• Food
  • 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

Tue, 15 August 2017
Cara membuat kopi susu yang enak - MLD Spot

Selain menikmati sarapan yang sehat dan berenergi, menikmati kopi yang nikmat di pagi hari tentu adalah salah satu hal yang wajib dilakukan, khususnya bagi Urbaners para penikmat kopi. Kopi tentu sudah sangat dikenal banyak orang, karena minuman kopi sendiri adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi orang di dunia selain teh dan tentunya air putih.

Bagi Urbaners penikmat kopi, tentu tahu seperti apa nikmatnya secangkir kopi dengan beragam jenis penyajiannya saat ini, dan menikmati kopi tentu tidak hanya kopi saja. Terdapat berbagai bahan campuran yang bisa lo buat dalam menikmati kopi, dan salah satunya yang paling banyak digunakan adalah susu. Menikmati kopi susu tentu merupakan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sajian kopi.

7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

Menarik untuk lo ketahui bahwa kopi memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang. Sejak pertama kali ditemukan di wilayah Ethiopia pada abad ke-9 hingga penyebarannya ke Arab dan Eropa dan kemudian secara meluas ke seluruh penjuru dunia, hingga ke Indonesia sendiri, kopi telah menjadi budaya tersendiri dalam masyarakat. Hingga pada saat ini, kopi telah menjadi bagian penting bagi banyak orang.

Untuk memulai hari dengan secangkir kopi susu tentu lo harus memahami cara membuat kopi susu yang enak. Terdapat berbagai cara yang bisa lo lakukan untuk membuat kopi susu yang enak di pagi hari. Dalam cara-cara tersebut, lo perlu memiliki alat-alat yang tentunya mendukung dalam membuat kopi susu yang enak.

Cara Membuat Kopi Susu Enak

Untuk membuat kopi susu yang nikmat dan enak di pagi hari ada hal-hal yang harus Urbaners perhatikan. Ingin tahu apa saja? Berikut hal-hal yang harus lo perhatikan dalam cara membuat kopi susu yang enak.

  • Pemilihan Kopi
    Untuk membuat kopi yang enak dan sesuai dengan selera lo, itu tergantung dari pemilihan kopi yang sesuai dengan selera lo. Penikmat kopi sejati tentu mengetahui jenis-jenis kopi yang ada sekarang. Faktanya, setiap jenis kopi memiliki karakteristiknya masing-masing dalam hal rasa. Jadi, kenikmatan kopi dalam sajian kopi susu lo tentu akan ditentukan oleh pemilihan jenis kopi yang lo gemari. Dalam hal jenis kopi, Urbaners bisa memilih di antaranya yang sangat terkenal adalah kopi Robusta dan Arabika.

  • Pemilihan Susu
    Hal berikutnya dalam cara membuat kopi susu yang enak adalah bagaimana lo memilih susu. Membuat kopi susu yang nikmat tergantung susu yang lo pakai. Yang utama tentu dengan menggunakan susu yang masih baik dan segar. Selain itu, lo bisa memilih susu yang memiliki kandungan lemak yang banyak, karena itu akan berpengaruh pada rasa dan tekstur kopi susu yang lebih nikmat.

 

  • Teknik Menyeduh Kopi
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Selanjutnya adalah teknik yang lo gunakan dalam menyeduh kopi. Terdapat beragam cara yang dapat Urbaners gunakan untuk menyeduh kopi. Selain cara yang paling cepat dengan langsung menyeduhnya dengan air panas, terdapat beragam cara yang tentunya dilakukan dengan alat dan perangkatnya masing-masing. Di antaranya yang paling populer adalah teknik French Press, Aeropress, Vietnam Drip atau menggunakan mesin espresso.

  • Air Yang Digunakan dan Prosesnya

    Air merupakan elemen penting dalam membuat kopi. Perlu lo ketahui bahwa untuk menghasilkan kopi yang nikmat, khususnya kopi susu, perlu menggunakan air yang segar dan tidak berbau. Selain itu, kandungan mineral pada air akan berpengaruh pada rasa kopi yang lo buat. Gunakanlah air mineral yang berkualitas, bukan sembarang air yang kemudian lo masak hingga matang.

