7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari - MLDSPOT
  • Food
  • 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

Tue, 15 August 2017
Cara membuat kopi susu yang enak - MLD Spot

Selain menikmati sarapan yang sehat dan berenergi, menikmati kopi yang nikmat di pagi hari tentu adalah salah satu hal yang wajib dilakukan, khususnya bagi Urbaners para penikmat kopi. Kopi tentu sudah sangat dikenal banyak orang, karena minuman kopi sendiri adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi orang di dunia selain teh dan tentunya air putih.

Bagi Urbaners penikmat kopi, tentu tahu seperti apa nikmatnya secangkir kopi dengan beragam jenis penyajiannya saat ini, dan menikmati kopi tentu tidak hanya kopi saja. Terdapat berbagai bahan campuran yang bisa lo buat dalam menikmati kopi, dan salah satunya yang paling banyak digunakan adalah susu. Menikmati kopi susu tentu merupakan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sajian kopi.

7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

Menarik untuk lo ketahui bahwa kopi memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang. Sejak pertama kali ditemukan di wilayah Ethiopia pada abad ke-9 hingga penyebarannya ke Arab dan Eropa dan kemudian secara meluas ke seluruh penjuru dunia, hingga ke Indonesia sendiri, kopi telah menjadi budaya tersendiri dalam masyarakat. Hingga pada saat ini, kopi telah menjadi bagian penting bagi banyak orang.

Untuk memulai hari dengan secangkir kopi susu tentu lo harus memahami cara membuat kopi susu yang enak. Terdapat berbagai cara yang bisa lo lakukan untuk membuat kopi susu yang enak di pagi hari. Dalam cara-cara tersebut, lo perlu memiliki alat-alat yang tentunya mendukung dalam membuat kopi susu yang enak.

Cara Membuat Kopi Susu Enak

Untuk membuat kopi susu yang nikmat dan enak di pagi hari ada hal-hal yang harus Urbaners perhatikan. Ingin tahu apa saja? Berikut hal-hal yang harus lo perhatikan dalam cara membuat kopi susu yang enak.

  • Pemilihan Kopi
    Untuk membuat kopi yang enak dan sesuai dengan selera lo, itu tergantung dari pemilihan kopi yang sesuai dengan selera lo. Penikmat kopi sejati tentu mengetahui jenis-jenis kopi yang ada sekarang. Faktanya, setiap jenis kopi memiliki karakteristiknya masing-masing dalam hal rasa. Jadi, kenikmatan kopi dalam sajian kopi susu lo tentu akan ditentukan oleh pemilihan jenis kopi yang lo gemari. Dalam hal jenis kopi, Urbaners bisa memilih di antaranya yang sangat terkenal adalah kopi Robusta dan Arabika.

  • Pemilihan Susu
    Hal berikutnya dalam cara membuat kopi susu yang enak adalah bagaimana lo memilih susu. Membuat kopi susu yang nikmat tergantung susu yang lo pakai. Yang utama tentu dengan menggunakan susu yang masih baik dan segar. Selain itu, lo bisa memilih susu yang memiliki kandungan lemak yang banyak, karena itu akan berpengaruh pada rasa dan tekstur kopi susu yang lebih nikmat.

 

  • Teknik Menyeduh Kopi
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Selanjutnya adalah teknik yang lo gunakan dalam menyeduh kopi. Terdapat beragam cara yang dapat Urbaners gunakan untuk menyeduh kopi. Selain cara yang paling cepat dengan langsung menyeduhnya dengan air panas, terdapat beragam cara yang tentunya dilakukan dengan alat dan perangkatnya masing-masing. Di antaranya yang paling populer adalah teknik French Press, Aeropress, Vietnam Drip atau menggunakan mesin espresso.

  • Air Yang Digunakan dan Prosesnya

    Air merupakan elemen penting dalam membuat kopi. Perlu lo ketahui bahwa untuk menghasilkan kopi yang nikmat, khususnya kopi susu, perlu menggunakan air yang segar dan tidak berbau. Selain itu, kandungan mineral pada air akan berpengaruh pada rasa kopi yang lo buat. Gunakanlah air mineral yang berkualitas, bukan sembarang air yang kemudian lo masak hingga matang.

    Setelah itu, air yang digunakan tentu adalah air yang panas, karena air panas sangat penting dalam menyeduh kopi. Untuk itu, Urbaners perlu merebus atau memanaskannya terlebih dahulu. Nah, lo tahukan bahwa ada cara yang sangat praktis yang bisa dilakukan untuk memanaskan air tanpa menggunakan panci air dan kompor. MITO, startup asal Inggris yang dibangun oleh Jasmina Grase dan Nils Chudy berhasil membuat satu produk pemanas air dengan konsep stylish dan ramah lingkungan.

