirumah.

 

Dari Musik ke Biji Kopi

Muhammad Aga mengenakan setelan jas hitam dengan topi hitam

Siapa yang sangka kalau barista unggulan Indonesia ini lulusan jurusan musik di Institut Kesenian Jakarta? Sebelum akhirnya jatuh cinta dengan dunia barista, Aga benar-benar fokus dalam mengembangkan karir band Rockabilly miliknya, bahkan sudah beberapa kali manggung di luar Jakarta. Justru dari komitmennya dalam menghidupi band tersebut, Aga akhirnya bekerja paruh waktu sebagai barista di Dante Coffee Kelapa Gading.

Sepanjang tahun 2009 hingga 2012, Aga semakin mendalami teknik meracik kopi. Dimulai dengan belajar secara otodidak lewat internet, komunitas, dan workshop. Walau sekarang sibuk mengelola kedai kopi S.M.I.T.H dan Harapan Djaya, tetap saja Aga masih suka jamming session dengan teman-temanya, Bro.

 

Pentingnya Koneksi

Muhammad Aga sedang melakukan latte art dengan teknik pouring

Kalau lo bingung bagaimana caranya seorang barista bisa jadi eksis seperti Aga dan sampai masuk ke layar lebar, jawabannya adalah koneksi. Menurut Aga, kopi menghubungkannya dengan orang-orang influential yang berjasa dalam perjalanan karirnya.

Seperti pertemuannya dengan Hendri Kurniawan di sebuah kontes barista, di mana Hendri tertarik dengan kopi racikan Aga dan menjadi mentornya. “Doi adalah teman sharing gue dan yang merekomendasikan berbagai kafe ke gue. Makanya gue bisa sering pindah-pindah.”

Dari koneksinya dengan Hendri, Aga juga dipertemukan dengan Angga Dwimas Sasongko dan ikut bergabung ke proyek Filosofi Kopi. Terkesan nggak nyambung, tetapi perannya di Filosofi Kopi melambungkan nama Aga dan mempermulus karirnya. “Ujung-ujungnya proses bikin usaha sendiri bakal lebih mudah karena kenalan gue udah banyak.”

 

Mengharumkan Nama Indonesia di Jenjang Internasional

Muhammad Aga memegang piala dan seritifikat untuk partisipasinya dalam World Barista Championship 2018

Salah satu kehebatan Aga adalah prestasinya yang sudah berhasil menjadi juara berbagai kompetisi barista. Bermula sejak tahun 2012 ketika Aga menjadi juara satu Latte Art Throwdown Competition. Lanjut dengan Indonesian Barista Competition 2013 dengan posisi kelima dan memulai kiprah internasionalnya melalui ASEAN Barista Competition di posisi ketujuh.

Sampai di tahun 2018, Aga dipilih menjadi finalis dari Indonesia untuk maju dalam kompetisi World Barista Championship di Amsterdam. Bukan sekadar menyeduh kopi saja, Aga juga harus mempersiapkan setiap bahan yang dibutuhkan untuk meracik espresso, cappuccino, dan signature beverages.

Walau gagal untuk masuk ke semifinal, tetapi prestasi Aga masih sangat membanggakan untuk bisa memperlihatkan kemampuannya sebagai barista dan menunjukkan cita rasa luar biasa dari biji kopi lokal. “Tapi tidak apa-apa, setidaknya saya dapat pengalamannya, dapat ilmunya, dapat temannya, dapat banyak hal, lah.”

 

Lebih dari Secangkir Kopi

Muhammad Aga mengenakan kemeja putih sedang menuangkan kopi ke gelas

Teknik saja nggak cukup untuk bisa meracik secangkir kopi yang nikmat. Filosofi kopi dari Aga adalah untuk mengenal hingga ke akarnya. Seperti kebiasaan travelling Aga ke kebun kopi, di Indonesia dan luar negeri, sambil berbincang dengan petani kopi di sana. Dengan begitu, Aga bisa melihat permasalahan yang ada dan memberikan input-nya kepada petani kopi agar bisa memproduksi biji kopi seperti yang ia mau.

“Kopi itu, value-nya banyak, ya. Saya kenal banyak orang juga dari kopi, saya hidup dari situ.” Jadi, next time lo ngopi bareng, coba resapi pahitnya kopi dengan manisnya koneksi bersama teman-teman lo. It’s not just a cup of coffee!

 

 

 

Sources: Cleo, Kumparan, Genmuda.