    Setelah itu, air yang digunakan tentu adalah air yang panas, karena air panas sangat penting dalam menyeduh kopi. Untuk itu, Urbaners perlu merebus atau memanaskannya terlebih dahulu. Nah, lo tahukan bahwa ada cara yang sangat praktis yang bisa dilakukan untuk memanaskan air tanpa menggunakan panci air dan kompor. MITO, startup asal Inggris yang dibangun oleh Jasmina Grase dan Nils Chudy berhasil membuat satu produk pemanas air dengan konsep stylish dan ramah lingkungan.

    Dengan MITO, lo tidak perlu lagi mengukur jumlah air, karena bisa langsung digunakan di gelas. Caranya sangat mudah, cukup isi gelas dengan air secukupnya, letakkan tepat di atas induction base, dan masukkan smart rod ke dalam gelas. Suhu air tergantung permintaan, yang jelas alat ini akan mati otomatis ketika air sudah mendidih. Terdapat juga sensor temperatur yang ditampilkan lewat layar.

    Mito awalnya adalah karya percobaan dari Grase dan Chudy, tapi setelah satu setengah tahun berjalan, mereka sudah siap membuat prototype. Dengan konsep desain dan user experience yang selalu dikulik, mereka juga berkolaborasi dengan ahli di masalah elektrik untuk menghasilkan sistem pemanas yang aman dan ramah lingkungan. Karena menurut penelitian, jumlah listrik yang dipakai untuk kettle listrik dalam sehari sebanding dengan listrik yang digunakan untuk lampu jalan satu kota di Inggris dalam semalam. 

    Belum diproduksi secara masal, karya ini sudah memiliki empat penghargaan, yaitu James Dyson Award National Winner, Winner of The Rene Smeets Award, pemenang dari 1776 Challenge Cup Berlin, dan mendapat nominasi sebagai Design of the Year 2015. Yang jelas menyeduh kopi akan semakin menyenangkan dengan produk ini.

  • Campuran Kopi dan Susu
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Hal berikutnya adalah campuran kopi dan susu yang lo gunakan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada rasa dan tekstur kopi susu yang dibuat. Banyaknya kopi dan susu yang digunakan tentu tergantung pada selera lo dalam membuat kopi susu. Apakah Urbaners lebih ingin menonjolkan rasa kopinya atau ingin kopi susu dengan rasa yang lebih creamy dengan memperbanyak jumlah susunya.

  • Memanaskan Susu
    Dalam cara membuat kopi susu yang enak di pagi hari, hal cukup penting yang perlu diperhatikan adalah dalam memanaskan susu. Tentu saja sebelum dicampurkan ke kopi, susu perlu untuk dipanaskan terlebih dahulu. Namun, agar tidak merusak campurannya dengan kopi dan bisa menghasilkan rasa dan tekstur kopi susu yang pas dan nikmat usahakan agar memanaskan susu tidak melebihi titik didih dari susu tersebut.

  • Cangkir Yang Lo Gunakan
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Terakhir adalah cangkir yang Urbaners gunakan. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena bahan cangkir yang lo gunakan akan memiliki pengaruh tersendiri pada rasa kopi. Yang pasti, gunakanlah cangkir yang bersih dan keringkan sebelum digunakan. Usahakan agar tidak ada sisa sabun atau bekas minuman lain pada cangkir tersebut.

Itulah hal-hal penting yang harus Urbaners perhatikan dalam cara membuat kopi susu yang enak di pagi hari. Dengan kopi susu yang nikmat dan enak di pagi hari, lo akan bisa memulai berbagai aktivitas lo di pagi dengan bersemangat. Selamat membuat kopi susu yang enak di pagi hari!

 

 

Sources: 
majalah.ottencoffee.co.id/7-petunjuk-tentang-kopi-yang-benar-2/
infokuliner.com/cara-membuat-minuman-kopi-susu-sepesial-mantap
boskopi.com/blog/tiga-resep-cara-membuat-kopi-susu-enak-dan-nikmat/

 

Deretan Resep Masakan Kilat yang Bisa Lo Coba Sekarang Juga!

Mon, 14 September 2020
resep makanan gampang buatnya

Cukup mengejutkan kalau pihak-pihak terkait yang berusaha menyelesaikan pandemi ini beberapa waktu lalu membuat keputusan kalau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali dilakukan dan diterapkan. Welcome to PSBB Part 2.

Beberapa regulasi lainnya yang terkait dengan PSBB ini diprediksi juga akan aktif lagi. Misalnya himbauan untuk bekerja dari rumah atau WFH yang dianjurkan untuk para pegawai kantoran. Walau seperti ini lagi, tapi jelas nggak menghalangi lo buat tetap produktif, ya!