    Dengan MITO, lo tidak perlu lagi mengukur jumlah air, karena bisa langsung digunakan di gelas. Caranya sangat mudah, cukup isi gelas dengan air secukupnya, letakkan tepat di atas induction base, dan masukkan smart rod ke dalam gelas. Suhu air tergantung permintaan, yang jelas alat ini akan mati otomatis ketika air sudah mendidih. Terdapat juga sensor temperatur yang ditampilkan lewat layar.

    Mito awalnya adalah karya percobaan dari Grase dan Chudy, tapi setelah satu setengah tahun berjalan, mereka sudah siap membuat prototype. Dengan konsep desain dan user experience yang selalu dikulik, mereka juga berkolaborasi dengan ahli di masalah elektrik untuk menghasilkan sistem pemanas yang aman dan ramah lingkungan. Karena menurut penelitian, jumlah listrik yang dipakai untuk kettle listrik dalam sehari sebanding dengan listrik yang digunakan untuk lampu jalan satu kota di Inggris dalam semalam. 

    Belum diproduksi secara masal, karya ini sudah memiliki empat penghargaan, yaitu James Dyson Award National Winner, Winner of The Rene Smeets Award, pemenang dari 1776 Challenge Cup Berlin, dan mendapat nominasi sebagai Design of the Year 2015. Yang jelas menyeduh kopi akan semakin menyenangkan dengan produk ini.

  • Campuran Kopi dan Susu
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Hal berikutnya adalah campuran kopi dan susu yang lo gunakan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada rasa dan tekstur kopi susu yang dibuat. Banyaknya kopi dan susu yang digunakan tentu tergantung pada selera lo dalam membuat kopi susu. Apakah Urbaners lebih ingin menonjolkan rasa kopinya atau ingin kopi susu dengan rasa yang lebih creamy dengan memperbanyak jumlah susunya.

  • Memanaskan Susu
    Dalam cara membuat kopi susu yang enak di pagi hari, hal cukup penting yang perlu diperhatikan adalah dalam memanaskan susu. Tentu saja sebelum dicampurkan ke kopi, susu perlu untuk dipanaskan terlebih dahulu. Namun, agar tidak merusak campurannya dengan kopi dan bisa menghasilkan rasa dan tekstur kopi susu yang pas dan nikmat usahakan agar memanaskan susu tidak melebihi titik didih dari susu tersebut.

  • Cangkir Yang Lo Gunakan
    7 cara membuat kopi susu yang enak edgy di pagi hari

    Terakhir adalah cangkir yang Urbaners gunakan. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena bahan cangkir yang lo gunakan akan memiliki pengaruh tersendiri pada rasa kopi. Yang pasti, gunakanlah cangkir yang bersih dan keringkan sebelum digunakan. Usahakan agar tidak ada sisa sabun atau bekas minuman lain pada cangkir tersebut.

Itulah hal-hal penting yang harus Urbaners perhatikan dalam cara membuat kopi susu yang enak di pagi hari. Dengan kopi susu yang nikmat dan enak di pagi hari, lo akan bisa memulai berbagai aktivitas lo di pagi dengan bersemangat. Selamat membuat kopi susu yang enak di pagi hari!

 

 

Sources: 
majalah.ottencoffee.co.id/7-petunjuk-tentang-kopi-yang-benar-2/
infokuliner.com/cara-membuat-minuman-kopi-susu-sepesial-mantap
boskopi.com/blog/tiga-resep-cara-membuat-kopi-susu-enak-dan-nikmat/

 

5 Pilihan Bir yang Bisa Lo Nikmati: Lengkap Dengan Pasangan Makanannya!

Tue, 19 January 2021
Pasangkan makanan lo dengan bir yang cocok, bro! simak selengkapnya di artikel ini

Kalo nongkrong emang paling enak sambil ditemenin minuman yang bikin nongkrong lo jadi bikn asik. Nggak cuma nongkrong aja sih, kayaknya semua occasion akan lebih jadi lebih menyenangkan kalau lo bisa menyeimbangkannya dengan minuman atau makanan yang sesuai.

Begitu juga dalam memilih minum pas lagi makan. Andalan setiap orang untuk nongkrong pasti kentang goreng, tapi untuk minumannya – lo pasti menyesuaikannya dengan selera masing-masing kan, bro?

