Home Food Bagaimana Cara Menjadi Barista Kopi yang Andal?
Bagaimana Cara Menjadi Barista Kopi yang Andal?

Bagaimana Cara Menjadi Barista Kopi yang Andal?

Tuesday, May 21, 2019 - 00:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners pasti sudah nggak asing dengan yang namanya barista kopi. Seiring dengan melejitnya popularitas kedai kopi di mana-mana, pekerjaan sebagai barista menjadi terlihat keren dan menarik untuk dijajal. Tapi jangan salah, meski kelihatannya ‘cuma’ meracik minuman, proses untuk menjadi seorang barista kopi yang andal ini tidak bisa dibilang mudah. Mau tahu gimana proses dan caranya? Simak nih tipsnya di bawah ini!

 

Bukan sekadar peracik kopi

Bukan sekadar peracik kopi

Kalau lo berpikir bahwa barista kopi kerjaannya cuma bikin kopi dan menyajikannya ke pelanggan, maka lo salah besar. Tugas barista kopi nggak segampang itu, Urbaners. Selain bertanggung jawab mengurusi apa yang ada di belakang meja bar, barista kopi juga harus memastikan semua pengunjung menikmati kopi yang ia sajikan.

Ia adalah pengemban pesan petani kopi untuk menyajikan secangkir kopi yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Perhitungan yang tepat dalam meracik kopi menjadi kunci bagaimana biji kopi yang nikmat dari para petani, berubah menjadi minuman yang bisa lo semua nikmati.

Jadi, sebelum menjadi barista, lo harus tahu dulu seluk beluk tentang kopi dan bagaimana membuat racikan yang nikmat. Nggak asal nyeduh kopi saja!

 

Syarat jadi barista kopi

Syarat jadi barista kopi

Hal pertama yang harus lo kuasai kalau mau jadi barista kopi profesional adalah karakteristik tiap biji kopi. Lo harus tahu bagaimana cara meracik tiap jenis kopi supaya keluar cita rasa terbaiknya. Tingkat roasting yang tepat pada tiap jenis biji kopi akan berpengaruh pada cita rasanya. Begitu juga dengan cara penyimpanan dan peracikannya.

Yang kedua, lo harus paham dan mengerti cara menggunakan alat pengolah kopi. Menjadi barista itu bukan sekadar menuang bubuk kopi lalu diseduh pakai air panas, Urbaners. Jadi, lo harus tahu apa fungsi tiap mesin pengolah kopi dan bagaimana cara menggunakannya. Tahu cara perawatan tiap mesin pengolah kopi juga menjadi hal yang wajib lo kuasai. Lo harus tahu bagaimana caranya mengolah kopi pakai aeropress, misalnya.

Yang ketiga, wawasan lo juga harus lebih luas dari biji kopi dan alat penyeduhnya. Buat jadi barista, lo harus tahu rasio perbandingan bubuk kopi dan suhu panas air seduhannya. Begitu juga dengan teknik menyeduh kopi dengan alat tertentu.

Yang keempat, setelah lo tahu tentang biji kopi, alat penyeduh, dan bagaimana caranya menyeduh kopi, lo bisa membuat resep sajian supaya cita rasa kopi yang diracik tetap konsisten saat diseduh dan disajikan.

 

Cara jadi barista yang profesional

Cara jadi barista yang profesional

Kalau lo udah memenuhi kriteria seorang barista, kini saatnya mengasah kemampuan untuk menjadi barista kopi profesional. Hal pertama yang akan lo butuhkan adalah keinginan untuk selalu belajar dan meng-update info-info terbaru soal kopi. Untuk bisa belajar gimana memulai peracikan kopi, lo bisa lihat video tutorial yang banyak beredar di YouTube. Perhatikan baik-baik video tutorial tersebut sambil lo belajar untuk membuatnya sendiri.

 

Memulai karier sebagai barista kopi

Memulai karier sebagai barista kopi

Untuk memulai karier profesional sebagai barista kopi, Urbaners bisa memulainya dengan cara mengikuti kelas yang dibuat khusus untuk calon barista. Coba gali informasi dari orang-orang sekitar tentang kelas menjadi barista.

Lo juga bisa belajar langsung dari teman yang sudah andal dalam dunia peracikan kopi. Jalin pertemanan dengannya dan korek informasi seputar dunia peracikan kopi. Teman lo ini juga bisa mengenalkan pada dunia barista yang lebih luas, contohnya saja mengajak kamu untuk bergabung pada komunitas barista yang sudah lama ia ikuti.

 

Gimana, Urbaners, sudah siap jadi barista kopi profesional dari tips singkat di atas?

 

 

Sources: Ottencoffee.co.id