Ada hal seru yang bisa lo lakukan dari rumah selain menyelesaikan pekerjaan rutinitas dari kantor. Jika jam kerja sudah selesai dan lo bisa benar-benar tenang di rumah, lo bisa melakukan hal yang satu ini. Apa hal tersebut? Memasak!

Percaya atau nggak, memasak adalah kegiatan yang bisa memacu kekreativitasan yang ada di dalam diri lo nih! Terlebih jika lo dituntut untuk memasak dengan bahan-bahan sederhana dan yang ada saja di rumah.

Jelas lo dituntut untuk jadi kreatif untuk menyajikan makanan yang enak dan berpenampilan menarik. Oh iya bro! Terkait sama hal ini, @MLDSPOT ngajak lo buat ikutan video kompetisi yang bakal digelar sebentar lagi. Tentang apa nih? Apa berhubungan dengan memasak?

 

mldspot homecooking

Benar sekali! @MLDSPOT dengan #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKINGngajak lo buat bikin konten video yang menceritakan hal seru saat lo memasak di rumah. Cerita seperti apa nih yang mungkin menarik hati para juri?

Bisa cerita tentang apapun, misalnya – cerita di mana lo harus memasak di jam 10 malam dan bahan makanannya terbatas, tapi lo tetap bisa bikin makanan yang enak dan mengenyangkan. Atau misalnya lo mesti menyiapkan cemilan atau makanan saat gebetan lo main ke rumah, wah pasti banyak sih cerita seru yang bisa lo rekam, dan submit ke #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKING.

Tapi sabar, akan ada waktunya buat mengumumkan video kompetisi ini akan digelar. Makanya stay up to date di @MLDSPOT ya! Soal hadiah? Jangan ditanya! Bakal banyak hadiah menarik yang bisa lo menangin sampai voucher blibli.com bernilai JUTAAN RUPIAH!

Nah, ngobrolin soal masak-memasak, ada banyak resep makanan yang bisa lo coba. Tapi hanya beberapa resep yang gampang dan hasilnya enak mirip dengan buatan restoran. Beberapa resep ini bakal gue kasih tahu di bahasan kali ini. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Fettucini Carbonara Ala Kadarnya Aja

resep makan gampang buatnya

Credit Image: herstory.co.id

Kalau mau bikin yang ala resto, ya memang butuh bahan-bahan premium, nih. Tapi kalau mau memanfaatkan bahan yang ada saja, lo bisa dapat bahan-bahannya di convenience store dekat rumah.

Mungkin tambahannya adalah baso-sosis yang bisa jadi pelengkap Fettucini lo. Masaknya juga gampang banget. Lo bisa rebus dulu si fettucini-nya sampai al dente sekitar 10-15 menit saja, terus tumis baso dan sosis sama bawang bombai dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Setelah itu, masukan tumisan tersebut ke rebusan pasta, masukan keju parmesan di parut lalu aduk sampai mengental dan matang. Kurang lebih 5 menit lagi, baru deh bisa lo sajikan selagi hangat!

 

Sushi Ala-Ala (Lagi)

resep makan gampang buatnya

Credit Image: shutterstock.com

Cukup effort kalau lo mau makan sushi di restoran-restoran di luar rumah. Kalau mau buat sendiri, cukup mudah kok buat dikerjain. Lo tinggal sediakan tuna kalengan, nasi hangat dan nori atau rumput laut kering.

Caranya, lo tumis dulu tuna kalengan tersebut lengkap dengan bumbu penyedapnya, sembari itu lo bisa siapkan nasi hangat, berikan garam lalu aduk-aduk. Jika tumisan tuna sudah matang, lalu sisihkan. Sekarang lo bisa siapkan nori, taruh tumisan tuna di atasnya, lapisi lagi dengan nasinya, lalu gulung! Sudah digulung, barulah lo potong-potong sesuai selera! Jadi, bro!

 

Ramen Kuah Susu

Kalau nggak ada ramen instan, lo bisa ganti ini dengan mie instan yang lain. Menu yang satu ini lebih mudah lagi, bro. Lo bisa masak seperti layaknya memasak mie instan pada umumnya. Bedanya, lo bisa tambahkan margarin cair serta susu sebagai pelengkapnya.

Soal rasa? Jangan ditanya, pasti gurih bukan main! Wah bagaimana nih bro? Dari deretan menu simple dan cepat serta gampang dibuat ini, yang mana dulu nih yang mau lo coba?

 

Feature Image - pinterest