Tapi untuk minum bir, sepertinya lo setuju kalau minuman yang satu ini bisa pas dimakan dengan makanan apapun untuk nongkrong. Tapi jangan salah, ternyata setiap bir punya sifat yang berbeda-beda untuk lo sesuaikan dengan makanan lo.

Bukan cuma kentang atau pizza, ada makanan lain yang bisa lo pasangkan dengan bir kesukaan lo – untuk selengkapnya, simak artikel ini ya, bro!

Perpaduan Bir Lager dengan French Fries

Pasangkan makanan lo dengan bir yang cocok, bro! simak selengkapnya di artikel ini

Credit image - freepik

Sepertinya nggak ada orang di dunia ini yang nggak suka mesen kentang kalo lagi nongkrong atau sekedar makan kentang sebagai cemilan. Karena makanan yang satu ini pas banget buat dimakan kapan aja.

Nah untuk pendamping french fries ini nggak jarang dong lo akan memasangkannya sama bir? Bukan pilihan yang salah kok, apalagi kalau lo memasangkannya dengan bir lager. Bir yang dibuat dengan ragi pada suhu dingin ini emang paling populer dan banyak dijual, nggak salah kalau ini emang cocok banget jadi pasangannya french fries.

Dari beragam jenis dan merek dari bir lager – yaitu light, pale, dan dark, lo pasti akan merasakan gimana cocoknya french fries dengan bir ini. Selain nongkrong, bir jenis ini cocok banget buat nemenin lo nonton bola atau netflixan!

Pasangannya Pizza? Ya Bir Ale!

Pasangkan makanan lo dengan bir yang cocok, bro! simak selengkapnya di artikel ini

Credit image – the fat pizza

Kalo pergi restoran khas makanan italia kayaknya nggak afdol kalo nggak pesen pizza. Selain ada banyak makanan yang bisa lo cobain, di restoran italia juga banyak minuman yang menarik untuk lo coba seperti cocktail khas italia.

Tapi untuk temen makan pizza yang paling oke sepertinya lo akan setuju kalo dipasangkan dengan bir ale. Bir yang terbuat dari malt barley dan melalui proses fermentasi ini punya cita rasa yang manis dan kuat. Dijamin, kalo lo makan pizza pake bir ale makanan lo akan terasa lebih gurih!

Bir Pilsner dengan Sosis: Cocok!

Sosis, salah satu makanan khas Jerman yang sampai sekarang masih banyak penggemarnya di seluruh dunia – termasuk di Indonesia sendiri.

Makanan ini sering banget juga jadi side dish buat french fries. Tapi kalo di Jerman sendiri, satu sosis bisa jadi satu porsi sendiri untuk lo nikmatin. Berdasarkan kota asalnya juga, ada bir yang sengaja diciptakan buat pendamping makanan yang satu ini, bro – namanya bir pilsner!

Pasti nggak asing juga dong sama bir yang satu ini? Bir yang terbuat dari malt yang dicampur dengan air ragi ini sebenarnya juga masuk ke dalam bir lager. Tapi karena di Jerman ditambahkan rempah Hops, membuat bir ini jadi kaya rasa dan cocok banget buat di makan dengan sosis!

Bir Stouts dipadukan dengan Olahan Coklat

Bir yang satu ini emang nggak banyak yang tau dari jenisnya. Tapi kalau melihat warnanya yang hitam pekat, pasti lo akan tau tentang bir ini tanpa tau jenisnya dulu – yes, bir yang hitam dan terkenal lebih pahit dari bir biasanya ini memang namanya sedikit asing.

Bir stouts memang nggak memiliki kandungan alkohol yang tinggi, tapi dengan rasa pahitnya ini akan cocok banget untuk lo pasangkan dengan segala macam makanan dengan olahan coklat. Dari rasa pahit inilah yang akan membuat makan coklat lo terasa lebih nikmat!

Bir dengan Salad? Coba pake Bir Cider

Pasangkan makanan lo dengan bir yang cocok, bro! simak selengkapnya di artikel ini

Credit image – fit4thegame

Kalo bir dari fermentasi apel ini udah pasti nggak asing buat lo – apalagi buat lo yang emang suka masuk dapur untuk masak. Dengan kadar yang alkohol yang kecil, nggak jarang apel ini sering dipasangkan dengan makanan yang lebih sehat.

Selain memang untuk campuran pada masakan, bir dengan rasa apel ini emang cocok banget untuk lo pasangkan dengan keju atau salad, bro!

Setelah mengetahui bir yang cocok untuk makanan yang pas juga, makan nih yang jadi andalan lo? Sepertinya rekomendasi dua teratas udah jadi rekomendasi paling cocok buat nongkrong ya, bro!

 

Feature image - freepik